Tempat Traveling

Sungai Cikahuripan/Mata Air Cikahuripan Neundeut Saguling (Mata Air Tempat Minum Dayang Sumbi) – Explore Saguling Part I

Pernah mendengar cerita Legenda? Pernah denger cerita yang berjudul “Legenda Tangkuban Perahu”? Itu loh legenda yang mengisahkan tentang Sangkuriang. Pemuda perkasa yang telah di usir oleh ibunya karena membunuh ayahnya yang menjelma menjadi seekor anjing oleh sang dewa agung. Karena marah diusirlah si Sangkuriang dari rumah ibunya yang bernama Dayang Sumbi. Dayang Sumbi yang merupakan seorang dewi dari kahyangan yang tidak akan bisa tua kembali bertemu dengan Sangkuriang yang telah beranjak dewasa.

Alkisah mereka pun jatuh cinta. Suatu hari Dayang Sumbi mengetahui bahwa pemuda itu adalah anaknya. Sangkuriang tidak percaya dan akhirnya sang ibu memberikan syarat yang sangat tidak mungkin tercapai oleh Sangkuriang yaitu membuat danau dan perahu dalam waktu semalam. Merasa dicurangi Sangkuriang murka dan menendang perahu yang dibuatnya hingga terbentuk Gunung Tangkuban Perahu. Yaa itulah sebuah legenda atau cerita rakyat. Ngomong-ngomong kamu tau dimana Dayang Sumbi tinggal? Dimana dia minum, mandi dan mengambil air bersih untuk hidupnya? Mau tahu? Nama tempat itu adalah MATA AIR CIKAHURIPAN NEUNDEUT SAGULING..

2014-12-07 13.14.37

Mata Air Cikahuripan Neundeut Saguling & Legenda Dayang Sumbi

Menurut legenda dan cerita rakyat yang beredar di masyarakat dipercaya bahwa ditempat inilah Dayang Sumbi mengambil air untuk ia minum, mencuci hingga mandi. Tempat ini merupakan sebuah sungai purba dengan arus yang sangat kecil.

Sungai Purba (Dasar Lautan)

Jika kamu perhatikan di sungai ini terdapat beberapa batu dengan bentuk yang unik yaitu mirip dengan koral, karang laut dan tumbuhan laut yang sudah membatu dan menjadi fosil. Jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan batu dengan cetakan tumbuhan laut yang masih tercetak rapih di batu tersebut. Hal ini membuktikan bahwa sungai ini dulunya adalah dasar dari sebuah laut yang terbentuk melalui proses alam dan adanya pergeseran lempeng benua yang menjadikan laut ini terangkat hingga menjadi pegunungan dan daratan. Dengan keunikan tempat ini, tak heran jika banyak para dosen, mahasiswa dan peneliti negara asing yang berkunjung ke tempat ini untuk meneliti alam dan hubungannya dengan cerita legenda si Dayang Sumbi.

Mata Air yang Berkhasiat

Di tempat ini selain terdapat sungai juga terdapat 2 mata air yang merembes melalui celah batu dan airnya sangat jernih. Dipercaya oleh masyakat bahwa air ini memiliki khasiat khusus untuk kehidupan. Maka dari itu disebutlah Cikahuripan atau mata air kehidupan (Ci = air, Hirup-Hurip = Hidup). Masyarakat sekitar sering mengambil air ini untuk minum dan mereka biasa meminumnya tanpa perlu dimasak karena dipercaya sudah bersih dan bebas penyakit. Dan saya pun kemarin sempat minum di mata air ini dan ternyata airnya memang jenih, tak berbau dan tak berasa. Rasanya sih mirip sama air galon A*ua. Tapi saya juga belum tahu hasil dari penelitian air disini seperti apa. Hihii.. 😀

Dan menurut warga sekitar tempat ini selain sering dikunjungin oleh orang yang melakukan penelitian juga sering dikunjungi oleh bupati/walikota yang ada di Jawa Barat untuk sekedar berkunjung dan minum di mata air Cikahuripan ini.

Yang unik dari tempat ini yaitu : Sungai yang tak deras, banyak batu berbentuk koral atau terumbu karang dari laut, ada curug/air terjun kecil, terdapat 2 mata air dan terdapat bentuk stalakmit mirip di goa.

2014-12-07 12.47.22

2014-12-07 12.48.13

Lokasi/Alamat Mata Air Cikahuripan Saguling

2014-12-07 13.00.07

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Saguling dan tepatnya berada di kawasan PLTA Saguling. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Patokan yang paling mudah adalah PLTA Saguling.

Rute untuk mencapai lokasi ini jika dari arah Kota Bandung adalah : Kota Bandung – Kota Cimahi – Padalarang (melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil) – Tagog Apu (kawasan yang berkelok & banyak pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir jalan) – Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling. Dari pintu gerbang ini masih sekitar 10 km lagi perjalanan dan menanjak.

Tempat ini berada sebelum kawasan Bendungan Saguling. Jika pusing silakan bertanya pada warga sekitar mengenai tempat yang bernama “Neundeut” atau “Cikahuripan”. Untuk mencapai lokasi yang dituju kamu harus memarkirkan kendaraanmu di sebuah warung dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati kebun dan sungai sejauh 1 km lebih. Untuk sekedar saran siapkan jaket, jas hujan/payung bila hujan dan sandal jepit.

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Mata Air Cikahuripan Saguling ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disini : http://goo.gl/6vhann

Harga Tiket Masuk Mata Air Cikahuripan Saguling

Karena tempat ini belum dikelola secara maksimal oleh warga sekitar dan pemerintahan setempat maka belum ada tiket masuk khusus untuk mencapai lokasi dari Mata Air Cikahuripan ini. Meskipun gratis kamu harus membayarnya dengan tenaga untuk berjalan dan melewati sungai yang ada. Berani mencoba? Lumayan laah untuk berolahraga guys! Hihii.. 😀

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s