Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu with @Jalan2Terus (Pesona Tebing Tersembunyi di Balik Gunung Tangkuban Perahu)

Suka traveling? Sendiri atau ramai-ramai bersama teman? Traveling akan semakin menyenangkan bila dilakukan bersama dengan teman, sahabat, keluarga atau orang yang kita cintai. Perjalanan yang jauh tak akan terasa karena ada yang menemani.

Pernah dengan istilah open trip? Open trip adalah layanan traveling bagi mereka yang tak ingin direpotkan mengenai masalah jadwal, lokasi atau rute yang belum kita ketahui sebelumnya, hingga masalah budgeting yang belum kita susun. Salah satu penyedia open trip di Indonesia yang sudah terkenal adalah @Jalan2Terus. Nahh si @Jalan2Terus ini adalah penyedia open trip yang keren karena kebanyakan destinasinya sangat anti mainstream dan ga pasaran.

Pernah ke Bandung? Di Bandung banyak banget tempat yang masih tersembunyi dan sayang untuk dilewatkan. Salah satu wisata alam yang masih tersembunyi itu terletak tak jauh dari pusat kota Bandung, dan bahkan dekat dengan wisata alam yang sudah terkenal di Bandung. Dan si @Jalan2Terus ini menyediakan open trip untuk sampai kesana. Nama tempat yang keren itu adalah KAWAH UPAS/UPAS HILL TANGKUBAN PERAHU..

20151213_062541

Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu, Puncak Tertinggi Gunung Tangkuban Perahu

Seperti namanya tempat ini merupakan sebuah tebing yang curam dengan pemandangan sebuah kawah. Tangkuban Perahu sendiri sebenarnya memiliki

sepuluh kawah yang letaknya sangat berdekatan, diantaranya Kawah Ratu, Kawah Domas, Kawah Upas, Kawah Baru, Kawah Lanang, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Siluman, Kawah Pangguyangan Badak dan Kawah Jarian.

Kawah yang paling terkenal di Tangkuban Perahu adalah Kawah Ratu. Di namai Kawah Ratu karena kawah ini memiliki ukuran yang paling besar diantara kawah yang lainnya. Gunung Tangkuban Perahu sendiri memiliki puncak gunung yang tinggi dan sangat indah pemandangannya. Pemandangan tersebut bukan hanya pemandangan hutan, melainkan pemandangan sebuah kawah, yaitu Kawah Upas. Dan karena pemandangan tebing ini Kawah Upas, maka tempat ini pun dinamai sama yaitu Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu.

20151213_054332

20151213_060025

Amphitheater Alam yang Menakjubkan

Banyak orang mengatakan bahwa Upas Hill ini layaknya sebuah amphitheater alam. Pemandangan Upas Hill dari atas tebing layaknya sebuah amphitheater raksasa yang menunjukkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan Upas Hill ini adalah saat matahari terbit. Matahari akan muncul dari balik gunung dengan cahayanya yang masih hangat dan malu-malu. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang senang berburu foto dengan gaya siluet atau sunrise seeker.

20151213_060813

20151213_055457

20151213_060857

Off Road bagi Sunrise Seeker

Karena jalanan untuk mencapai lokasi ini berlumpur dan berbatu, maka banyak komunitas mobil Land Rover yang sering berkunjung ke tempat ini. Selain mobil off road, motor trail pun cocok untuk digunakan guna mengunjungi tempat ini. Rata-rata dari mereka berangkat dari tengah malam dan tiba di Upas Hill Tangkuban Perahu ini saat sunrise atau terbitnya matahari.

Pengen ke Upas Hill Tangkuban Perahu ini tapi ga punya motor trail atau mobil land rover? Tenang aja guys, kamu akan disediakan mobil land rover yang keren lengkap dengan supir, guide, dan fotografer handal kalau kamu ikutan trip bareng @Jalan2Terus.

IMG_0147

20151213_082733

20151213_072826

Fasilitas Upas Hill Tangkuban Perahu

Sebenarnya Upas Hill ini bukanlah sebuah tempat wisata komersil seperti Tangkuban Perahu atau Kawah Putih. Tempat ini adalah sebuah tempat konservasi alam mengenai satwa liar dan tumbuhan. Tempat ini pun cukup berbahaya karena tidak memiliki pagar pembatas dan langsung berhadapan dengan mulut kawah yang sangat curam. Maka dari itu tempat ini sangat dilindungi dan dijaga keasriannya.

Karena tempat ini bukanlah merupakan tempat wisata komersil, maka tempat ini tak memiliki fasilitas pendukung seperti wisata umum lainnya. Tempat pembuangan sampah pun tak tersedia di tempat ini. Jadi bagi kamu yang hendak berkunjung ke tempat ini jangan lupa untuk membawa kembali sampahmu agar tak mengotori alam dan tetap menjaga keasrian alam agar tetap lestari.

Untuk kamu yang ke tempat anti mainstream ini bersama @Jalan2Terus kamu ga usah khawatir untuk repot-repot membawa makanan. Guide dari @Jalan2Terus ini dengan sigap menyiapkan sarapan pagi yaitu roti bakar dan bubur yang dipanaskan ala kemah di tengah hutan. Roti bakar ini akan membantu tubuhmu yang mulai kedinginan saat berada di atas puncak Tebing Upas Tangkuban Perahu.

Tiket Masuk Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu

Karena belum adanya pihak atau lembaga yang mengurusi kepariwisataan lokal yang berada di kawasan Upas Hill Tangkuban Perahu, serta tempat ini merupakan sebuah kawasan konservasi, maka pengunjung atau wisatawan belum dikenakan biaya administrasi.

20151213_052242

Lokasi / Alamat Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu

Upas Hill Tangkuban Perahu ini berada di belakang kawasan Tangkuban Perahu, tepatnya di Kecamatan Lembang, Bandung Utara. Letaknya sekitar 30 Km arah utara Kota Bandung atau 31 Km arah selatan Kota Subang.

Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun trek untuk mencapai lokasi sangat sulit karena masih jalanan tanah dan berbatu, sehingga hanya motor trail atau mobil Land Rover yang bisa datang ke tempat ini. Tak heran tempat ini jadi spot favorit bagi mereka yang menyukai olahraga off road, baik itu motor trail ataupun mobil off road.

Bagi kamu yang tak memiliki kendaraan untuk di jalan off road, kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan cara hiking, yaitu sekitar 4-5 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Waktu yang lama saat berjalan kaki akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari hamparan kebun teh yang menemani selama perjalanan menuju Kawah Upas Tangkuban Perahu.

Rute Menuju Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu

Meskipun Kawah Upas Tangkuban Perahu ini berada di kawasan wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu, untuk mencapai tempat ini harus melewati arah yang berlawanan dengan menuju wisata Kawah Gunung Tangkuban Perahu. Karena letak dari Kawah Upas ini berada di belakang wisata Kawah Tangkuban Perahu. Untuk mencapai Kawah Upas Tangkuban Perahu ini harus melewati Kebun Teh Sukawana yang berlokasi di Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Untuk mencapai Kebun Teh Sukawana ini yang paling mudah adalah melewati kawasan Sersan Bajuri. Sebelum masuk ke kawasan Sersan Bajuri sebelumnya harus melewati kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) terlebih dahulu. Setelah melewati kampus UPI selanjutnya arahkan kendaraan menuju Jalan Sersan Bajuri. Setelah keluar dari Jalan Sersan Bajuri kembali arahkan menuju kawasan Kebun Teh Sukawana milik PT. Perkebunan Nusantara VIII. Pintu gerbang Kebun Teh Sukawana ini berada tak jauh dari perbatasan Jalan Sersan Bajuri dengan Jalan Parongpong.

Setelah berada di kawasan Kebun Teh Sukawana selanjutnya hanya mengarahkan kendaraan menuju atas bukit, dimana Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu ini berada. Saat berada di kawasan Kebun Teh Sukawana ini tak terdapat satu pun plang informasi atau petunjuk arah menuju Kawah Upas/Upas Hill. Jadi selain kehati-hatian dalam berkendara karena jalanan yang sangat rusak parah, harus pula memperhatikan agar tidak tersesat Lebih baik bertanya kepada penduduk sekitar apabila bertemu untuk sekedar menanyakan arah menuju Tebing Upas Tangkuban Perahu.

Bingung rutenya? Atau takut tersesat di tengah Kebun Teh Sukawana saat ingin mengunjungi Kawah Upas/Upas Hill? Udah jangan ambil pusing, langsung aja kontak @Jalan2Terus dan ikutin jadwal open tripnya. Kamu ga perlu takut tersesat, ga perlu repot mengenai perizinan, ga perlu repot banyak barang bawaan. Kamu tinggal duduk manis aja di kursi mobil Land Rover yang keren sambil foto-foto alam sekitar, sekaligus menikmati suasana off road di tengah hutan saat sunrise menjelang.

Happy wonderful traveling!

Kontak @Jalan2Terus :

Mobile/SMS/Whatsapp : 087823434400

Telp : 022-20450802

Email : jalan2terus@gmail.com

http://www.jalan2terus.com

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung :http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan antimainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

4 thoughts on “Kawah Upas/Upas Hill Tangkuban Perahu with @Jalan2Terus (Pesona Tebing Tersembunyi di Balik Gunung Tangkuban Perahu)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: