Tempat Traveling

Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut (Padang Edelweis Terluas se-Asia Tenggara)

Indonesia patut berbangga karena memiliki wilayah yang strategis yaitu diapit oleh dua benua dan dua samudera. Selain itu Indonesia dilalui oleh garis khatulistiwa, yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim, musim penghujan dan kemarau. Karena hal itu, banyak beragam flora dan fauna yang hidup di tanah Indonesia.

Keaneka ragaman hayati yang ada di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari yang langka hingga yang endemik bisa kita jumpai di negeri ini. Tanahnya yang subur sempat mengilhami band asal Indonesia Koes Plus untuk membuat lagu yang terinpirasi dari suburnya tanah di negeri ini. Dalam lagunya ia berkata, “tongkat kayu bisa jadi tanaman”. Hal itu membuktikan bahwa apa saja bisa tumbuh di negeri yang kita cintai ini. Bagi yang suka naik gunung pasti sudah tak asing lagi dengan kehadiran bunga Edelweis atau si “bunga abadi”. Tumbuhan ini sangat khas dan hanya tumbuh di dataran yang tinggi seperti puncak gunung. Salah satu tempat yang banyak ditumbuhi bunga edelweis berada di kawasan Gunung Papandayan, Garut. Nama tempat itu adalah TEGAL ALUN, GUNUNG PAPANDAYAN, GARUT.

20150823_133831

Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut

Tegal Alun merupakan sebuah lapangan luas yang ditumbuhi oleh tanaman edelweis. Tegal Alun ini berada di puncak Gunung Papandayan dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Tegal Alun ini memiliki keunikan, yaitu hampir seluruh kawasan di tempat ini ditumbuhi oleh tumbuhan edelweis. Tumbuhan edelweis ini tak bisa tumbuh di sembarang tempat, hanya tempat yang tinggi seperti pegunungan dan memiliki cuaca sejuk saja yang bisa ditumbuhi oleh tanaman ini.

Tegal Alun merupakan salah satu spot tertinggi yang ada di Gunung Papandayan. Banyak dari para pendaki yang menjadikan Tegal Alun ini sebagai destinasi utama yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan. Untuk bisa mencapai lokasi ini diperlukan stamina yang cukup kuat dan fit, karena letak dari Tegal Alun ini berada di puncak gunung dengan jalanan yang menanjak.

20150823_134404

20150823_140421

“Si Bunga Abadi” yang Cantik dan Terluas se-Asia Tenggara

Bunga edelweis ini dijuluki sebagai “bunga abadi”, disebut demikian karena bunga edelweis ini apabila dipetik tetap utuh seperti bunga yang masih tetap pada tangkainya. Berbeda dengan bunga lainnya yang apabila dipetik menjadi layu dan mudah sekali jatuh dari tangkainya. Meskipun dalam keadaan kering, bunga edelweis tetap cantik dan berbentuk seperti bunga yang utuh.

Kita sebagai warga Indonesia khususnya Jawa Barat harus berbangga karena kita memiliki tempat padang edelweis terluas dan terbesar se-Asia Tenggara, dan itu berada di Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut.

Bagi kamu yang mengaku mencintai bunga edelweis yang dijuluki si “bunga abadi” ini hendaknya kamu tidak memetiknya untuk dijadikan souvenir bagi orang yang kamu cintai agar cintamu abadi, tapi ajaklah orang yang kamu cintai untuk menemui “bunga abadi” agar cintamu tetap abadi.

20150823_140150

20150823_134518

20150823_135223

Fasilitas Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut

Tak ada fasilitas khusus yang disediakan ditempat ini. Berbeda seperti Pondok Saladah yang tersedia toilet, warung atau pedagang asongan. Ditempat ini sama sekali tak terdapat faslitas apapun kecuali padang bunga edelweis. Selain tak disediakan fasilitas khusus, ditempat ini juga sangat DILARANG untuk berkemah. Jika kamu ketahuan oleh petugas/volunteer, maka kamu akan dikenakan denda/sanksi. Hal itu dilakukan agar kawasan ini tetap lestari dan tak rusak atau terbakar karena aktifitas manusia.

Tiket Masuk Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut

Untuk bisa menikmati keindahan alam dari padang edelweis di Tegal Alun ini tak dikenakan tambahan tiket atau biaya administrasi. Cukup sekali saja pendaftaran atau registrasi saat memasuki pintu gerbang Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan.

Lokasi/Alamat Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut

Tegal Alun ini terletak di puncak Gunung Papandayan. Untuk bisa menuju tempat ini, lokasi pertama yang harus dituju adalah kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, yang terletak di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Dan Gunung Papandayan ini terletak sekitar 70 Km sebelah tenggara Kota Bandung.

Rute Menuju Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut

Untuk bisa tiba di Tegal Alun ini, lokasi yang pertama dituju adalah mengunjungi kawasan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai pendaki dan membayar retribusi tiket. Setelah membayar di pintu gerbang, setelah itu parkirkan kendaraanmu di Terminal Papandayan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki setapak demi setapak. Kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan dengan berjalan kaki dari Terminal Papandayan menuju Tegal Alun.

Setelah memarkirkan kendaraan, langkahkan kakimu menuju Gunung Papandayan. Pemandangan pertama yang disuguhkan adalah cekungan kawah yang masih aktif dan bau belerang. Disarankan memakai masker agar tak keracunan asap belerang. Perlu kehati-hatian dalam melangkah karena jalanan cukup terjal dan berbatu.

Setelah melewati kawasan Kawah Papandayan, arahkan kakimu menuju kawasan Pondok Saladah. Pondok Saladah adalah tempat berkemah bagi para pendaki yang ingin menginap di Gunung Papandayan. Ditempat ini kamu bisa membeli perbekalan yang bisa dibeli di warung-warung yang tersedia di kawasan ini. Ditempat ini pula tersedia toilet yang bisa digunakans sewaktu-waktu.

Setelah mengunjungi kawasan Pondok Saladah, lanjutkan perjalanan kakimu menuju kawasan Hutan Mati/Dead Forest. Dari Hutan Mati ini ambil jalan yang paling kiri dan ikuti arah menuju puncak gunung. Dari Hutan Mati ini kamu akan melewati kawasan Hutan Cantigi yang rindang dan sejuk. Setelah melewati kawasan Hutan Cantigi maka kamu akan langsung masuk ke kawasan Tegal Alun Papandayan.

Gimana tertarik untuk datang dan berkunjung ke kawasan Tegal Alun yang berada di puncak Gunung Papandayan? Jangan lupa ajak temanmu agar pendakianmu tak membosankan dan semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

2 thoughts on “Tegal Alun, Gunung Papandayan, Garut (Padang Edelweis Terluas se-Asia Tenggara)

  1. Kemarin aku dari mt papandayan tapi gagal naik ke puncak yg banyak edelweisnya karena gak tau jalur pendakian yg menuju ke puncak tsb ,sempet di coba cuma gak nemu jalurnya . Bisa lebih detail lagi gak penjelasan jalur pendakian nya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s