Situs Batu Kerajaan Kendan Nagreg Kab. Bandung (Wisata Sejarah & Wisata Bumi)

Bukan rahasia umum lagi jika Bandung dan sekitarnya menyimpan banyak potensi wisata. Baik itu wisata alam, wisata bumi, wisata budaya hingga wisata sejarah. Yang datang berkunjung pun beragam-ragam tujuannya. Ada yang sengaja menikmati keindahan alamnya, menyelami sisa sejarah yang masih tersisa, merasakan dan melihat budaya serta kearifan lokal yang ada hingga hanya berfoto atau bergaya narsis dan di uploadnya di sosial media seperti Instagram atau Path agar kekinian.

Akhir-akhir ini di Instagram lagi booming dan ngehits orang berfoto di Stone Garden Padalarang yaitu tempat dengan banyak batu-batu dan berlokasi diatas gunung. Rasanya bagi beberapa orang belumlah kekinian jika belum mampir dan berfoto disana. Hihii..

Buat kamu yang sudah mampir ke Stone Garden Padalarang Kab. Bandung dan ingin mencari tempat yang hampir mirip dan keren juga buat di upload di sosial media, Bandung ternyata masih punya tempat lainnya yang ga kalah keren nih guys. Namanya adalah SITUS BATU KERAJAAN KENDAN..

Kendan_002

Situs Batu Kerajaan Kendan

Nama Kendan berasal dari kata Kenan yang memiliki makna sejenis batu cadas, berongga dan didalamnya mengandung kaca yang berwarna hitam. Batuan ini jika dilihat mirip batu onyx yang sering digunakan untuk mata cincin dan dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Batu ini juga akan tampak kemilauan saat tersorot oleh sinar matahari. Memiliki permukaan yang sangat kasar dan tajam.

Situs ini merupakan lahan gunung batu cadas, yang diduga menjadi kawasan kekuasaan Kerajaan Kendan atau Kerajaan Kelang. Kerajaan ini didirikan oleh Resiguru Manikmaya sekitar tahun 536 Masehi. Dari kerajaan ini kemudian berkembang menjadi sebuah kerajaan besar bernama Galuh, manakala kekuasaan kerajaan Kendan dipegang oleh Prabu Wretikandayun pada tahun 612 Masehi.

Menurut versi lain, nama Kendan berasal dari kata kanda yang mendapat akhiran -an, yaitu sebuah sistem religi tradisonal yang menganut paham monoteisme (hyang tunggal) yang dikembangkan oleh Praburesiguru Manikmaya pada abad ke-6 sebagai norma kehidupan beragama jauh sebelum Islam masuk ke Tatar Sunda sekitar abad ke 16. Salah satu kegiatan ritual keagamaannya berbentuk pasaduan yang dilakukan di seputar kabuyutan. Dan di dalam kabuyutan tersebut biasanya ditandai dengan bangunan punden berundak.(Dikutip dari Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Kab. Bandung).

Gimana, tempat ini pernuh sejarah kan guys? Tak hanya tempatnya yang kaya akan sejarah. Tempat ini juga cocok buat dijadikan tempat fotografi atau pre wedding kamu nih. Hihii..

Kendan_001

Letak Situs Batu Kerajaan Kendan ini cukup luas dan bila dilihat menyerupai gunung kecil yang ditutupi oleh pepohonan yang cukup tinggi. Jadi kamu tak perlu kehabisan spot untuk berfoto. Jadi jangan berfoto di satu lokasi saja guys, cukup jalan kaki untuk mencapai lokasi yang ada di sebelahnya dan jangan lupa nanti di upload di Instagram atau Path agar kekinian. Hahaa.. 😀

Kendan_003

Kendan_004

Lokasi/Alamat Situs Batu Kerajaan Kendan

Kendan_005

Situs Batu Kerajaan Kendan terletak di Kampung Kendan, Desa Citaman, Kecamatan Nagreg. Sayangnya saat saya berkunjung kesana tak ada plang informasi atau penunjuk jalan menuju lokasi ini dan pemerintah pun belum sepenuhnya concern untuk mengurus serta mengeksplore Situs Batu Kerajaan Kendan ini yang bila dilihat menyimpan potensi wisata yang cukup tinggi.

Selain tak ada plang informasi dan penunjuk jalan, warga sekitar yang sempat saya tanyai juga tak tahu apabila ditanya “Dimana lokasi Situs Batu Kerajaan Kendan” dan mereka lebih tahu “Galian Kendan” atau “Lio Kendan”. Yang membuat sedih dan miris adalah bahwa lokasi ini kini dijadikan sebuah tambang pembuatan batu bata dan pengerukan batu kapur. Bila hal ini terus dilakukan dan tak ada perhatian dari pemerintah maka lama kelamaan batu dari peninggalan Kerajaan Kendan ini akan habis dan anak cucu kita tak bisa melihat keindahannya lagi.

Untuk mencapai lokasi ini yang termudah adalah jalan menuju Kecamatan Nagreg. Sekitar 5 Km dari gapura “Selamat Datang” Nagreg kamu akan menjumpai sebuah Polsek Nagreg yang dekat dengan rel kereta api. Hampir menuju rel kereta api dan Polsek Nagreg ini perlambat kendaraanmu dan lihat arah kiri. Dari arah kiri ada belokan menuju Kampung/Desa Kendan. Arahkan kendaraanmu menuju belokan tersebut. Sekitar 2 Km kamu akan sampai di lokasi Situs Batu Kerajaan Kendan ini guys. Karena lokasi ini berada di sebuah perkampungan dan di pinggir jalan, kamu harus memarkirkan kendaraanmu di tempat yang aman seperti depan rumah warga atau warung dengan meminta izin terlebih dahulu.

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Situs Batu Kerajaan Kendan ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disini : http://goo.gl/6vhann

Tiket Masuk Situs Batu Kerajaan Kendan

Karena Situs Batu Kerajaan Kendan ini belum dikelola secara komersil maka saat saya berkunjung kesana belum ada tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung. Mungkin nanti beberapa waktu kedepan saat tempat ini semakin hits dan booming layaknya Tebing Keraton akan dikomersilkan dan akan lebih diperhatikan lebih lanjut oleh pemerintah juga warga sekitar. Jadi, mumpung masih gratis yuk datang ke Situs Batu Kerajaan Kendan sambil narsis berfoto dan ngeksis di sosial media. Anti mainstream juga kan tempatnya? Hahaa.. 😀

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: