Tempat Traveling

Benteng Pasir Ipis (Benteng Pertahanan Bangsa Belanda saat Perang Dunia I)

Banyak sekali pilihan wisata yang disuguhkan oleh Kota Bandung dan sekitarnya. Mulai dari wisata fashion, kuliner hingga wisata alam yang ada di kawasan Bandung. Bagi para pecinta sejarah, Bandung merupakan destinasi wisata sejarah yang cukup lengkap dan menarik untuk dikunjungi. Mulai dari sejarah kepurbakalaan, wisata sejarah geologi, hingga wisata sejarah kemerdekaan.

Tak banyak yang mengetahui bahwa di Bandung terdapat peninggalan Belanda seperti benteng pertahanan perang. Hal itu dikarenakan letak dari benteng ini cukup tersembunyi. Meskipun letaknya yang tersembunyi, benteng Belanda ini menyimpan pesona dan pemandangan yang indah di sekitarnya. Dan, benteng Belanda ini cocok untuk dijadikan tempat wisata sejarah yang sangat menarik dan anti mainstream. Nama benteng itu adalah BENTENG PASIR IPIS..

DSC_0390

Benteng Pasir Ipis

Tidak ada sejarah yang menyebutkan secara jelas mengenai nama asli dari benteng ini. Namun karena benteng ini berdiri di kawasan Pasir Ipis maka benteng ini disebut“Benteng Pasir Ipis”.

Benteng Pasir Ipis diperkirakan memiliki panjang lebih dari 1 Km lebih. Beberapa sumber menyebutkan bahwa benteng ini dibuat oleh bangsa Belanda dalam dua periode, dibangun mulai tahun 1819 dan selesai pada 1930. Benteng ini saat zaman Hindia Belanda berfungsi sebagai basis pertahanan bangsa Belanda untuk mengintai dari serangan musuh pada saat Perang Dunia I.

Benteng Pasir Ipis ini kini keberadaannya sangat mengkhawatirkan karena tak terurus dan tertutup oleh tanah serta tanaman liar yang semakin tinggi.

DSC_0359

Harga Tiket Masuk Benteng Belanda

Karena Benteng Pasir Ipis ini belum dikelola secara khusus oleh pemerintah kabupaten atau swasta maka tak ada tarif khusus untuk tiket masuk menuju kawasan Benteng Pasir Ipis alias gratis.

DSC_0340

Lokasi/Alamat Benteng Belanda

Benteng Pasir Ipis terletak di Kampung Pasir Ipis, RT 05/RW o6, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mencapai lokasi ini cukup mudah, dan disarankan untuk memakai kendaraan roda dua karena akses jalan yang relatif kecil.

Untuk mencapai lokasi ini yang perlu dilakukan adalah bertolak menuju arah Terminal Lembang. Berikut adalah rute singkat dari Kota Bandung : Kota Bandung – Ledeng (melewati kampus UPI) – Lembang.

Setelah sampai di Lembang dengan sebelumnya melewati “Tahu Susu Lembang” akan menemukan pasar dan terminal (terdapat Alfamart & Indomaret). Di dekat Alfamart & Indomaret ini ada belokan ke kiri yang terdapat tukang ojek menuju kawasan Pasir Ipis. Arahkan kendaraanmu menuju arah kiri tersebut dan lurus terus menuju gunung/hutan pinus sampai menemukan warung/kedai kampung.

Setelah menemukan warung tersebut parkirkan kendaraanmu disana, karena perjalanan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dan menanjak sekitar 1 km menuju puncak gunung yang terdapat Benteng Pasir Ipis.

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Benteng Belanda ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s