Curug Ciangin Subang (Air Terjun Berlantai Dua yang Anti Mainstream)

Jika membahas tempat wisata yang ada di Indonesia memang tak ada habisnya. Indonesia memiliki ribuan potensi wisata yang bisa dikembangkan sebagai tempat wisata berstandar nasional maupun internasional. Mulai dari jajaran pegunungan, luasnya lautan, hijaunya hutan dan padang savana, hingga derasnya arus sungai yang membelah beberapa daerah.

Jawa Barat sebagai salah satu propinsi terbesar di Indonesia banyak di anugerahi potensi wisata alam yang menakjubkan indahnya. Tak hanya Bandung yang menjadi ibukota dari Propinsi Jawa Barat saja yang menjadi salah satu objek wisata, di kawasan sekitar Bandung pun banyak tersebar tempat wisata yang indah dan belum banyak terjamah oleh pemburu foto. Salah satunya adalah di Subang terdapat air terjun bertingkat dua yang indah dan anti mainstream. Nama tempat itu adalah CURUG CIANGIN SUBANG..

DCIM100GOPROGOPR3567.

Curug Ciangin

“Curug” berasal dari kata bahasa sunda yang artinya air terjun. Sedangkan “Ciangin” diambil dari dua kata, yaitu “Ci” atau air, dan “Angin”. Jadi bila diartikan secara harfiah, Curug Ciangin memiliki arti, air terjun dengan hembusan angin yang besar. Disebut sebagai “Ciangin” karena ditempat ini sering berhembus angin yang kencang, sehingga air yang jatuh dari atas tebing akan langsung dihempaskan oleh angin, dan membuat udara sekitar menjadi sejuk karena bercampur dengan butir-butir air yang lembut.

Selain udaranya yang sejuk, air terjun ini juga unik karena memiliki panorama indah yang berada di dekat sawah dan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan bambu.

Air Terjun Berlantai Dua yang Anti Mainstream

Curug Ciangin ini sangat anti mainstream karena memiliki dua air terjun dengan lantai yang berbeda. Di lantai paling atas terdapat air terjun yang tak terlalu tinggi sekitar 4 meter. Pada air terjun ini dibawahnya terdapat danau kecil sebagai hasil tampungan air yang jatuh dari atas tebing. Kedalaman di danau kecil ini sekitar 3 meter.

20160110_145023

20160110_145325

Di lantai bawah air terjun pertama, terdapat air terjun lagi dengan ukuran yang lebih tinggi dan lebih luas ukuran danau kecil yang ada dibawah air terjunnya. Pemandangan di lantai bawah ini sangatlah indah. Bebatuan yang berasal dari bentukan lava yang sudah membatu ini memiliki bentuk yang sangat menarik. Danau yang ada di air terjun ini juga sangat dalam, yaitu memiliki kedalaman sekitar 5 meter.

20160110_151910

20160110_152048

Fasilitas Curug Ciangin

Sedikit berbeda dengan tempat wisata air terjun lainnya yang sudah mulai terkenal di kawasan Subang seperti Curug Cibareubeuy. Curug Ciangin ini masih minim fasilitas. Di kawasan wisata Curug Ciangin ini tak tersedia toilet dan mushola. Ditempat ini hanya tersedia saung dan warung sederhana yang menjual beberapa cemilan saat kamu mulai merasa lapar.

Prasarana lainnya seperti akses jalan menuju Curug Ciangin ini belum terlalu baik dan masih hanya sebatas jalan setapak yang bisa dilalui oleh motor. Jalanan menuju Curug Ciangin masih jalanan tanah dan berbatu.

Tiket Masuk Curug Ciangin

Untuk bisa menikmati semua keindahan yang tersedia di kawasan wisata Curug Ciangin, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar 5.000 rupiah/orang. Tak perlu jauh-jauh dan biaya mahal untuk bisa menikmati keindahan alam yang super keren. Semuanya bisa didapatkan dengan jarak yang dekat dan murah. Gimana, tertarik datang ke kawasan wisata Curug Ciangin ini?

Lokasi/Alamat Curug Ciangin

Secara administratif Curug Ciangin ini berlokasi di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, Kec. Ciater, Kab. Subang, Propinsi Jawa Barat.

20160110_144428

Rute Menuju Curug Ciangin

Untuk bisa sampai ke lokasi kawasan wisata Curug Ciangin ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun setelah hampir sampai menuju lokasi dan dekat dengan pemukiman, kendaraan harus diparkirkan di lapangan terdekat dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Jika kamu bertolak dari arah Kota Bandung, kamu tak usah khawatir karena jalan menuju kawasan Subang sudah sangat baik. Bahkan air terjun ini dekat sekali dengan pemandian air panas Ciater yang sudah banyak orang tahu, serta bersebelahan dengan kawasan wisata Curug Cibareubeuy.

Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung menuju Curug Ciangin Subang : Kota Bandung – Lembang – Jalan Raya Tangkuban Perahu – Ciater – Cibeusi.

Patokan yang paling mudah adalah terlebih dahulu mengunjungi kawasan wisata pemadian air panas Ciater atau kawasan wisata Curug Cibareubeuy. Setelah sampai pada pintu masuk pemandian air panas Ciater, ambil arah kanan yang menuju Desa Cibeusi atau Curug Cibareubeuy.

Gimana tertarik untuk datang mengunjungi Curug Ciangin Subang yang anti mainstream ini? Jangan lupa susun rencana perjalanan kamu dan ajak teman, sahabat atau pacar agar perjalanan kamu semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung :http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung :http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan antimainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: