Tempat Traveling

Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan Kab. Bandung (Tempat Wisata Unik di Pangalengan Part I)

Pernah berkunjung ke Pangalengan Kab. Bandung? Itu lohh nama daerah di Kab. Bandung Selatan yang terkenal dengan wisata alam kebun tehnya yang luas dan terkenal sebagai penghasil susu terbaik di Bandung.

Kini Pangalengan seperti memiliki magnet wisata baru yang mampu membawa wisatawan untuk datang ke tempat ini khususnya bagi mereka pecinta fotografi dan berburu tempat unik dan tak biasa. Dengan spot yang unik dan dibantu dengan pencahayaan serta kualitas kamera yang baik menjadikan foto yang diambil menjadi sempurna. Dan nama tempat yang unik di Pangalengan itu adalah JEMBATAN CINTA..

Jembatan Cinta

Jembatan Cinta Situ Cileunca

Jembatan ini di bangun oleh pemerintah desa secara swakelola dan pada awalnya dimaksudkan untuk membantu mobilitas transportasi dan ekonomi warga. Jembatan ini dibangun diatas Situ/Danau Cileunca yang menghubungkan dua desa. Pada awalnya warga harus memutar dan mengelilingi danau bila ingin menyeberang ke desa lainnya, namun kini warga disana hanya perlu menyeberang di atas jembatan unik berwarna merah ini. Dan karena keunikan “Jembatan Cinta”, kini jembatan ini seakan beralih fungsi menjadi tempat wisata baru dan menjadi tempat untuk ber-selfie dan bernarsis ria bersama teman-teman.

Akhirnya saya pun tak ingin kalah dan ikutan berfoto dan bernarsis ria di jembatan ini. Hahaa.. πŸ˜€

Jembatan Cinta_002

Jembatan Cinta_003

Sebenarnya jembatan ini bukan bernama “Jembatan Cinta” namun warga sekitar khususnya anak muda disana menjuluki jembatan ini dengan sebutan “Jembatan Cinta”. Karena pada sore hari banyak anak muda dan pasangan yang nongkrong atau pacaran di tempat ini. Dan tak sedikit pula dari pasangan itu yang berada di antara desa yang terpisahkan oleh Situ Cileunca dan akhirnya mereka bisa bertemu di tengah-tengah danau diatas jembatan yang baru saja dibangun ini.

Mungkin dengan alasan banyaknya pasangan diantara dua desa tersebut yang dipisahkan oleh sebuah danau dan kini disatukan oleh sebuah jembatan maka jembatan ini pula disebut “Jembatan Cinta”. Romantis yaa? Hihii..

Lokasi/Alamat Jembatan Cinta Situ Cileunca

Sesuai namanya, jembatan ini dibangun diatas Situ Cileunca yang berlokasi di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan dua cara.

Cara pertama adalah dengan turun di pinggir jalan dekat palang yang bertuliskan “DAM PULO” dan bertempat sebelum gerbang utama dari Situ Cileunca. Saat melihat plang tersebut kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu disana, namun harus berhati-hati apabila tidak ada yang menjaganya. Setelah memarkirkan kendaraan kamu bisa berjalan dari pinggir jalan menuju jembatan ini sekitar 100 meter.

Cara kedua adalah dengan turun di kawasan/wana wisata Situ Cileunca. Dari sana kamu bisa menyewa sebuah perahu untuk sampai di lokasi ini.

Saya menyarankan untuk turun di kawasan/wana wisata Situ Cileunca sambil menikmati keindahan situ/danau yang luas ini dan sambil naik perahu menuju lokasi dari “Jembatan Cinta” atau menikmati kulineran yang tersedia disana. Sayang banget kan berkunjung ke Situ Cileunca tapi tidak meng-eksplore Situ Cileunca ini? Hihii..

Cerita lengkap, alamat serta rute dari Jembatan Cinta Situ Cileunca ini bisa langsung dibaca di buku “Jarambah Bandung”, linknya ada disiniΒ : http://goo.gl/6vhann

Nahh gimana tertarik untuk berkunjung ke Situ Cileunca dan bernarsis di atas “Jembatan Cinta” ini? Jangan lupa juga guys untuk meng-uploadnya di sosial media milikmu agar kekinian. Hahaa.. πŸ˜€

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

SEGERA TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku β€œJarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500 dan launching 28 februari 2015.

full cover

Iklan

10 thoughts on “Jembatan Cinta Situ Cileunca Pangalengan Kab. Bandung (Tempat Wisata Unik di Pangalengan Part I)

    1. Klo mau pake motor langsung ke jembatannya sy sndr kurang tahu jalannya masuk ke desa apa. Tp yg paling dekat adalah sblm pintu gerbang Situ Cileunca ada plang bertuliskan “Dam Pulo”. Bisa turun dsana dan jalan kaki sedikit kang.

    1. Sy dtg ksana pas hr minggu tp saat itu masih belum banyak yg tahu dan belum ramai. Klo skrg2 sy sarankan weekdays pagi hari sblm jam 11. Krn klo sudah siang atau sore pasti bnyk lalu lalang kendaraan motor dan yg berfoto jg πŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s