Gedung The Historich Cimahi (Tempat Kongkow Para Tentara & Bangsawan Belanda)

Indonesia yang sempat dijajah oleh bangsa Belanda selama 350 tahun menyisakan kenangan dan sejarah. Salah satunya adalah beberapa bangunan Belanda arsitektur yang unik dan khas kolonialisme zaman dulu yang sangat kental. Beberapa bangunan itu masih banyak kita jumpai hingga kini. Sebagian besar masih terawat dengan baik sebagai warisan sejarah bangsa ini. Cimahi sebagai salah satu kota administratif dan dekat dengan Kota Bandung mempunyai banyak sekali sisa bangunan Belanda mulai dari pusat pemerintahan, gedung pendidikan militer, rumah dinas para perwira tentara, rumah sakit hingga gedung pertemuan.

Di Cimahi ini terdapat gedung unik sisa peninggalan bangsa Belanda yang hingga kini masih berdiri kokoh. Dulunya gedung ini dijadikan sebagai tempat bertemu dan berkumpul para tentara dan bangsawan Belanda. Mereka bertemu sambil minum, main billiard dan melaksanakan pesta di tempat ini. Tempat ini bernama GEDUNG THE HISTORICH..

2014-12-29 12.49.26

Gedung The Historich

Gedung ini dulunya bernama Sociated for Officied Cimahi. Gedung dibuat sebagai sarana pertemuan sosial antara tentara dan bangsawan Belanda saat zaman kolonialisme dulu. Jadi gedung ini pada awalnya dibangun dan berfungsi sebagai sosio club yang dipergunakan untuk acara-acara pesta seperti dansa, minum-minum, main billiard dan pertemuan lainnya.

Gedung ini dibangun pada tahun 1886, alasan pembangunan gedung ini karena dahulu kota Cimahi dipersiapkan sebagai zona militer untuk melindungi Bandung terutama pangkalan udara Andir yang pada saat itu dipersiapkan sebagai pangkalan udara militer. Beberapa saat itu beberapa fasilitas militer didirikan di kota ini.

2014-12-29 12.49.55

Arsitektur dari gedung ini pun sangat unik dengan memakai unsur “Indicy Impire Style” yaitu bangunan dengan gaya kekaisaran romawi yang dipadukan dengan arsitektur tropis Eropa. Dari depan gedung ini terlihat beberapa pilar. Pilar-pilar tersebut berarsitektur Yunani atau gaya romawi kuno. Pilar yang terdapat di gedung ini ada empat buah. Pilar utama yang menghiasi gedung ini memiliki style ionix. Di gedung ini terdapat pula beberapa pilar lain yaitu dorix & orintion.

Bangunan ini memiliki luas sekitar 870 meter persegi. Berdiri di atas lahan seluas kira-kira 3.700 meter persegi. Terdiri dari satu main Hall dan dua sayap, yaitu sayap Timur “East Wing” dan sayap barat “West Wing”.

2014-12-29 12.54.39

Selain unik dan menarik, gedung ini juga cocok buat dijadikan tempat berfoto, pre-wedding dan juga tempat resepsi pernikahan nanti. Hihii.. 😀

Lokasi/Alamat Gedung The Historich

Gedung unik ini berlokasi di jalan Jenderal Gatot Subroto No. 19 Kota Cimahi 40521 Jawa Barat Indonesia.

Gimana guys unik bukan gedung sisa peninggalan bangsa Belanda ini. Tertarik untuk berfoto atau mengadakan pesta disana??

Referensi :

Novita, Sisca Fransisca. 2012. Sedikit Sejarah Cimahi. [online]. Tersedia di : http://capucinolatte2.blogspot.com/2012/11/sedikit-sejarah-cimahi.html. Diakses pada 1 januari 2015.

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

6 thoughts on “Gedung The Historich Cimahi (Tempat Kongkow Para Tentara & Bangsawan Belanda)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: