Tempat Traveling

Tempat Hunting Foto Unik, Murah & Hits di Bandung

(Baca juga lanjutan “Tempat Hunting Foto Unik, Murah & Hits di Bandung (Part II)” disini : http://wp.me/p1qhmy-Ck)

Suka dunia fotografi dan hunting tempat-tempat unik yang ada di Bandung? Yaa, memang Bandung memiliki berjuta pesona yang tersimpan di dalamnya. Mulai dari wisata sejarah yang meliputi bangunan-bangunan tua, wisata alam yang keren dan memesona hingga wisata kuliner yang terus berinovasi dan tak ada habisnya.

Nahh, kali ini saya akan share beberapa tempat/lokasi yang unik, murah dan sedang hits di Bandung. Tak sedikit orang-orang berdatangan hanya untuk berfoto, mencari spot terbaik untuk di abadikan dengan kamera DSLR atau kamera HP dan tak sedikit pula yang menyelenggarakan pre-wedding di tempat tersebut. Penasaran tempat-tempat apa saja? Yuk cek satu-satu..

1. Bunker Belanda

Tak jauh dari kota Bandung terdapat sebuah bunker yang dibangun oleh bangsa Belanda saat zaman Hindia-Belanda. Bunker ini dibangun sekitar tahun 1884 pada saat Perang Dunia I. Bunker ini dibangun dan berfungsi sebagai basis pertahanan dan sebagai sarana pengintai musuh dari jarak jauh.

DSC_0447

Penasaran ingin ke Bunker Belanda? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/ZZphee

2. Benteng Belanda

Tidak ada sejarah yang menyebutkan secara jelas mengenai nama asli dari benteng ini. Benteng Belanda ini diperkirakan memiliki panjang lebih dari 1 Km lebih. Beberapa sumber menyebutkan bahwa benteng ini dibuat oleh bangsa Belanda dalam dua periode, dibangun mulai tahun 1819 dan selesai pada 1930. Benteng ini saat zaman Hindia Belanda berfungsi sebagai basis pertahanan bangsa Belanda untuk mengintai dari serangan musuh pada saat Perang Dunia I. Benteng Belanda ini kini keberadaannya sangat mengkhawatirkan karena tak terurus dan tertutup oleh tanah serta tanaman liar yang semakin tinggi.

DSC_0390

Penasaran ingin ke Benteng Belanda? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/kd7ih6

3. Rumah Elsja “Ceritas Kertas dan Pena” SARASVATI Band

Elsja adalah nama seorang hantu wanita Belanda yang kisahnya terdapat di buku berjudul Sunyaruri karya Risa Saraswati. Risa Saraswati yang memiliki band bernama Sarasvati membuat single berjudul “Cerita Kertas dan Pena” dan berduet dengan Ink (vokalis Rosemary). Setelah mereka membuat lagu tersebut, mereka akhirnya membuat video klip mereka yang diambil disalah satu rumah Belanda tua yang ada di Bandung. Rumah itu diibaratkan sebagai rumah si Elsja.

DSC_0184

Penasaran ingin ke Rumah Elsja “Ceritas Kertas dan Pena” SARASVATI Band? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/imaaTL

4. Rumah “The Hobbit”

Sebenarnya tempat ini bukan bernama rumah “The Hobbit”, melainkan hanya sebuah penginapan yang disewakan bagi para pengunjung yang ingin menginap disini. Namun, karena bentuk dari penginapan ini sangat unik dan terkesan mungil seperti rumah kurcari, maka orang-orang menyebutnya sebagai rumah kurcaci “The Hobbit”.

DSC_0283

Penasaran ingin ke Rumah “The Hobbit”? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/DMFSrM

5. Pohon “The Hobbit”

Pernah nonton film The Hobbit? Hobbit adalah kurcaci yang ada didalam kisah sekuel film The Lord of The Rings. Didalam dunia hobbit terdapat beberapa tempat ajaib, mulai dari rumah mungil khas kurcaci, hingga pepohonan kecil yang setinggi tubuh mereka. Pohon-pohon ini tak terlalu tinggi dan hampir setinggi dengan ukuran tubuh orang dewasa. Karena keunikan pohon ini maka banyak yang menyebutnya sebagai pohon “The Hobbit”.

DSC_0081

Penasaran ingin ke Pohon “The Hobbit”? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/aKLUq0

6. Puncak Gunung “Anti Mainstream”

Sebenarnya gunung ini memiliki namanya sendiri, tapi karena gunung ini tak banyak yang mendaki jadi banyak yang menyebut puncak gunung ini sebagai “Puncak Gunung Anti Mainstream”. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 1500 lebih meter diatas permukaan laut. Gunung ini tak terlalu tinggi dan bisa didaki dengan cara menanjak sekitar 0,5 jam.

DSC_0419

Penasaran ingin ke Puncak Gunung “Anti Mainstream”? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/zxifmP

7. Padang Rumput Savana Cihideung (Cihideung – Kab. Bandung Barat)

Padang rumput savana Cihideung ini sebenarnya adalah lahan kosong yang banyak ditumbuhi oleh rumput yang tinggi dan sudah sejak lama ada. Tapi karena ada beberapa orang yang sengaja datang ke tempat ini dan di unggah di sosial media seperti Path dan Instagram menjadikan tempat ini semakin ngehits.

Savana_001

IMG_20141109_073721

Penasaran ingin ke Padang Rumput Savana Cihideung? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-xn

8. Jembatan Gantung & Capple Unik The Green Forest Resort (Cihideung – Kab. Bandung Barat)

Ditempat ini terdapat wedding capple dengan bentuk yang sangat unik. Berbentuk segitia mirip sebuah tenda raksasa dan sangat menarik. Selain wedding capple yang unik. Di tempat ini juga terdapat jembatan gantung yang menggantung diatas sungai. Jika kamu berjalan diatas jembatan ini, tubuhmu akan bergoyang-goyang kesana kemari layaknya seorang penyanyi dangdut. Hahaa.. 😀

2014-12-06 12.47.13

2014-12-06 13.08.52

Penasaran ingin ke The Green Forest Resort? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-B6

9. Gunung Batu Lembang (Lembang – Kab. Bandung Barat)

Seperti namanya Gunung ini merupakan gunung dengan banyak bebatuan yang berukuran besar yang berada di puncaknya. Karena ukuran batu ditempat ini sangat besar dan banyak maka sangat sedikit sekali tumbuhan yang tumbuh di pucak gunung ini, hanya beberapa rumput dan ilalang saja yang tumbuh di puncak gunung ini. Gunung Batu ini diperkirakan terbentuk dari aliran lava karena akibat letusan dari Gunung Sunda yang meletus sekitar 510.000 tahun yang lalu.

Yang membuat gunung ini unik adalah bentuknya yang berbeda dengan gunung lain yang biasanya ditutupi oleh tanah dan banyak pepohonan. Keunikan lainnya jika kamu berada di puncak Gunung Batu ini maka kamu akan bisa melihat pemandangan gunung lain seperti Gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Parahu, dan Gunung Putri yang berada di utara dan jika kamu melihat ke arah timur maka kamu akan melihat Gunung Bukittunggul & Gunung Palasari.

Gunung Batu_001

Penasaran ingin ke Gunung Batu? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-w6

10. Balitsa Lembang (Lembang – Kab. Bandung Barat)

Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang berada di bawah koordinasi dan bertanggung jawab langsung kepada Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura.

Balitsa_001

Penasaran ingin ke Balitsa? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-vv

11. Villa Manggala Giri Lembang (Lembang – Kab. Bandung Barat)

Villa Manggala Giri ini terdapat banyak villa dengan bentuk unik yang masih disewakan. Fasilitas di tempat ini juga sangat lengkap dan terdapat masjid yang cukup besar. Villa Manggala Giri ini cocok buat acara gathering bareng teman-teman, teman kelas atau sahabat dekat kamu guys. Yang menyita perhatian saya dari tempat ini adalah satu bangunan yang belum jadi yang dibangun di kawasan Villa Manggala Giri ini. Foto yang diambil dari tempat ini terkesan unik dan sedikit vintage.

IMG-20141223-WA0046

Penasaran ingin ke Villa Manggala Giri Lembang? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-Cb

12. Jembatan Gantung “Alas Labirin Sarasvati” (Lembang – Kab. Bandung Barat)

Jembatan gantung ini adalah sebuah jembatan biasa yang melintang diatas sungai kecil dibawahnya. Jembatan gantung ini juga sempat dijadikan “pos” pada acara #AlasLabirinSarasvati yang dilaksanakan oleh @Sarasvatimusic & teh @Risa_Saraswati pada malam jumat tanggal 30 oktober 2014 yang lalu. Pada malam itu di jembatan ini disimpan pocong-pocongan yang sedang tertidur, kuntilanak yang digantung di pinggir jembatan dan sesosok hantu wanita yang duduk dan memberikan minuman pahit kepada peserta #AlasLabirinSarasvati.

DSC_0244

Penasaran ingin ke Jembatan Gantung Cikole Lembang? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-Cp

13. The Lodge (Cibodas – Kab. Bandung Barat)

The Lodge Earthbound Adventure Park adalah sebuah kawasan wisata outbound dengan atmosfir hutan pinus yang unik dan sentuhan lingkungan alam yang tertata secara asri dan alami. Jika dilihat lebih teliti tempat ini sangat mirip dengan lingkungan sekitar dari Tebing Keraton atau Cafe D’ Pakar yang memiliki konsep yang hampir sama yaitu konsep alam dengan latar hamparan hutan pinus yang hijau.

The Lodge_003

Penasaran ingin ke The Lodge? Lokasi/alamat lengkap & harga menu makanan bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-wF

14. Menara Loji

Menara jam yang oleh masyarakat sekitar sering disebut dengan nama Menara Loji dibangun sekira tahun 1800-an. Menara tersebut pada mulanya berfungsi sebagai sirene yang berbunyi pada waktu-waktu tertentu sebagai penanda kegiatan yang berlangsung di perkebunan karet milik W. A. Baud. Bangunan bergaya neo-gothic ini dulunya berbunyi tiga kali dalam sehari. Pertama, pukul 05.00 sebagai penanda untuk mulai menyadap karet; pukul 10.00 sebagai penanda untuk mengumpulkan mangkok-mangkok getah karet; dan terakhir pukul 14.00 sebagai penanda berakhirnya kegiatan produksi karet.

DSC_0677

Penasaran ingin ke Menara Loji? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/yHOon1

15. Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor

Jembatan ini pada awalnya dibangun oleh Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf, sebuah perusahaan kereta api milik Belanda pada tahun 1918. Pada masa itu jembatan ini menjadi salah satu roda penggerak perkebunan karet terbesar di Jawa Barat dan setiap pagi hari hasil bumi dari Tanjungsari dibawa melalui jembatan ini untuk dijual di Rancaekek.

DSC_0667

Penasaran ingin ke Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://goo.gl/I7uFQi

Happy wonderful traveling..

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah) Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann full cover

Iklan

43 thoughts on “Tempat Hunting Foto Unik, Murah & Hits di Bandung

  1. keren banget blog ini 🙂
    Blog yg isi nya gak pasaran dan gak copas 🙂
    salam kenal dari pengunjung langganan baru 🙂
    terus up2det yaa 😀

  2. asik tuh jalan jaln nya……….. maw tnya dong lokasi Puncak Gunung “Anti Mainstream” dmn gan ? sama wisata di sktran bndung yg murah meriah yyg ok 🙂

  3. Ka, mau nanya tempat yg bagus buat pergi bareng kawan-kawan yg ada outbound atau arung jeram atau berkuda yg dalam datu area dimana ya ka? Makasih ka😊

    1. Makasih ka atas sarannya. Tapi ini sengaja ga difilter karena saya ga bisa edit-edit foto. Lalu biar sengaja keliatan aslinya biar orang-orang ga ketipu saat datang ketempat tsb krn beda dengan yg difoto. Hehee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s