Curug Cimahi/Curug Pelangi (Air Terjun Tertinggi di Kab. Bandung Barat)

Banyak pilihan alternatif wisata yang ada di Bandung dan sekitarnya. Mulai dari wisata alam, wisata bumi (geowisata) hingga wisata yang memicu adrenalin dan cocok dikunjungi bersama teman, keluarga atau teman kantor. Bandung bagi wisatawan luar Bandung sangat terkenal dengan wisata alamnya yang menakjubkan. Hal itu dikarenakan karena Bandung dikelilingi oleh beberapa gunung dan hutan yang masih alami sehingga banyak objek wisata alam yang tersedia.

Buat kamu yang suka dengan wisata alam nampaknya harus coba mengunjungi curug (bahasa sunda dari air terjun) yang ada di Bandung dan sekitarnya. Di kabupaten Bandung Barat terdapat air terjun yang unik dan merupakan salah satu air terjun tertinggi di kawasan kabupaten Bandung. Nama tempat itu adalah CURUG CIMAHI/CURUG PELANGI..

DSC_0188

Curug Cimahi/Curug Pelangi

Curug (air terjun dalam bahasa sunda) atau juga Air Terjun Cimahi ini memiliki ketinggian sekitar 87 m yang merupakan salah satu curug tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Curug Cimahi ini dikelola oleh PT. Perhutani. Nama Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua tingkat dan termasuk yang unik. Sesuai namanya Cimahi (bahasa sunda: Ci = air dan Mahi = cukup). Debit air terjun ini selalu sama, baik saat musim hujan atau pun kemarau. Namun jika dibandingkan puluhan tahun lalu debit airnya jauh berkurang.

Dulu orang mengenal tempat ini sebagai Curug Cimahi. Tapi kini tempat ini berinovasi dengan menambahkan lampu yang dipasang dibelakang air terjun sehingga pada malam hari air terjun ini akan memancarkan warna seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu layaknya pelangi yang berwarna-warni.

DSC_0222

2014-10-04 10.20.05

Lokasi/Alamat Curug Cimahi/Curug Pelangi

Curug Cimahi/Curug Pelangi ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Curug Cimahi/Curug Pelangi ini dapat ditemui pada peta dan koordinat GPS: 6° 47′ 56.58″ S 107° 34′ 39.34″ E.

Untuk sampai pada tempat ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk mencapai curug ini. Kebanyakan yang digunakan ialah jalur Cimahi melalui Cihanjuang dan Parongpong, ataupun dari arah jalur Lembang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dan dari pusat Kota Bandung, cukup menyusuri jalur Cihideung menuju Cisarua dengan terlebih dahulu melewati kawasan Universitas Pendidikan Indonesia, lalu ke arah Sersan Bajuri dan kemudian Universitas Advent Indonesia dan terakhir menuju terminal angkot Cisarua. Pintu masuk Curug Cimahi terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya.

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah. Jika dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua.

Dan setelah sampai di depan pintu gerbang wana wisata ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok. Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 587 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

DSC_0141

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi/Curug Pelangi

Harga tiket masuk dari Curug Cimahi/Curug Pelangi adalah sebesar Rp. 15.000,- per orang (harga sewaktu-waktu dapat berubah) dengan hari dan jam buka setiap hari dari pukul 08.00-21.00 WIB. Jika kamu ingin menikmati Curug Pelangi atau air terjun yang berwarna warni saat malam hari kamu bisa menikmatinya mulai dari terbenam matahari hingga pukul 9 malam.

2014-10-04 10.04.39

Fasilitas Curug Cimahi/Curug Pelangi

Fasilitas parkir untuk kendaraan baik roda empat ataupun roda dua tersedia. Anda bisa parkir di area terminal angkutan kota kecil yang terletak persis di pinggir gerbang masuk curug cimahi.

Nahh guys itu dia sedikit review mengenai keindahan pemandangan alam dari Curug Cimahi/Curug Pelangi. Gimana tertarik untuk datang kesana khususnya pada malam hari? Yuk siapkan kendaraan dan kamera terbaikmu..

Referensi :

Wikipedia. 2014. Curug Cimahi. [online]. Tersedia di : http://id.wikipedia.org/wiki/Curug_Cimahi. Diakses pada 5 januari 2015.

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

3 thoughts on “Curug Cimahi/Curug Pelangi (Air Terjun Tertinggi di Kab. Bandung Barat)

Add yours

  1. woohh. mantepp hehehe… turunnya enak.. pas pulangnya itu tuh.. wkwkwkwkw….. kalo yang punya nafas jarcok siap siap . . bawa nafas buatan.. xixixixi…. btw nice review .. tambah lagi foto fotonya boss yang banyaakkkk .. dari smua angle.. biar mantapppp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: