Jembatan Gantung Gajah Eretan Bandung (Explore Kutawaringin Part II)

Banyak tempat umum yang menjadi favorit untuk dijadikan sebuah lokasi berfoto seperti pre-wedding pemotretan untuk cover CD band hingga hanya sekedar berfoto narsis untuk di unggah di sosial media. Tempat umum itu antara lain taman kota, jalan raya, depan gedung-gedung tua di Kota Bandung hingga sebuah jembatan penyemberangan.

Kota Bandung yang banyak dibelah oleh sungai dan danau menjadikan Kota Bandung dan sekitarnya banyak dihiasai oleh jembatan-jembatan yang unik bentuknya. Sebut saja “Jembatan Cinta” Situ Cileunca Pangalengan yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin berfoto disana. Nahh ini ada satu lagi jembatan gantung unik yang berada diatas sungai citarum. Nama jembatan itu adalah JEMBATAN GANTUNG GAJAH ERETAN..

2014-11-25 14.05.39

Jembatan Gantung Gajah Eretan

Jembatan ini sebenarnya tak memiliki nama khusus. Tapi karena jembatan gantung ini berada di sebuah desa yang bernama Gajah Eretan, maka jembatan ini pun disebut Sasak Gantung Gajah Eretan (Sasak Gantung: Bahasa sunda dari jembatan gantung).

Jembatan gantung ini telah berada sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu dan berfungsi sebagai sarana transportasi penyeberangan yang menghubungkan 2 desa yang dipisahkan oleh sungai citarum. Tak hanya bisa dilewati oleh para pejalan kaki, jembatan ini juga bisa dilewati oleh kendaraan bermotor roda dua.

2014-11-25 14.12.44

Jembatan gantung ini sempat beberapa kali mengalami renovasi terutama dibagian alas kayu yang digunakan sebagai alat untuk berpijak. Jembatan gantung ini sangat unik bentuknya. Tak hanya warnanya yang kuning mencolok, jika kamu berjalan di jembatan gantung ini kamu akan merasakan bahwa jembatan ini bergoyang-goyang. Dan hal itu akan semakin terasa bergoyang ketika ada kendaraan yang lewat ketika kita sedang berada ditengahnya.

2014-11-25 14.12.48-1

Lokasi/Alamat Jembatan Gantung Gajah Eretan

Jembatan gantung ini terletak di Jalan Raya Terusan Cipatik Km. 7 Desa Gajah Mekar Kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung. Untuk mencapai lokasi ini kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika dari arah Kota Bandung kamu bisa menyusuri jalan raya Kopo Sayati, meneruskan perjalanan menuju Soreang lalu kembali berjalan hingga melewati Stadion Si Jalak Harupat dan lurus terus hingga menemukan Desa Gajah Mekar.

Selain menyusuri dan melewati Soreang, kamu juga bisa memotong jalan dan menggunakan jalan alternatif dengan melewati kawasan perumahan Taman Kopo Indah. Dari Taman Kopo Indah ini lurus terus hingga menemukan daerah Pameuntasan dan kembali berjalan menuju Desa Gajah Mekar.

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Jembatan Gantung Gajah Eretan ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disini : http://goo.gl/6vhann

Tiket Masuk Jembatan Gantung Gajah Eretan

Tak ada tiket khusus untuk bisa berfoto diatas jembatan gantung yang unik ini karena jembatan ini adalah tempat umum yang siapa saja bisa berjalan diatasnya. Hanya butuh modal bensin dan tenaga saja untuk datang ke tempat ini.

Nahh guys itu dia sedikit share mengenai jembatan gantung yang berada di kawasan Kabupaten Bandung. Gimana tertarik untuk datang kesana? Ayoo ber-traveling mumpung masih muda!

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: