Bukit Tunggul (Wisata Alam Mirip Dunia Alice in Wonderland)

Banyak tempat wisata alam yang unik dan menarik di Bandung untuk kita kunjungi. Kebanyakan tempat yang dikunjungi tersebut adalah karena tempatnya yang indah, murah dan dekat hingga karena mirip dengan tempat yang ada di film. Sebut saja Situ Patengan atau Kawah Putih yang sering dijadikan lokasi syuting film sinetron, FTV atau film layar lebar.

Ngomong-ngomong tentang film, di kawasan Bandung Timur ada suatu bukit yang indah dan unik. Banyak yang datang kesana dan menyebut bahwa bukit tersebut mirip dunia imajinasi yang ada di film Alice in Wonderland. Nama tempat itu adalah BUKIT TUNGGUL..

2014-11-22 12.16.49

Bukit Tunggul

Nama lengkap dari tempat ini adalah Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul. Sesuai namanya di tempat ini banyak terdapat pohon kina dan tak jauh dari tempat wisata ini juga terdapat pabrik pengolahan kina. Bukit Tunggul ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).

Di Bukit Tunggul ini tersedia beberapa wahana dan fasilitas yang bisa kita nikmati seperti wisata kebun kina, wisata outbound & camping ground, flying fox, Situ Sangkuriang, Curug Batu Sangkar, masjid, warung, toilet dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Bukit Tunggul dan Kisah Sangkuriang dalam Legenda Tangkuban Perahu

Ada sebuah cerita rakyat yang menyelimuti kawasan ini guys. Kamu tahu cerita dari Sangkuriang dan legenda Tangkuban Perahu kan? Sangkuriang adalah seorang pemuda perkasa sakti mandraguna yang mencintai ibunya sendiri. Sang Ibu tahu bahwa pemuda itu adalah anaknya yang sempat di usir saat ia masih kecil. Sang Ibu pun memberikan syarat yang sangat sulit bahkan tak mungkin untuk diwujudkan yaitu membuat danau yang besar lengkap dengan sebuah perahu dalam waktu semalam. Dengan kesaktian Sangkuriang dan dibantu oleh tentara jin ia hampir berhasil membuat danau dan perahu itu. Namun subuh pun menjelang dan ia belum selesai membuat perahu serta danaunya. Akhirnya ia marah dan menendang perahu yang dibuatnya dan kini menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

Lalu apa kaitannya Bukit Tunggul ini dengan kisah Sangkuriang? Ternyata kayu untuk membuat perahu Sangkuriang ini diambil dari pohon di kawasan Bukit Tunggul ini guys. Dan ditempat ini pula ada sebuah situ/danau kecil yang kini dijadikan sebuah DAM. Nahh danau ini dulunya digunakan Sangkuriang untuk mencuci tangan serta kayu yang ditebangnya untuk dijadikan sebuah perahu sebagai syarat untuk menikahi wanita cantik yang tak lain dan bukan adalah ibunya sendiri. Dengan adanya Legenda tersebut maka situ ini dinamakan Situ Sangkuriang.

2014-11-22 12.53.33

Bukit Tunggul, Taman Alam Mirip Dunia Alice in Wonderland

Nahh, itu dia legenda yang menyelimuti keberadaan Bukit Tunggul yang indah ini. Selain terdapat cerita legenda, Bukit Tunggul ini sangat indah dan jika diperhatikan mirip dengan dunia ajaib yang ada di film Alice in Wonderland. Alice adalah seorang gadis kecil yang tersesat di dunia ajaib dimana ia bertemu dengan hewan yang bisa berbicara dan keajaiban lainnya. Dunia Alice in Wonderland pun digambarkan sebagai alam yang indah, penuh warna-warni, banyak bunga-bunya dan ada sungai kecil yang jernih airnya dan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan asri.

Kurang lebih kaya gini nih penggambaran dari dunia Alice in Wonderland yang di memein dengan foto saya saat di Bukit Tunggul. Hihii.. 😀

PhotoGrid_1416780253998

Gimana indah banget kan? Seindah apapun tetap saja itu adalah dunia khayalan dan imajinasi. Ternyata di Bukit Tunggul ini juga terdapat taman alam yang indah guys. Memang tak seindah dunia Alice in Wonderland, tapi itu lebih baik karena memang benar-benar nyata dan bisa kita tapaki dengan kaki kita sendiri.

2014-11-22 12.02.47

2014-11-22 12.03.12

Gimana? Bagus dan wonderful banget kan? Subhanallah..

Tak hanya satu tempat saja untuk dijadikan lokasi berfoto, di Bukit Tunggul ini banyak spot-spot unik buat berfoto agar kekinian. Hihii.. 😀

2014-11-22 11.45.26

2014-11-22 12.33.24

Lokasi/Alamat Bukit Tunggul

Bukit Tunggul ini berada di belakang Maribaya. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalan menuju Bukit Tunggul ini juga lumayan baik. Tapi setelah hampir sampai dan menuju kawasan PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) jalanan akan semakin rusak dan berbatu. Butuh kehati-hatian ekstra dalam berkendara agar tidak terjatuh bagi yang membawa motor.

Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses dengan dua rute. Rute melewati Lembang dan Ujung Berung. Dan ini sedikit rute singkat menuju lokasi tersebut.

1. Arah Kota Bandung : Kota BandungLedengLembang (melewati Alun-alun Lembang, melewati D’Ranch, melewati Kebun Begonia) – Maribaya (melewati pintu masuk Taman Hutan Raya Juanda/Curug Maribaya) – CibodasKawasan PTPN VIIIBukit Tunggul.

Jika melewati arah Lembang jalanan cenderung lancar, jalan lebar dan besar, akses jalan cukup baik, tak terlalu menanjak namun akan lebih jauh, memutar dan lama.

2. Arah Ujung Berung : Kota BandungJembatan PasopatiCicaheum (melewati Terminal Cicaheum) – Ujung BerungPasir WangiDesa CilengkrangKawasan PTPN VIIIBukit Tunggul.

Jika melewati arah Ujung Berung jalanan cukup padat dan macet, jalanan memasuki area pedesaan yang jalannya tak terlalu lebar dan besar, akses jalan baik namun menanjak, tak terlalu jauh dan memutar jika dibandingkan dari arah Lembang namun akan sedikit sulit bagi yang tahu jalan Ujung Berung untuk menemukan persimpangan-persimpangan menuju desa yang dituju.

Harga Tiket Masuk Bukit Tunggul

Untuk masuk ke kawasan Bukit Tunggul yang dikelola oleh PTPN VIII ini cukup murah dan terjangkau yaitu hanya 5rb/orang (harga sewaktu-waktu dapat berubah). Gimana murah meriah kan guys? Berminat untuk datang kesana?

Nahh guys itu dia sedikit share mengenai Bukit Tunggul yang mirip dunia Alice in Wonderland. Mau jalan-jalan kesana? Yuk ajak teman biar seru dan jangan lupa untuk upload foto di Path atau Instagram agar kekinian. Tetap sehat agar bisa jalan-jalan terus guys!

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

7 thoughts on “Bukit Tunggul (Wisata Alam Mirip Dunia Alice in Wonderland)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: