Curug Bugbrug (Hidden Paradise di Bandung Barat)

“Mungkin Bandung ini terbuat ketika Tuhan sedang tersenyum” – Pidi Baiq

Itulah mungkin sebuah kalimat untuk menggambarkan dari keindahan alam Bandung dan sekitarnya. Tak dapat dipungkiri bahwa Bandung selalu menyimpan sejuta pesona yang tersimpan di dalamnya. Tak pernah habis masalah kulineran yang terus berinovasi dan beraneka ragam, wisata alam yang ada pun terus berinovasi untuk menyesuaikan dengan zamannya agar tetap menarik hati wisatawan dan kekinian dengan perkembangan zaman saat ini.

Kota Bandung dan Kabupaten Bandung di sekitarnya menyimpan beberapa tempat wisata yang unik, baik itu wisata yang sengaja dibuat oleh tangan-tangan kreatif atau wisata alam yang sudah ada dan lahir secara alami. Ngomong-ngomong soal wisata alam ada beberapa tempat rekreasi yang murah dan menjadi primadona di sekitaran Bandung yaitu curug/air terjunnya. Alamnya yang sangat asri dan ditambah dengan keindahan air terjunnya menambah daya tarik tersendiri, sebut saja Curug Malela atau Curug Cimahi yang menjadi primadona air terjun di Bandung saat ini. Namun tahukah kamu bila ada curug/air terjun yang masih sangat alami, sejuk, airnya jernih dan sangat indah pemandangan alamnya. Tak salah banyak yang menyebut tempat ini adalah hidden paradise di Kabupaten Bandung Barat, nama tempat itu adalah CURUG BUGBRUG..

Curug Bugbrug

Gimana bagus kan viewnya? Coba perhatikan deh air yang ada di bawah curugnya sangat jernih dan bersih guys. Penasaran pengen kesana? Tenang akan saya jelaskan di bawah ini..

Curug Bugbrug Parompong Kabupaten Bandung Barat

Kata bugbrug adalah kata bahasa sunda yang berarti bertumpuk atau saling bertumpang tindih. Curug ini dinamai Curug Bugbrug adalah karena saat jatuh seperti bertumpuk-tumpuk atau ngabugbrug dalam bahasa sunda. Di bawah curug ini terdapat kolam besar sebagai tempat penampungan air curug dengan airnya yang jernih dan sangat dingin dengan kedalaman 3 meter. Curug Bugbrug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Saat musim penghujan lebar dari Curug Bugbrug ini akan bertambah dan dengan arusnya yang semakin deras.

Curug Bugbrug ini memang tidak terlalu tinggi seperti Curug Cimahi dan tak terlalu besar/lebar seperti Curug Malela, namun Curug Bugbrug ini memiliki keistimewaan yaitu airnya yang sangat jernih, pemandangan perbukitan sekitar yang hijau dan tebing gunung dari curug ini sangat unik.

Bila diperhatikan tebing dari curug ini seperti memiliki pola yang sangat unik karena terbuat dari aliran lava panas yang keluar dari gunung berapi purba yang telah meletus jutaan tahun yang lalu dan kini membentuk gunung mati yang menjadi tempat aliran dari Curug Bugbrug ini. Dan karena keindahan alam yang dimiliki oleh Curug Bugbrug ini maka mereka yang datang menyebutnya adalah sebagai hidden paradise di Bandung Barat.

Tak percaya Curug Bugbrug ini sangat indah, airnya jernih dan pemandangan alamnya sangat hijau? Kamu bisa lihat foto saya saat berkunjung ke tempat ini guys. (Semoga semakin membuatmu iri dan ingin pergi kesana. Hihii..)

Curug Bugbrug_002

Curug Bugbrug_007

Curug Bugbrug_008

Coba perhatikan deh tekstur dari tebing yang menjadi latar dari Curug Bugbrug ini sangat hijau dan unik bentuknya guys..

Curug Bugbrug_008

Dan lihatlah betapa jernihnya air di kolam Curug Bugbrug ini. Rasanya ingin mandi dan berendam disini, namun airnya super dingin, Hihii..

Curug Bugbrug_004

Gimana keren kan viewnya? Semoga air disana akan tetap bersih sampai kapanpun dan ga akan berubah jadi warna coklat atau terkena limbah yaa. Aaamiiin..

Lokasi/Alamat Curug Bugbrug

Curug Bugbrug ini terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. Lokasi curug ini terletak antara CIC (Ciwangun Indah Camp) dan Curug Cimahi yang berdekatan dengan Terminal Cisarua. Kamu dapat menemukan Curug Bugbrug ini pada peta dan koordinat GPS: 6°47’31″S 107°34’48″E.

Curug Bugbrug ini belum memiliki plang nama/plang “Selamat Datang”, yang ada hanyalah pintu gerbang biasa yang tak terlihat seperti pintu masuk sebuah tempat wisata. Namun untuk menuju Curug Bugbrug ini dapat ditempuh dari Terminal Ledeng melaju ke arah Parongpong, melewati Universitas Advent lalu menuju CIC (Ciwangun Indah Camp) tapi sebelum Curug Cimahi, tepat di depan CIC ada sebuah jembatan dan terdapat gerbang besi berwarna hitam.

Setelah melihat pintu gerbang dari CIC (Ciwangun Indah Camp) maka arahkan dan parkirkan kendaraan di depan gerbang Curug Bugbrug berwarna hitam.

Setelah menemukan pintu gerbang tersebut silakan cari tempat parkir yang nyaman dan jangan lupa di kunci ganda untuk menjaga keamanan kendaraanmu. Lokasi Curug Bugbrug harus kamu tempuh dengan berjalan kaki sekitar 500 meter. Tenang saja jaraknya tak terlalu jauh dan pemandangan alam sekitar yang indah menjadi penyemangat dalam setiap derap langkahmu.

Yang membuat unik dari tempat ini adalah pemandangan alamnya yang sangat indah, dan tebing-tebing gunung di sekitar pun sangat indah, tebing-tebing itu terbuat dari aliran lava panas gunung berapi purba lohh guys. Tak percaya? Silakan lihat foto dibawah ini dan perhatikan deh tekstur dari batuannya..

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Curug Bugbrug ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disini : http://goo.gl/6vhann

Dan ini adalah pemandangan alam yang sangat indah dan hijau menuju Curug Bugbrug, di samping kanan dan kiri terdapat kebun dari selada air dan sayuran lainnya serta aliran sungai kecil yang airnya sangat jernih.

Curug Bugbrug_006

2014-10-01 11.28.56

Dan sebelum pulang berfoto dulu di bawah pohon “terompet” yang unik. Hahaa.. 😀

Curug Bugbrug_009

Gimana indah bukan? Tak salah memang ini Curug Bugbrug disebut sebagai hidden paradise..

Tiket Masuk Curug Bugbrug

Untuk masuk ke lokasi Curug Bugbrug ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 7500 rupiah saja dan uang parkir 2rb rupiah untuk motor dan 5rb rupiah untuk mobil. Sangat murah meriah kan guys?.

Fasilitas dan Akomodasi Curug Bugbrug

Di sekitar curug, terutama di sisi barat terdapat beberapa saung atau pendopo yang bisa kamu pakai dan manfaatkan untuk bersantai dan menikmati panorama curug dari arah atas. Sebuah mushala dan WC sederhana juga berdiri di sana.

Yang unik lainnya dari curug ini adalah terdapat batu kali besar yang merupakan hasil dari letusan gunung berapi yang membuat lingkungan dari Curug Bugbrug ini (terlihat dari jenis batuannya dan bentuknya yang terlihat seperti lava yang mengering). Batu-batu ini bisa untuk tempat berdiri dan spot yang unik untuk mendapatkan hasil foto terbaik.

Di tengah Curug Bugbrug ini terdapat tali putih yang membentang sebagai pertanda kedalaman dari kolam besar Curug Bugbrug ini.

Nahh itu dia kisah saya saat berkunjung kesana. Gimana tertarik untuk datang kesana? Siapkan perlengkapan terbaikmu saat menuju kesana, tetap jaga alam yang ada dan jangan mengotori alam disana agar alam pun tetap ramah kepada kita guys..

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

3 thoughts on “Curug Bugbrug (Hidden Paradise di Bandung Barat)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: