Tempat Traveling

Terowongan Inspeksi Saguling – Explore Saguling Part II

Jawa Barat yang sempat dijajah oleh bangsa Belanda selama 350 tahun atau 3,5 abad memiliki banyak kenangan pahit dan sisa sejarah itu masih bisa kita rasakan hingga sekarang. Mulai dari bangunan rumah, tempat pemerintahan, tempat umum hingga sarana transportasi. Tak dapat dipungkiri jika bangsa Belanda juga turut menyumbang budaya dan peninggalan sejarah secara tidak langsung. Banyak bahasa daerah yang berasal dari serapan bahasa Belanda. Dan banyak pula bangunan Belanda yang sampai sekarang masih kokoh dan bisa kita gunakan sehari-hari. Tapi itu semua kita harus membayarnya dengan keringat, darah dan perjuangan hingga mati para pahlawan kita.

Contohnya adalah sarana transportasi kereta api yang dibuat oleh bangsa Belanda saat zaman kolonialisme dulu masih bermanfaat bagi kita untuk sarana transportasi masal. Hingga sekarang masih banyak jalur transportasi kereta api yang masih aktif dan tak sedikit juga yang sudah nonaktif dan tidak digunakan lagi jalurnya. Bagi yang sudah tidak digunakan seperti bekas rel, terowongan hingga jembatan kereta bisa juga lohh dijadikan tempat fotografi. Yang keren nih salah satunya ada di kawasan Saguling. Namanya adalah TEROWONGAN INSPEKSI..

2014-12-07 15.11.34

Terowongan Inspeksi

Saya masih belum tahu terowongan ini untuk kereta api dengan gerbong berpenumpang banyak atau jalur terbatas dan hanya untuk keperluan menuju PLTA Saguling saja. Saya pikir sih ini bukan jalur trasnportasi umum dan dipakai untuk akses menuju PLTA Saguling saat zaman kolinialisme dulu. Bisa dibilang jalan atau akses dari jalan raya/gapura utama menuju PLTA Saguling cukup jauh yaitu sekitar 15 km. Jadi lebih cepat dan efisien bila memakai kereta api.

Hmm saya juga masih bingung kenapa namanya “Terowongan Inspeksi”? Apa ini untuk inspeksi mengintai musuh atau inspeksi para tahanan yang dikurung dan disiksa disini yaa? Entahlah saya ga tahu..

Yang jelas tempat ini cukup bagus buat dijadikan lokasi fotografi dan uji nyali. Buat yang suka uji nyali boleh tuh malem-malem duduk di depan mulut terowongannya dan sambil dengerin suara-suara ghaib. Hihiii.. Ohyaa jujur saya bukan orang yang takut dengan ketinggian. Tapi yang membuat saya aneh, saat saya duduk diatas terowongan ini jantung saya terasa lebih deg-degan dan sedikit tak enak hati. Kata temen saya yang sama-sama ikut explore dia berkata, “hawanya ga enak dan beda!”. Dan saya juga ngerasa merinding saat duduk diatasnya.

Terlepas dari masalah mistis tempat ini sangat keren buat dijadikan tempat berfoto. Bentuk bangunan yang masih kokoh terlihat klasik dan megah. Mau coba juga foto di tempat ini?

2014-12-07 15.10.19

2014-12-07 15.11.02

Lokasi/Alamat Terowongan Inspeksi Saguling

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Saguling dan tepatnya berada di kawasan PLTA Saguling. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Patokan yang paling mudah adalah PLTA Saguling. Dan tempat ini berada sekitar 5 km dari gapura utama PLTA Saguling.

Rute untuk mencapai lokasi ini jika dari arah Kota Bandung adalah : Kota Bandung – Kota Cimahi – Padalarang (melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil) – Tagog Apu (kawasan yang berkelok & banyak pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir jalan) – Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling.

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Terowongan Inspeksi Saguling ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disini : http://goo.gl/6vhann

Gimana tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Yuk ajak teman biar rame dan siapkan kendaraanmu!

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

2 thoughts on “Terowongan Inspeksi Saguling – Explore Saguling Part II

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s