Curug Citambur Cianjur Selatan (Air Terjun Hijau di Perbatasan Ciwidey dan Cianjur)

Curug Citambur Cianjur Selatan

Banyak versi yang menyebutkan kenapa air terjun ini dinamakan sebagai Curug Citambur. Curug berasal dari bahasa sunda yang artinya air terjun. Sedangkan Citambur berasal dari dua kata, “Ci” yang berarti air, dan “Tambur” atau alat musik tambur. Kedua versi cerita ini terdapat suatu benang merah, bahwa Curug Citambur ini dinamai karena berhubungan dengan alat musik tambur yang mirip dengan kendang.

Versi pertama menyebutkan, bahwa air terjun ini dinamai Citambur karena air yang turun dari atas tebing mengeluarkan suara “bergedebum” yang mirip dengan alat musik tambur yang dimainkan dengan cara dipukul. Maka dari itu karena air terjun ini mengeluarkan suara yang unik tersebut, maka warga sekitar pun menamai air terjun ini dengan nama Curug Citambur.

Versi kedua cerita dari penamaan air terjun ini berhubungan dengan asal usul sebuah kerajaan. Diceritakan dahulu kala di daerah ini terdapat sebuah kerajaan bernama Tanjung Anginan, yang terletak di daerah Pasirkuda, yang kini termasuk kedalam wilayah Desa Simpang dan Karangjaya, Kecamatan Pagelaran. Dan letak kerajaan tersebut tak terlalu jauh dari keberaan air terjun ini.

Alkisah raja bernama Prabu Tanjung Anginan tersebut sering melakukan ritual mandi dan bertapa di air terjun ini. Setiap kali sang raja ingin mandi, para pengawal raja selalu membunyikan alat musik tambur. Dan suara tambur tersebut terdengar hingga ke pelosok desa yang tak jauh dari air terjun ini. Karena seringnya warga sekitar mendengar alat musik tambur maka warga sekitar pun menamai air terjun ini sebagai Curug Citambur.

Namun beberapa sumber sejarah tidak ada yang menyebutkan secara jelas mengenai keberadaan Kerajaan Tanjung Anginan ini, masyarakat sekitar berpendapat bahwa kerajaan tersebut hanyalah sebuah legenda yang berkembang dari mulut ke mulut, khususnya cerita dari orangtua kepada anaknya pada zaman dulu.

20150426_110307

20150426_111718

Air Terjun Tinggi dan Hijau

Curug Citambur ini memiliki keindahan alam yang sangat memesona. Curug Citambur ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Keunikan dari Curug Citambur ini adalah debitnya airnya yang sangat deras, sehingga menimbulkan uap air yang tampak seperti kabut tipis. Jika kamu berada di sekitar Curug Citambur ini kamu bisa merasakan deburan air yang menghembus layaknya sebuah kabut dan bisa membuat baju sedikit basah. Waktu terbaik untuk melihat keindahan alam Curug Citambur ini adalah saat musim penghujan. Debit air yang deras dan pemandangan alam yang hijau akan semakin menarik untuk dilihat.

Keunikan lainnya dari Curug Citambur ini adalah panorama alamnya yang sangat indah dan hijau. Pepohonan dan rerumputan sekitar air terjun sangat hijau kala musim penghujan layaknya sebuah karpet hijau yang dibentangkan disekitar air terjun.

Berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Jawa Barat. Kamu tidak bisa mandi atau main air di bawah air terjun. Karena air terjun ini dikelilingi oleh tebing yang curam dan cukup berbahaya. Jika kamu ingin bermain air dan mencoba sensasi airnya yang dingin, kamu bisa turun ke bawah dan melewati persawahan. Namun, kamu harus berhati-hati karena jalan yang menurun dan basah saat musim penghujan.

20150426_113524

20150426_114108

20150426_114035

Fasilitas Curug Citambur

Bisa dibilang Curug Citambur ini memiliki fasilitas yang cukup untuk sebuah tempat wisata. Dalam kawasan Curug Citambur ini terdapat beberapa fasilitas umum seperti, tempat parkir yang luas, toilet, mushola serta beberapa warung yang menjual bermacam-macam makanan dan minuman.

20150426_114638

20150426_115022

Tiket Masuk Curug Citambur

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada di Curug Citambur ini pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar 3.000 rupiah/orang. Untuk kendaraan motor dikenakan biaya parkir sebesar 2000 rupiah/motor. Sedangakan untuk kendaraan roda empat atau mobil dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah/mobil. Gimana murah meriah kan wisata alam di Curug Citambur ini?

Lokasi/Alamat Curug Citambur

Secara administratif Curug Citambur ini berada di daerah Cianjur Selatan. Tepatnya curug ini berada di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Propinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Citambur

Untuk bisa mencapai Curug Citambur bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Namun, di beberapa tempat saat hampir sampai di Curug Citambur jalanan akan semakin rusak parah dan berbatu. Jadi, jika ingin menggunakan kendaraan roda empat atau mobil agar tak menggunakan mobil pendek atau sedan.

Rute menuju Curug Citambur bisa diambil dari arah kota Bandung menuju kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Berikut adalah rute singkat yang bisa dijadikan sebagai patokan : Kota Bandung – Leuwi Panjang – Kopo Sayati – Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Rancabali.

Bagi yang mengambil arah dari Bandung kamu hanya perlu berjalan menuju kawasan Ciwidey sampai melewati kawasan Wisata Alam Kawah Putih, Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Ciwalini dan melewati perkebunan teh yang berkelok-kelok. Saat hampir sampai di kawasan Wisata Alam Situ Patengan sebelumnya terdapat Kantor Kecamtan Rancabali. Dekat dengan kantor Kecamatan Rancabali tersebut terdapat belokan menuju arah kanan ke arah Perkebunan Teh Sinumbra. Arahkan kendaraan kamu menuju arah Perkebunan Teh Sinumbra tersebut.

Kurang lebih sekitar 1,5 jam dari desa Cipelah Kecamatan Rancabali menuju desa Karang Jaya. Akses jalan di Perkebunan Teh Sinumbra cukup baik, namun akan bertambah parah saat memasuki desa Karang Jaya. Saat tiba di Kantor Desa Karang Jaya, tepat didepannya terdapat pintu masuk menuju Curug Citambur. Dekat dengan pintu masuk tersebut terdapat danau kecil bernama Situ Rawa Suro yang berfungsi sebagai penampungan air bagi pengairan irigasi.

Dari Situ Rawo Suro tersebut perjalanan masih sekitar 200 meter. Jalanan ditempat ini adalah berbatu dan belum di aspal atau hotmix. Jadi, kehati-hatian dalam berkendara sangat diperlukan saat ditempat ini. Saat masuk pintu masuk kamu bisa memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang tersedia. Selanjutnya perjalanan menuju Curug Citambur dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Gimana tertarik untuk mengunjungi Curug Citambur yang tinggi dan hijau ini? Yuk siapkan perlengkapan dan ajak temanmu agar petualangannya semakin menyenangkan.

Happy wonderful traveling!

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung :http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung :http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan antimainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

One thought on “Curug Citambur Cianjur Selatan (Air Terjun Hijau di Perbatasan Ciwidey dan Cianjur)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: