Tempat Traveling

Mata Air Cipelang Sumedang (Mata Air Jernih di Tengah Perkampugan yang Sejuk)

Suka dengan wisata air? Indonesia yang sangat indah ini menyajikan ribuan wisata air yang bisa dinikmati. Mulai dari laut, pantai, sungai, danau, hingga mata air yang jernih. Kesemuanya bisa kamu nikmati walau hanya dengan modal receh. Bila menyukai laut dan pantai, kamu bisa memilih laut favorit di Indonesia seperti Raja Ampat, Flores, Lombok atau Belitung. Bila menyukai sungai kamu bisa memilih wisata adrenalin seperti arung jeram.

Salah satu kawasan di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Sumedang yang terkenal dengan tahunya, kini terdapat tempat yang sedang jadi berita dikalangan pengguna Instagram. Di tempat tersebut terdapat mata air yang airnya sangat jernih, dan hidup beberapa ikan besar dan kecil. Mata air tersebut tertampung dalam sebuah kolam kecil seperti kolam renang mini yang sering digunakan warga untuk keperluan mandi dan mencuci. Nama tempat itu adalah MATA AIR CIPELANG..

1453721933270

Mata Air Cipelang

Seperti namanya, tempat ini merupakan sebuah mata air. Mata air yang berada di tempat ini keluar dari sebuah bukit kecil diantara rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar mata air ini. Mata air ini kini digunakan sebagai saluran irigasi yang berfungsi sebagai sumber air bagi perkampungan warga seperti keperluan MCK (Mandi, Cuci & Kakus). Selain itu sumber dari mata air ini berfungsi sebagai sumber air bagi pengairan perkebunan, ladang dan peternakan kampung warga sekitar Mata Air Cipelang.

1453684308999

1453686106289

Mata Air yang Jernih di Tengah Perkampungan

Mata air yang mengalir di tempat ini ditampung dalam sebuah penampungan yang mirip sebuah kolam renang mini. Ditempat ini pula warga sekitar sering menggunakannya untuk keperluan mencuci, mandi hingga berenang bagi anak-anak kecil kampung sekitar. Airnya yang jernih layaknya seperti air minum mineral kemasan menjadikannya sebagai tempat wisata yang murah-meriah bagi warga kampung dimana mata air ini berada.

Selain berada dekat dengan perkampungan, mata air ini juga berada ditengah sawah serta peternakan milik warga. Selain bisa menikmati keindahan alam yang hijau, kamu juga bisa menikmati segarnya udara khas pedesaan yang alami dan sejuk.

Yang unik lainnya dari tempat ini adalah hadirnya ikan-ikan kecil dan besar yang hidup di kolam Mata Air Cipelang ini. Selain bisa berenang di airnya yang jernih, kamu juga bisa berfoto underwater bersama ikan-ikan layaknya di Umbul Ponggok Klaten.

1453722006221

145377321226720160124_113258

Fasilitas Mata Air Cipelang

Meskipun tempat ini cukup terkenal di kalangan pengguna instagram, tapi Mata Air Cipelang ini belum memiliki fasilitas yang sangat lengkap, karena mata air ini bukanlah sebuah tempat wisata resmi yang dikelola oleh pemerintah, namun hanya dikelola secara swadaya oleh warga sekitar.

Meskipun belum ramai seperti tempat wisata yang ada di Sumedang, tempat ini cukup terawat, dan warga sekitar pun menyediakan beberapa fasilitas penunjang bagi mereka yang ingin menikmati dingin dan jernihnya Mata Air Cipelang ini. Fasilitas yang ada tersebut seperti tempat parkir kendaraan, toilet dan tempat mengganti pakaian, mushola dan saung untuk beristirahat.

Tiket Masuk Mata Air Cipelang

Karena tempat ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah kabupaten atau desa, maka tempat ini belum memberlakukan sistem retribusi tiket bagi para pengunjung alias gratis. Mungkin suatu saat nanti, ketika tempat ini sudah semakin ramai dan perlunya biaya untuk perawatan dan pengadaan fasilitas maka tempat ini akan memberlakukan sistem tiket bagi pengunjung.

Lokasi/Alamat Mata Air Cipelang

Mata Air Cipelang ini berada di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Mata Air Cipelang

Untuk bisa sampai di Mata Air Cipelang ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalanan pun sudah bagus meskipun ada jalan yang berlubang atau bergelombang di beberapa titik.

Tujuan utama adalah mengunjungi Sumedang, lalu mengarahkan kendaraan menuju Perempatan Cimalaka. Setelah tiba di Perempatan Cimalaka, kembali arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Dari tempat tersebut tinggal mengikuti jalan menuju Kecamatan Conggeang, Desa Cipamekar. Kurang lebih sekitar 3 km dari Pertigaan Legok menuju Desa Cipamekar.

Patokan yang paling mudah ada dengan mengunjungi Bank BRI yang berada di Desa Cipamekar. Gapura Desa Cipamekar berada di samping Bank BRI Cipamekar. Tak jauh dari Bank BRI tersebut terdapat Alfamart yang bisa kamu datangi untuk membeli makanan dan minuman sebagai teman traveling.

Berikut adalah rute singkat apabila bertolak dari Kota Bandung ; Kota Bandung – Cibiru – Cinunuk – Jatinangor (melewati Kampus IKOPIN, ITB & UNPAD) – Sumedang Kota (melewati Gunung Kunci & Makan Cut Nyak Dien) – Perempatan Cimalaka – Pertigaan Legok – Kecamatan Conggeang – Desa Cipamekar – Bank BRI Cipamekar.

Gimana tertarik untuk datang dan mengunjungi Mata Air Cipelang Sumedang yang airnya jernih ini? Jangan lupa ajak keluarga, teman atau partner traveling kamu agar perjalananya tak membosankan.

Happy wonderful traveling!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s