Cafe D’Pakar (Cafe Alam Romantis Berlatar Tahura Dago)

Date visited : Selasa, 16 September 2014

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Bandung di juluki sebagai “Kota Kuliner” yang menyajikan sajian kuliner yang unik, kreatif dan banyak variasi. Mulai dari makanan pembuka, makanan inti hingga makanan penutup untuk “pencuci mulut”. Tak hanya varian dan jenis makanannya saja yang berbeda dan unik, tempat atau dekorasi cafe pun di sulap unik dan kreatif agar para tamu khususnya pecinta kuliner tak bosan saat makan disana dan sambil memanjakan mereka bagi yang pecinta foto.

Ngomong-ngomong soal kulineran, kemarin saya sempat berkunjung ke salah satu cafe yang unik dan menarik. Yang membuatnya unik adalah dekorasi dan viewnya yang tak biasa, biasanya cafe yang digemari adalah dengan pemandangan “citylight” atau pemandangan lampu kota yang cantik bagaikan bintang di malam hari.

Namun, cafe yang saya jumpai kemarin adalah berlatar hutan pinus yang jika dilihat bagaikan hamparan permadani hijau, dan saat saya lihat dan perhatikan kembali pemandangan itu sangatlah mirip dengan Tebing Keraton. Tau kan Tebing Keraton? Itu lohh tebing gunung yang sedang hits dan booming di Bandung dengan pemandangan hijau layaknya sebuah permadani dari Tahura (Taman Hutan Raya) Dago. Dan nama cafe ini adalah CAFE D’ PAKAR..

Tak percaya cafe ini berlatar Tahura mirip Tebing Keraton? Coba deh lihat foto saya dibawah ini saat berkunjung kesana kemarin. Hihii.. 😀

Cafe D'Pakar

Gimana viewnya mirip kan sama Tebing Keraton?

Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar (baca Cafe di Pakar, bukan Cafe Dago Pakar), seperti namanya Cafe ini memang terletak di Dago Pakar yang dekat sekali dengan Tahura (Taman Hutan Raya) Dago. Yang membuat cafe ini unik adalah nuansa alamnya yang sangat kental. Selain menyajikan pemandangan yang indah cafe ini juga sangat sejuk, di sekeliling cafe ini juga terdapat kebun dan taman hijau yang ditumbuhi beberapa tamanan yang unik dan berwarna-warnai, hingga air di toiletnya yang dingin layaknya di pegunungan.

Saat saya mewawancari seorang narasumber yang sekaligus owner dari cafe ini, ia berkata bahwa cafe ini belumlah jadi sepenuhnya dan masih tahap rekontruksi dan cafe ini baru beroperasi sekitar 2 bulanan. Meskipun keadaan cafe yang belum jadi tapi cafe ini sudah cukup lengkap dan unik serta mampu membawa pengunjung yang banyak setiap harinya. Kebanyakan dari mereka adalah para penggemar atau hobi fotografi yang mencari spot atau lokasi unik untuk dijadikan objek foto, tak sedikit pula dari mereka yang hanya makan atau minum dan menikmati suasana alam terbuka di cafe yang unik ini.

Dan tak hanya pemandangan yang unik, bentuk utama dari cafe ini juga sangat unik. Coba deh perhatikan foto dari bangunan cafe ini, mirip sama bangunan apa hayoo?

Cafe D'Pakar_002

Gimana sudah tau bangunan apa foto di atas? Yapp, betul bangunan itu adalah rumah joglo atau rumah khas adat Jawa Tengah. Saya juga sempat penasaran kenapa bangunan utama cafe ini berbentuk rumah adat joglo, saya pikir owner dari cafe ini asli orang Jogja.

Dan saat saya kembali wawancara kepada pemilik cafe ini ternyata dia dari Bogor, namun ada yang menawarinya sebuah rumah joglo yang akan di jual dan kemudian ia beli lalu bongkar dan kemudian di pasang di lokasi Cafe D’Pakar saat ini. Kreatif bukan guys? Bagi pecinta interior rumah mungkin tempat ini sangat unik, di Bandung yang mayoritas beradat sunda berdiri sebuah bangunan rumah adat jawa dan semua bahan bangunan juga asli dari kayu jati yang terkenal sangat kokoh serta dipercantik dengan hiasan lampu kuno khas zaman dulu yang mempercantik keindahan dari cafe ini. Gimana guys tertarik untuk datang kesana? Atau mungkin mendapat ide dan tertarik membuat cafe yang unik dengan rumah adat lainnya? Hihii.. 😀

Fasilitas Cafe D’Pakar

Fasilitas yang ditawarkan oleh cafe ini juga terbilang unik dan lengkap guys. Kita cek satu-satu yaa..

Pertama adalah fasilitas cafe indoor yang disediakan untuk kamu yang tak ingin duduk dibawah sinar matahari langsung, cafe indoor ini juga unik karena meja dan kursinya terbuat dari kayu jati yang besar dan cocok dipakai group/kelompok.

Cafe D'Pakar_003

Untuk yang tak suka dengan suasana indoor kamu harus coba makan di cafe outdoor yang sangat unik dengan nuansa alam dan pemandangan dari Tahura Dago guys. Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu selfie pake tongsis dan meng-uuploadnya di sosial media milik kamu. Dijamin kekinian banget. Hahaa..

Cafe D'Pakar_004

Dan tak hanya satu meja dengan satu lokasi saja, namun cafe ini juga menyediakan cafe outdoor tematik dengan berbagai lokasi yang berbeda dan unik. Tempat duduk ini bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan namun jika kosong dan belum terisi oleh orang lain yaa.

Cafe outdoor ini juga sangat cocok untuk kamu yang butuh keheningan atau suasana baru khususnya yang lagi cari inspirasi, ngerjain tugas atau skripsi. Atau mungkin pengen nembak seseorang di tempat yang romantis atau bawa pacar ke tempat yang romantis dan unik? Bisa banget dan sangat pas untuk dateng kesini!.

Cafe outdoor tematik yang berbeda itu kaya gini nih guys contohnya. Kamu mau pilih dan duduk dimana?

Cafe D'Pakar_005

Cafe D'Pakar_006

Cafe D'Pakar_007

Fasilitas lainnya yang disedikana oleh cafe ini adalah wastafel untuk cuci tangan, toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan serta mushola untuk kamu shalat guys..

Harga Menu Makanan dan Minuman Cafe D’Pakar

Harga yang ditawarkan untuk setiap makanan dan minuman di tempat ini juga terbilang murah dan pas untuk kantong siswa sekolah atau mahasiswa dan sebanding dengan view yang disajikan di tempat ini. Daripada saya nulis menu dan harganya mending saya foto aja deh daftar harga dari cafe ini yaa guys (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

Daftar Menu

Gimana murah kan daftar menu makanan dan minuman yang disajikan oleh cafe yang unik ini? Nahh, untuk kamu bisa duduk dan menikmati semua keindahan pemandangan dari cafe ini kamu harus order minimal 25rb/orang untuk makanan dan minuman yang kamu pilih (harga minimal order sewaktu-waktu dapat berubah).

Saya saat berkunjung kesana dengan 2 orang teman saya yang lain memesan makanan dan minuman yang hampir sama dan kami hanya membayar 26rb/orang saja, murah kan guys?

Eating..

Jam Buka Cafe D’Pakar

Cafe D’Pakar ini buka dari hari selasa-minggu, jadi untuk kamu yang ingin pergi kesini jangan datang hari senin yaa karena toko ini tutup alias libur.

Cafe D’Pakar ini buka dari jam 11.00 siang sampai jam 18.30 maghrib. Alasan utama cafe ini tutup saat malam hari adalah karena tak ada lampu penerangan yang menerangi taman di cafe ini. Berbeda dengan cafe yang pemandangannya citylight dan bisa kunjungi saat malam hari. Ini kan pemandangannya hutan, jadi gelap gulita dong kalau malam hari. Iyaa kan? Hahaa.. 😀

Disarankan agar datang ke cafe ini pada sore hari yaitu sekitar jam 15.00 WIB hingga terbenamnya matahari, karena pada waktu ini adalah momen terbaik dan tak terlalu panas sambil menunggu sunset yang keren.

Sedikit tambahan, cafe ini juga melayani untuk acara pre-wedding atau acara ultah lohh guys. Untuk harga pre-wedding kamu harus menyewa beberapa kavling/spot yang ada disana, mungkin sekitar 500rb kebawah. Viewnya yang keren akan menjadikan momen pre-wedding kamu semakin berarti dan tentunya kekinian. Hihii..

Pemandangan Cafe D’Pakar Berlatar Tahura

Sudah kenyang makan atau ngemil di cafe unik ini? Atau bosan duduk-duduk dan ngobrol bersama teman atau pacar kamu? Nampaknya kamu harus coba berkeliling cafe ini dan mecari spot terbaik untuk berfoto dan langsung meng-updatenya di sosial media millikmu agar lebih kekinian dan ngehits. Hahaa.. 😀

Ada beberapa spot yang menarik untuk dijadikan objek foto di cafe ini, yang paling utama adalah view dari Tahura Dago yang hijau dan keren banget guys. Coba deh bandingin sama foto kamu di Tebing Keraton, hampir mirip lohh!. Dan tak hanya view dari Tahura saja yang unik, di beberapa sudut dari cafe ini juga cocok untuk dijadikan objek berfoto.

Cafe D'Pakar_006

Cafe D'Pakar_007

Cafe D'Pakar_008

Lokasi/Alamat Cafe D’Pakar

Lokasi atau alamat dari cafe ini terletak di Desa Ciburial. Bagi kamu yang ingin kesini nampaknya agak sedikit sulit menemukan dimana cafe ini berdiri karena cafe ini tak memiliki plang nama cafe, tak memiliki akun sosial media seperti twitter, facebook atau instagram. Bukan karena tak ingin laris manis. Namun pemilik cafe ini belum siap jika cafe ini dibanjiri pengunjung, ia harus lebih ekstra dalam menjamu tamu dengan semaksimal mungkin, pegawai yang harus lebih gesit, menu makanan dan minuman yang harus lebih beragam hingga perawatan yang lebih untuk merawat kebun-kebun yang indah sebagai pemanis dari cafe ini, terlebih lagi cafe ini belum sepenuhnya jadi dan selesai.

Mungkin jika semua sudah siap barulah cafe ini akan lebih eksis dan promosi secara luas. Dan saat saya bertanya kepada owner cafe ini, yang datang kebanyakan adalah mereka yang hendak berkunjung ke Tebing Keraton atau mereka yang tahu dari temannya lewat mulut ke mulut atau dari foto yang di upload di sosial media.

Tak usah khawatir tak menemukan cafe yang unik dan keren ini. Kamu hanya perlu tahu saja rute ke arah Tebing Keraton karena cafe ini berada sejalur dan sebelum Tebing Keraton. Patokan yang paling mudah adalah sebelum Tebing Keraton kamu akan melewati hutan pinus di pinggir jalan dengan jalanan yang sedikit menanjak. Cafe D’Pakar ini terletak tak jauh dari hutan pinus itu dan berada di sebelah kiri sebelum turunan. Namun jika kamu kebingungan jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar jalan menuju Tebing Keraton, beberapa dari mereka juga sudah mengetahui akan keberadaan dari Cafe D’Pakar ini guys.

Nahh cukup sekian dulu deh review di salah satu tempat makan/cafe yang unik, murah dan hits di Bandung kali ini guys.

Selamat berkuliner dan happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

30 thoughts on “Cafe D’Pakar (Cafe Alam Romantis Berlatar Tahura Dago)

Add yours

    1. Klo untuk prawed sy kurang tau nih harganya berapa. Kata pemiliknya sih harus sewa beberapa spot tempat. Mungkin sekitar 300rb keatas.
      Klo utk arah lokasinya sblm Tebing Keraton, setelah melewati kawasan hutan pinus dan sebelum turunan ka

      1. Warung bandrek itu yg depan Tebing Keraton bukan ka? Sy blum pernah ke Warung Bandrek nih. Hehee..
        Patokan yg paling gampang sih hutan pinus itu ka. Klo udah lewatin hutan pinus liat arah sebelah kiri, ada gerbang rumah warna putih yg cukup lebar ka 😉

  1. iya, deket tebing keraton…
    hutan pinus sih tau jalanan sepi bgt, hehehe
    okey deh cukup recomen juga sih tempatnya, mudah2an ga salah masuk rumah orang ya..
    hehehe

    tks ya infonya… 😉

  2. wiihh,, gan bisa tambah info2 cafe baru di bdg terutama yg blm booming,, selain nyobain tempat baru, ane juga sekalian nawarin kopi,,hee,,soalnya ane kerja di supplier kopi khusus hotel resto cafe,,

  3. aduh liat SE-ISI blog kaka makin pengen di ajak travel, aku hobby bgt but blm ketemu tmn yg cocok dan jarang ada waktu jg karna msh kerja dan kuliah. aaaah bikin envyyy u,u ka bisa liat ig aku baru sedikit tempat unik yg aku datangi u,u ig : Lalilulelaaay

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: