Tempat Traveling

Gua Purbakala Sanghyang Poek – Explore Saguling Part III

Saguling selain sebagai tempat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) juga menyimpan banyak hal menarik khususnya tempat bersejarah dan memiliki legenda. Bangunan PLTA ini dibuat saat zaman kolonialisme dulu oleh bangsa Belanda saat menjajah Indonesia. Selain memiliki sejarah yang terkait dengan perjuangan bangsa Indonesia. Saguling juga menyimpan cerita legenda yang terkait dengan kisah Sangkuriang & Dayang Sumbi dalam kisah “Legenda Tangkuban Perahu”. Dan kisah itu sudah diceritakan pada artikel sebelumnya. Belum baca? Silakan baca artikel sebelumnya yaa! Hihii.. πŸ˜€

Di Saguling ini ada satu tempat yang sangat unik dan keren buat dijadikan lokasi berfoto. Tempat ini merupakan sebuah goa yang didekatnya terdapat sungai yang mengalir. Yang membuatnya unik adalah terdapatnya batu-batu besar raksasa berwarna putih dan dengan bentuknya yang sangat unik. Jika menyusuri kedala goanya maka akan menjumpai stalakmit dan stalakmit yang indah dan lebih mirip dengan karang di lautan. Nama tempat itu adalah GUA PURBAKALA SANGHYANG POEK..

IMG_20141207_163413

Gua Purbakala Sanghyang Poek

Gua purbakala Sanghyang Poek ini merupakan gua prubakala yang terbentuk secara alami karena proses alam dan tanpa ada campur tangan manusia. Gua Sanghyang Poek ini termasuk kedalam jenis gua karst, yaitu kawasan batu gamping yang telah melalui proses karstifikasi/pelarutan. Gua ini memiliki julukan poek yang diambil dari bahasa sunda yaitu pengertian dari “gelap”. Saat memasuki kedalam gua ini memang sangat gelap. Namun apabila masuk dan menggunakan alat penerang maka kamu akan menjumpai bentuk dari stalakmit dan stalaktit yang berkilauan layaknya sebuah berlian.

IMG_20141207_164100

IMG_20141207_164133

Yang membuat gua ini sangat unik adalah karena dipinggirnya terdapat arus sungai yang tak cukup deras saat musim kemarau. Namun akan sedikit berarus deras saat musim penghujan tiba. Jika ingin berjalan-jalan diatas batu tanpa harus basah maka harus datang ke tempat ini saat musim kemarau. Dalamnya sungai yang tak bisa terlihat akan membahayakan keselamatan jika memaksakan untuk berjalan diatas sungai yang berarus cukup deras saat musim penghujan tiba. Di sekitar sungai ini juga banyak sekali berhamburan bebatuan raksasa berwarna putih dan keren buat dijadikan lokasi spot berfoto.

Dan ini saat saya mencoba ngeksis disana. Hahaa.. πŸ˜€

IMG_20141207_163324

IMG_20141207_163650

Lokasi/Alamat Gua Purbakala Sanghyang Poek

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Saguling dan tepatnya berada di kawasan PLTA Saguling. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Patokan yang paling mudah adalah PLTA Saguling. Dan tempat ini berada sekitar 5 km dari gapura utama PLTA Saguling.

Untuk mencapai lokasi Sanghyang Poek ini harus dengan berjalan kaki karena kendaraan tak bisa masuk. Yang perlu dilakukan adalah sampai ke lokasi PLTA Saguling yang terdapat pipa raksasa. Dari lokasi ini dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah hutan dan berjalan melawan arus sungai. Perjalanan kurang lebih sekitar 1 km dan di ujung akan menemukan sebuah gunung kecil yang terdapat gua Sanghyang Poek.

Rute untuk mencapai lokasi ini jika dari arah Kota Bandung adalah : Kota Bandung – Kota Cimahi – Padalarang (melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil) – Tagog Apu (kawasan yang berkelok & banyak pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir jalan) – Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling.

Tiket Masuk Gua Purbakala Sanghyang Poek

Tak ada tiket masuk khusus untuk mencapai lokasi gua purbakala Sanghyang Poek ini alias GRATIS. Hanya perlu merogoh kocek untuk bensin dan tenaga yang fit untuk bisa berjalan kaki menuju lokasi Sanghyang Poek. Wisata alam yang murah meriah bukan?

Gimana tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Yuk ajak teman biar rame dan siapkan kendaraanmu!

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book β€œJarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

2 thoughts on “Gua Purbakala Sanghyang Poek – Explore Saguling Part III

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s