Tempat Traveling

Curug Malela Cicadas Kab. Bandung Barat (Little Niagara Van Java)

“Tempat yang jauh dan jalanan yang sulit dilalui bukan tidak mungkin untuk datangi”. Mungkin inilah sedikit kalimat yang patut untuk menggambarkan keindahan dari sebuah air terjun yang sempat saya kunjungi.

Bandung dan sekitarnya seakan tak pernah kehabisan pesona dan daya tariknya untuk orang-orang yang akan mengunjungi tempat ini, termasuk saya yang orang Bandung semakin mencintai kota ini dengan segala keindahan dan kekurangannya yang ada. Bandung dan kabupaten-kabupaten di sekitarnya menyimpan pesona wisata alam yang sangat menjanjikan dan tak kalah dengan tempat wisata di tempat lain.

Kamu pecinta alam dan suka berpetualang ke alam terbuka? Atau mungkin kamu hobby foto-foto ditempat yang unik dan keren viewnya? Nampaknya kamu harus datang ke tempat ini, mereka menyebutnya CURUG MALELA/AIR TERJUN MALELA (Little Niagara Van Java).

Curug Malela

Curug Malela/Air Terjun Malela

Curug Malela/Air Terjun Malela adalah merupakan sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kab. Bandung Barat. Curug (bahasa sunda dari air terjun) ini adalah merupakan air terjun tertinggi dan sekaligus terbesar di Bandung. Curug Malela merupakan air terjuan paling atas dari rangkaian tujuah air terjun sepanjang 1 Km. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, curug Palisir dan terakhir Curug Pameungpeuk. Semua curug ini terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Hulu sungai pada air terjun ini berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati berjuta-juta tahun lalu dan mengalir melalui Sungai Cidadap–Gununghalu. Ketinggian air terjun ini berkisar 60-70 meter, dengan lima jalur air terjun yang letaknya tak terlalu jauh.

Untuk kamu yang hobi dengan fotografi dan suka mengupload fotonya di sosial media nampaknya harus coba datang ke tempat yang keren dan wonderful ini. Tak percaya air terjun ini sangat wonderful? Lihat saja foto di bawah ini guys..

Curug Malela_002

Gimana bagus kan viewnya? Tak salah memang, karena keindahannya dan terbilang tinggi serta lebar maka banyak orang yang menyebutnya curug ini adalah “Little Niagara Van Java”, memang tak sebesar Niagara yang ada di Ontario Kanada tapi curug ini sudah bisa membuat kita takjub akan kebesaran Allah Swt. Subhanallah..

Lokasi/Alamat Curug Malela

Curug Malela terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi ini bisa dicapai dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi, namun saya sarankan untuk memakai kendaraan pribadi seperti motor atau mobil agar lebih nyaman dan memiliki waktu luang.

Banyak yang sudah mengetahui keberadaan curug ini, namun karena jaraknya yang jauh dan melewati beberapa desa maka banyak yang enggan atau malas datang ke tempat ini. Dengan kendaraan pribadi motor saja jika berangkat dari Kota Bandung menuju lokasi dan tak macet memerlukan waktu sekitar 3,5 jam, bisa bayangkan kan lebih lama lagi jika menggunakan kendaraan umum atau kendaraan mobil pribadi dengan jalanan yang macet? Namun, jika memang sudah berniat ke tempat ini tak ada salahnya untuk mencoba datang dan menikmati keindahannya. Tak usah khawatir dengan jalannya yang jauh, karena di perjalanan kita akan di manjakan dengan pemandangan kebun teh yang hijau dan indah untuk dipandang mata.

Saya sarankan agar pergi berangkat dari pagi hari agar tak terjebak macet atau lama di perjalanan. Jadi, saat hendak datang kesini kamu harus siap memiliki waktu bebas 7 jam, 3,5 jam perjalanan menuju lokasi dan 3,5 jam perjalanan menuju kembali pulang. Dan saya sarankan kembali agar tak terlalu sore saat bermain di Curug Malela apabila tak terlalu malam dan berkendara dalam keadaan gelap gulita, saat di perjalanan pada malam hari tak ada lampu jalan yang menerangi dan hanyalah keadaan gelap gulita dari hutan pinus dan kebun teh di sekitar kita, serta hanya ada beberapa lampu dari rumah warga yang kita lihat saat berkendara.

Akses Jalan Menuju Curug Malela

Akses jalan menuju lokasi Curug Malela dari jalan besar terbilang baik dan mulus namun jalanan yang bergelombang memaksa kita untuk lebih berhati-hati dalam berkendara. Dan saat memasuki komplek PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII) menuju lokasi Curug Malela sangatlah buruk. Jalanan beraspal yang sudah tak layak pakai menjadi kendala utama, dan keadaan jalan yang buruk ini diperparah sampai menuju lokasi Curug Malela. Mungkin jika dihitung jalanan yang paling buruk dan harus kita tempuh adalah sekitar 7 Km lebih, dan hal inilah yang membuat perjalanan terasa sangat lama karena kita harus lebih berhati-hati agar kendaraan tak rusak, kena paku atau hingga terjatuh. Lebih disarankan untuk memakai motor trail dengan jok motor yang tinggi dan dengan ban yang cocok untuk jalanan berbatu dengan medan yang sulit.

Kurang lebih seperti ini kondisi jalan yang terbilang rusak parah itu guys..

Jalanan berbatu

Jalanan berbatu ini harus kita tempuh sampai menemukan gerbang utama/portal tiketing dari Curug Malela ini..

Pos Curug Malela

Saat sampai di gerbang atau pos portal ini kita akan di tagih tiket masuk oleh petugas, dan dari sini perjalanan masih berlanjut sekitar 2,5 Km lagi dengan jalanan yang semakin rusak parah, bergelombang, banyak batu besar tanpa aspal sama sekali.

Saya berharap semoga pemerintah Kab. Bandung Barat dalam waktu dekat akan memperbaiki akses jalan yang rusak parah ini, karena Curug Malela ini sangat indah dan potensial menjadi objek wisata di Kab. Bandung Barat. Aaamiiinn..

Dan satu lagi, disarankan datang ke tempat ini saat musim kemarau atau sedang tidak turun hujan baik hari-hari sebelumnya atau saat kita datang. Kenapa? Kebayang dong jalanan yang rusak tanpa aspal, banyak batu besar, pasir yang basah seperti lumpur, becek dan tanpa ojek kita lewati apalagi pakai motor dan membonceng seseorang? Bisa-bisa kita tergelincir dan malah membahayakan diri guys..

Menuruni Anak Tangga & Fasilitas di Curug Malela

Setelah berhasil melewati jalanan yang rusak parah dari gerbang/pos portal tiketing, kita akan menemui pos 2. Disini terdapat warung yang menjual beberapa makanan seperti mie instan, kue atau gorengan serta minuman baik hangat atau dingin sesuai pilihan kita. Disarankan agar membeli perbekalan seperti makanan dan minuman disini bagi yang tak membawa bekal sama sekali, percayalah jalan menuju lokasi cukup terjal dan menguras tenaga. Kan, kita bisa beristirahat sejenak bila lelah serta makan atau minum dari bekal yang kita bawa. Eiitss, jangan lupa! JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN yaa guys!. Ingat, kita adalah manusia yang bermartabat, bermoral dan jadilan citizens yang baik. Alam akan baik kepada kita jika kita baik dan menghormati alam ini.

Di pos ini pula terdapat jamban/toilet umum yang bisa kita pakai, jika kalian ingin ke toilet maka harus di tempat ini karena saat di Curug Malela kita tak akan menemui toilet yang bisa kita gunakan, yang ada hanyalah hutan dan aliran sungai dari Curug Malela.

Kurang lebih seperti ini anak tangga yang akan kita tapaki menuju lokasi Curug Malela yang keren itu..

Anak tangga

Mungkin kira-kira dari pos 2 yang terdapat warung tadi kita harus menempuh ribuan anak tangga ini sekitar 1,5 Km. Dari atas menuju lokasi Curug Malela ini jalanannya adalah menurun jadi kita tak akan terlalu lelah, dan kita harus bersiap saat pulang dengan jalan yang menanjak. Jadi, perbekalan kamu jangan sampai dihabiskan yaa agar bisa di makan atau minum saat kita lelah dan beristirahat sejenak.

Tenang saja, pemandangan bukit yang hijau, persawahan yang berundak-undak dan indah seperti di Bali akan menemani derap langkah kaki kita. Dari kejauhan Curug Malela sudah mulai terlihat dan gemuruh airnya pun sudah kita bisa dengar guys. Pemandangan yang indah di kanan dan kiri kita bisa juga dijadiin buat selfie agar kekinian. Hihii.. 😀

Atau bagi kamu yang tak ingin kecapean karena menuruni dan menaiki anak tangga, kamu bisa menyewa ojek untuk mencapai lokasi Curug Malela dari pos 2 sebesar 25rb (bisa lebih atau kurang tergantung kita menawar). Bagi yang ingin menguji adrenalin atau olahraga tak ada salahnya untuk jalan kaki dan setapak demi setapak menjalani anak tangga ini guys.

Curug Malela_003

Dan perjalanan menuruni anak tangga yang melelahkan pun akan terbayar sudah dengan segala keindahan alam dari ciptaan-Nya ini. Subhanallah, Maha Besar Engkau Yaa Allah..

Malela Waterfalls

Curug Malela_004

Curug Malela_005

Gimana guys merasa tertantang datang ke tempat yang indah ini? Ayoo ber-adventure dan menikmati keindahan Curug Malela yang keren ini. Siapkan fisik kamu, siapkan kendaraanmu dan siapkan kamera untuk mengabadikan momen terbaikmu. Selamat berselfie dan kekinian!

Happy wonderful traveling guys..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s