Curug Bentang Subang (Curug Mini dengan Sejuta Pesona)

Sudah tidak diragukan lagi jika Jawa Barat kaya akan wisata alamnya yang memesona. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata belanja yang sangat beragam. Bagi yang menyukai wisata alam. Bumi Pasundan ini seakan bagaikan surga dunia yang dipenuhi oleh tempat wisata alam yang sangat indah. Mulai dari danau, hutan, air terjun hingga gunung-gunung yang bisa didaki.

Kamu suka dengan air terjun? Di sekitaran Bandung banyak sekali terdapat air terjun yang unik dengan karakteristiknya masing-masing. Yang paling terkenal yaitu Curug Malela, Curug Cimahi, Curug Bugbrug atau Curug Citambur. Ingin merasakan sensasi berenang di air terjun yang airnya jernih dan dingin? Di Subang ada salah satu air terjun yang tak terlalu tinggi dan besar. Tapi air terjun ini memiliki keunikan yaitu airnya yang jernih dan kita bisa berenang di danaunya. Nama air terjun itu adalah CURUG BENTANG SUBANG..

20151025_102006

Curug Bentang

Belum ada informasi yang jelas mengapa curug ini dinamai Curug Bentang. Curug Bentang ini berbeda dengan curug lainnya yang ada di sekitaran Bandung. Rata-rata curug yang ada memiliki ukuran yang tinggi dan lebar. Sedangkan Curug Bentang ini memiliki ukuran yang pendek yaitu sekitar 5 meter. Meskipun ukurannya yang tak terlalu tinggi, curug ini memiliki pesona yang sayang untuk dilewatkan, yaitu curug ini memiliki danau dengan airnya yang jernih dan dingin. Danau ini terbentuk dari hasil tampungan air yang jatuh dari curugnya.

Keunikan lainnya adalah Curug Bentang ini terbentuk dari curug lainnya yang berada diatas Curug Bentang ini. Bisa dikatakan bahwa curug ini tersusun secara berundak-undak. Tapi, untuk curug yang berada diatasnya sulit untuk dijangkau karena letaknya yang berada diatas bukit dan akses jalan menuju kesana cukup berbahaya.

1445869547062

1445869760204

Curug Tersembunyi yang Sempat Terlupakan

Sebenarnya Curug Bentang ini sudah sejak dulu terkenal baik itu oleh wisatawan di kawasan Subang, Bandung ataupun mereka yang berada di luar Jawa Barat. Hal itu terlihat dengan adanya upaya pemerintah dalam membangun fasilitas penunjang yang ada di kawasan Curug Bentang. Tapi sayang, hal itu tak berlangsung lama dan hanya sekitar 1-1,5 tahun saja bertahan. Hal itu dikarenakan banyaknya fasilitas yang semakin rusak dan tak ada perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah. Hal lainnya adalah banyaknya pesaing tempat wisata alam yang lebih unik dan notabene dikelola oleh pihak swasta.

Meskipun Curug Bentang ini kini sudah tak lagi dikenal dan sedikit yang mengunjungi, keindahan dan pesonanya sama sekali tak luntur dan sayang sekali untuk dilewatkan. Pemandangan yang hijau dari hamparan persawahan saat berjalan menuju Curug Bentang ini menambah keindahan dari Curug Bentang ini.

20151025_100216

Fasilitas Curug Bentang

20151025_121832

Sebenarnya Curug Bentang ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti, akses jalan beraspal, pintu gerbang utama, gazebo/sasaungan, toilet, tempat parkir, akses jalan setapak dan tangga menuju Curug Bentang hingga beberapa warung kecil yang tersedia di kawasan wisata Curug Bentang. Namun sayang beberapa fasilitas tersebut banyak yang rusak dan belum diperbaiki lagi.

Tiket Masuk Curug Bentang

Untuk menikmati semua keindahan dan pesona dari Curug Bentang ini cukup dibayar dengan biaya 5000,- rupiah saja. Semoga dengan banyaknya pengunjung yang semakin berdatangan dan banyaknya orang yang mengunggahnya di Instagram, Curug Bentang ini akan semakin dipelihara dan diperbaiki akses dan fasilitasnya. Dan untuk kamu yang datang ke Curug Bentang ini jangan lupa untuk tetap menjaga alam, jangan merusak fasilitas yang ada dan jangan buang sampah sembarangan yaa!.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Bentang

Curug Bentang ini secara administratif berada di Kampung Banceuy, Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagakj, Kabupaten Subang, Propionsi Jawa Barat. Untuk sampai ke Curug Bentang ini tidak terlalu sulit karena akses jalan raya pun sudah bagus dan warga sekitar Subang pun sudah mengetahui dari keberadaan Curug Bentang ini apabila kita bertanya.

Patokan yang paling mudah adalah dengan melewati Ciater Highland Resort. Dari arah Ciater Highland Resort teruskan perjalanan sampai menemukan SB Mart. Tak jauh dari SB Mart, di arah kanan terdapat pertigaan menuju Desa Palasari. Dari pertigaan tersebut arahkan kendaraan menuju Desa Sanca. Yang perlu diperhatikan adalah menuju lokasi Curug Bentang ini minim rambu-rambu dan plang khusus mengenai Curug Bentang. Jadi, jika ragu dan agar tak tersesat lebih baik bertanya pada warga sekitar.

Setelah sampai di Desa Sanca dan tiba di gerbang tiket masuk, lokasi Curug Bentang tidaklah jauh yaitu sekitar 1,5 Km saja jaraknya.  Selanjutnya perjalanan ke lokasi Curug Bentang dari pintu masuk ini dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun.

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung :http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan antimainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

One thought on “Curug Bentang Subang (Curug Mini dengan Sejuta Pesona)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: