Tempat Traveling

Benteng & Bunker Puncak Gunung Putri (Benteng & Bunker Bangsa Belanda saat Perang Dunia I)

Bandung kini dikenal tak hanya sebagai kota fashion dan kuliner saja, namun kini Bandung dikenal sebagai kota anti mainstream di Indonesia. Hal itu dikarenakan banyaknya spot menarik dan ga pasaran yang di unggah di sosial media seperti path dan instagram. Beberapa tempat itu kini menjadi semakin terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebut saja Tebing Keraton, Bukit Moko, hingga Stone Garden.

Tak sedikit dari beberapa tempat yang terkenal dan diunggah di sosial media memiliki nilai sejarah yang tinggi. Mulai dari sejarah bumi, sejarah kepurbakalaan, sejarah budaya, hingga sejarah kemerdekaan. Salah satu tempat bersejarah yang masih belum banyak orang tahu dan anti mainstream adalah BENTENG & BUNKER GUNUNG PUTRI..

DSC_0447

Gunung Putri

Gunung Putri adalah sebuah bukit di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Bukit ini mempunyai ketinggian yang cukup tinggi, yakni 1650 mdpl. Pada lereng Gunung Putri terdapat kampung Gunung Putri yang mayoritas agamanya Islam dan memiliki penduduk sekitar 1000 jiwa lebih.

Lokasi Gunung Putri berada pada gugusan Pegunungan Lembang yang menyambung dari Gunung Tangkuban Perahu sampai Gunung Bukit Tunggul, dengan tiga puncak utama yang secara karakteristik ke tiga puncak ini mudah untuk di daki. Ketiga puncak itu antara lain : Puncak Gunung Putri/Bukit Sangkuriang (1650 mdpl), puncak Gunung Geulis (1587 mdpl) dan puncak Gunung Pasir Cabe.

Tugu SESPIM POLRI

Di puncak Gunung Putri kita bisa melihat sebuah tugu dan terdapat daftar pahlawan Gunung Putri yang telah gugur pada saat peristiwa Bandung Lautan Api. Disini pula kita dapat berkemah dan menikmati pemandangan yang indah. Selain dapat melihat kota Bandung, disini kita juga bisa melihat gunung-gunung yang amat jauh seperti Gunung Tampomas di Sumedang, Gunung Ceremai di Majalengka, Gunung Gede Pangrango di Bogor dan Gunung Malabar di Bandung Selatan.

Pemandangan di puncak Gunung Putri ini sangatlah indah, dan atap dari beberapa rumah yang terlihat dari atas akan terlihat seperti miniatur rumah-rumahan yang terdapat di permainan monolopy.

Benteng & Bunker Belanda

Tak jauh dari Tugu SESPIM POLRI terdapat benteng dan bunker yang dibangun oleh bangsa Belanda saat zaman Hindia-Belanda. Benteng dan bunker ini dibangun sekitar tahun 1884 pada saat Perang Dunia I. Benteng dan bunker ini dibangun dan berfungsi sebagai basis pertahanan dan sebagai sarana pengintai musuh dari jarak jauh.

DSC_0426

DSC_0469

Harga Tiket Masuk Benteng & Bunker Belanda

Karena benteng & bunker Belanda ini belum dikelola secara khusus oleh pemerintah kabupaten atau swasta, maka tak ada tarif khusus untuk tiket masuk menuju kawasan benteng dan bunker Belanda ini. Yang diperlukan hanyalah bensin kendaraan, tenaga yang fit untuk mendaki serta perbekalan yang dibawa saat menuju puncak Gunung Putri.

Bila kamu menuju benteng & bunker Belanda ini dengan sebelumnya melewati kawasan LHI Jayagiri, maka akan dikenakan tiket masuk sebesar 5rb rupiah/orang. Dan mungkin lebih asik bila kamu menyewa sebuah mobil off road Land Rover bersama teman-temanmu untuk mencapai lokasi benteng dan bunker ini. Dengan mobil Land Rover kamu akan diajak berpetualang dan berkendara ditengah hutan pinus dengan medan yang ekstrim.

DSC_0460

DSC_0481

Lokasi/Alamat Benteng & Bunker Gunung Putri

Benteng & bunker Belanda ini terdapat di puncak Gunung Putri yang berada di desa Gunung Putri. Untuk mencapai lokasi ini disarankan untuk memakai kendaraan roda dua, hal ini dikarenakan akses jalan yang sempit.

Untuk bisa tiba di lokasi ini bisa diakses dengan menggunakan dua rute. Rute pertama adalah dengan melewati desa Gunung Putri yang terletak tak jauh dari Hotel Gunung Putri di jalan raya Tangkuban Perahu. Dari pertigaan jalan raya ini kamu akan melewati sebuah perkampungan, dan bisa memarkirkan kendaraanmu disebuah warung. Lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju puncak Gunung Putri.

Rute kedua adalah dengan melewati kawasan wisata LHI Jayagiri. Dari pintu masuk LHI Jayagiri ini kamu bisa berjalan kaki sekitar 4 km atau dengan menyewa sebuah mobil off road Land Rover yang sudah sedia di kawasan LHI Jayagiri ini.

full cover

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

Iklan

3 thoughts on “Benteng & Bunker Puncak Gunung Putri (Benteng & Bunker Bangsa Belanda saat Perang Dunia I)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s