Tempat Traveling

Tempat Wisata Unik, Murah dan Hits di Bandung

Kamu dari luar kota dan berencana main ke Bandung? Atau warga Bandung yang ingin pergi berakhir pekan tapi pusing ingin pergi ke tempat wisata mana? Mungkin mall bagi kamu sudah bosan dan ingin mencoba hal yang baru.

Nahh, ini saya kasih rekomendasi tempat wisata yang unik, murah dan sedang hits di Bandung. Tak perlu merogoh kocek yang dalam karena untuk masuk ke tempat wisata ini sangat murah dan terjangkau. Tempat bagus dan menyenangkan tak perlu mahal, biaya yang minim pun bisa kita tukar dengan lokasi yang dekat, pemandangan yang indah, spot yang unik untuk berfoto dan cocok untuk dipajang di sosial media milik kamu kawan. Penasaran apa aja sih tempat wisata itu? Okee, let’s check this out!

PhotoGrid_1410560355056

1. Tebing Keraton/Tebing Karaton

Seperti namanya tempat ini merupakan sebuah tebing yang curam dengan pemandangan hutan hijau khususnya Taman Hutan Raya Juanda/Dago Pakar. Di atas tebing terdapat bebatuan besar hasil buatan alam berjuta-juta tahun yang lalu. Waktu yang tepat saat berkunjung kesini adalah saat sunrise (matahari terbit) atau saat sunset (matahari tenggelam), tapi, buat kamu yang ingin datang ke tempat ini pada waktu tersebut nampaknya harus sedikit mengantre karena banyaknya orang yang kesana pada waktu tersebut untuk mengambil moment terbaik.

Yang membuatnya unik adalah jika kamu berfoto disini maka akan seperti berada di atas langit dengan dibawahnya hutan yang terlihat seperti hamparan rumput yang indah layaknya sebuah permadani hijau yang membentang.

Tebing Keraton

Risa & Ridwan

Penasaran ingin ke Tebing Keraton? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-sh

2. Stone Garden

Seperti namanya stone garden, taman ini tak dipenuhi bunga-bunga yang indah seperti mawar, tulip, bunga matahari atau bunga-bunga indah lainnya. Hamparan tanah itu diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam yang sangat keren, dan sangat cocok untuk selfie dan berfoto disini agar kekinian. Hihii

Di kawasan Stone Garden ini terdapat batu-batu yang tersusun secara acak dan unik, Batu itu mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Jika kamu beruntung, kamu akan menemukan batuan dengan cetakan karang, kerang laut, atau fosil tumbuhan laut, dahulu berjuta-juta tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan dan karena keadaan alam yang menjadikannya terangkat dan menjadi pegunungan yang indah saat ini.

Stone Garden_001

PhotoGrid_1410437976106

Penasaran ingin ke Stone Garden? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-tE

3. Hutan Pinus Bukit Moko

Bukit Moko/Moko Island adalah kawasan perbukitan diatas Kota Bandung yang terdapat hutan pinus dengan susunan yang unik dan indah. Jika dilihat dan berfoto disini dengan spot yang tepat maka mirip dengan hutan yang ada di Nami Island Korea Selatan (tempat syuting film drama Korea, Winter Sonata).

Tak hanya hutan pinus, namun di kawasan ini terdapat warung/kedai dengan pemandangan bukit hijau dan Kota Bandung yang terlihat dari atas bukit. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia fotografi. Jika malam hari maka akan terlihat pemandangan citylight yang indah dan cantik.

Bukit Moko

PhotoGrid_1409956555436

Penasaran ingin ke Bukit Moko? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-tg

4. Bukit Tunggul

Nama lengkap dari tempat ini adalah Wisata Kebun Kina Bukit Tunggul. Sesuai namanya di tempat ini banyak terdapat pohon kina dan tak jauh dari tempat wisata ini juga terdapat pabrik pengolahan kina. Bukit Tunggul ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII).

Di Bukit Tunggul ini tersedia beberapa wahana dan fasilitas yang bisa kita nikmati seperti wisata kebun kina, wisata outbound & camping ground, flying fox, Situ Sangkuriang, Curug Batu Sangkar, masjid, warung, toilet dan beberapa fasilitas umum lainnya.

2014-11-22 12.16.49

PhotoGrid_1416780253998

Penasaran ingin ke Bukit Tunggul? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-zS

5. Curug Malela

Curug Malela/Air Terjun Malela adalah merupakan sebuah air terjun yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kab. Bandung Barat. Curug (bahasa sunda dari air terjun) ini adalah merupakan air terjun tertinggi dan sekaligus terbesar di Bandung. Curug Malela merupakan air terjuan paling atas dari rangkaian tujuah air terjun sepanjang 1 Km. Urutannya adalah Curug Malela, Curug Katumiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, curug Palisir dan terakhir Curug Pameungpeuk. Semua curug ini terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Hulu sungai pada air terjun ini berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati berjuta-juta tahun lalu dan mengalir melalui Sungai Cidadap–Gununghalu. Ketinggian air terjun ini berkisar 60-70 meter, dengan lima jalur air terjun yang letaknya tak terlalu jauh.

Curug Malela

Penasaran ingin ke Curug Malela? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-ub

6. Situs Batu Kerajaan Kendan

Nama Kendan berasal dari kata Kenan yang memiliki makna sejenis batu cadas, berongga dan didalamnya mengandung kaca yang berwarna hitam. Batuan ini jika dilihat mirip batu onyx yang sering digunakan untuk mata cincin dan dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Batu ini juga akan tampak kemilauan saat tersorot oleh sinar matahari. Memiliki permukaan yang sangat kasar dan tajam.

Menurut versi lain, nama Kendan berasal dari kata kanda yang mendapat akhiran -an, yaitu sebuah sistem religi tradisonal yang menganut paham monoteisme (hyang tunggal) yang dikembangkan oleh Praburesiguru Manikmaya pada abad ke-6 sebagai norma kehidupan beragama jauh sebelum Islam masuk ke Tatar Sunda sekitar abad ke 16. Salah satu kegiatan ritual keagamaannya berbentuk pasaduan yang dilakukan di seputar kabuyutan. Dan di dalam kabuyutan tersebut biasanya ditandai dengan bangunan punden berundak.(Dikutip dari Bidang Sejarah dan Kepurbakalaan Kab. Bandung).

Kendan_002

Penasaran ingin ke Situs Batu Kerajaan Kendan? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-y2

7. Curug Cimahi/Curug Pelangi

Dulu orang mengenal tempat ini sebagai Curug Cimahi. Tapi kini tempat ini berinovasi dengan menambahkan lampu yang dipasang dibelakang air terjun sehingga pada malam hari air terjun ini akan memancarkan warna seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu layaknya pelangi yang berwarna-warni.

DSC_0188

Penasaran ingin ke Curug Cimahi/Curug Pelangi? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-Da

8. Curug Bugbrug

Curug Bugbrug ini memang tidak terlalu tinggi seperti Curug Cimahi dan tak terlalu besar/lebar seperti Curug Malela, namun Curug Bugbrug ini memiliki keistimewaan yaitu airnya yang sangat jernih, pemandangan perbukitan sekitar yang hijau dan tebing gunung dari curug ini sangat unik.

Bila diperhatikan tebing dari curug ini seperti memiliki pola yang sangat unik karena terbuat dari aliran lava panas yang keluar dari gunung berapi purba yang telah meletus jutaan tahun yang lalu dan kini membentuk gunung mati yang menjadi tempat aliran dari Curug Bugbrug ini. Dan karena keindahan alam yang dimiliki oleh Curug Bugbrug ini maka mereka yang datang menyebutnya adalah sebagai hidden paradise di Bandung Barat.

Curug Bugbrug

Penasaran ingin ke Curug Bugbrug? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-vc

9. Situ Cisanti

Situ Cisanti adalah sebuah danau yang terletak di tengah hutan eucaliptus dan situ ini terletak cukup tinggi dari permukaan laut. Banyak yang bilang bahwa Situ Cisanti bagaikan sebuah “nadi Jawa Barat” karena Situ Cisanti inilah yang menjadi hulu dari Sungai Citarum, sungai terbesar dan terlebar di Jawa Barat yang memiliki panjang sekitar 269 Km dan membelah 12 Kabaten dan kota.

Situ Cisanti

Penasaran ingin ke Situ Cisanti? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-xC

10. Kawah Rengganis

Kawah Rengganis adalah kawah alam yang terbentuk dari proses alam jutaan tahun yang lalu. Dahulu kawah ini bernama Kawah Cibuni karena terletak di daerah Cibuni, tapi karena tempat ini sudah dikelola oleh agrowisata Rancabali maka tempat ini diubah menjadi Kawah Rengganis agar lebih kece, memiliki nilai jual dan keren. Sedikit berbeda dengan saudaranya Kawah Putih Ciwidey yang memiliki kawah yang besar seperti danau dan airnya sering berubah-ubah sesuai waktu dan keadaan alam, Kawah Rengganis adalah kawah yang kecil dan banyak bebatuan besar.

Keunikan dari kawah ini adalah pemandangannya yang indah dan dikelilingi oleh hutan yang hijau, terdapat mata air belarang yang hangat dan bisa dipakai untuk mandi dan berendam, terdapat sumber lumpur hitam yang bisa dipakai untuk luluran serta uap dari belerang yang keluar dari tanah dan batu yang bisa dipakai untuk sauna alami dan sangat berkhasiat untuk perawatan dan kecantikan kulit.

Kawah Rengganis_004

Penasaran ingin ke Kawah Rengganis? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-tY

11. Pesona Nirwana Waterpark

Pesona Nirwana Waterpark adalah tempat wisata air yang unik karena waterpark ini menyuguhkan pemandangan yang tak biasa dan unik yaitu pemandangan tebing gunung yang indah. Tak hanya pemandangan yang indah dan sangat cocok untuk berfoto, namun wahana yang disediakan pun sangat beragam mulai dari kolam arus, kolam air untuk anak-anak dan balita, water slider/seluncuran hingga kolam jacuzzi/kolam air hangat yang bisa dipakai untuk merilekskan tubuh.

IMG-20140814-WA0013

Penasaran ingin ke Pesona Nirwana Waterpark? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-sN

12. Situs Gunung Puntang

Menurut cerita rakyat Pasundan, konon Prabu Siliwangi dalam masa pelariannya telah membuat sebuah kerajaan di daerah itu dan diberi nama Negara Puntang. Pada jaman pemerintahan Hindia Belanda yang berkuasa pada saat itu kawasan Gunung Puntang pernah didirikan stasiun pemancar radio Malabar yang dibangun pada 1917-1929, sampai saat ini puing-puing bekas peninggalannya masih dapat ditemui sebagai saksi sejarah.

DSC_0040

Penasaran ingin ke Situs Gunung Puntang? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-DQ

13. Curug Sadim

Curug ini sangat unik dan menarik. Pertama, curug ini terletak cukup tersembunyi di antara hamparan tanaman kebun teh milik PT. Perkebunan Nusantara VIII, jadi saat kamu berjalan menuju curug ini maka mata kamu akan dimanjakan oleh keindahan dari hijaunya kebun teh.

Kedua, curug ini airnya sangat jernih dan tebing dari penyangga curug ini memiliki bentuk batu yang unik seperti tumpukan batu yang disusun dari bawah ke atas.

Curug Sadim_001

Penasaran ingin ke Curug Sadim? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-we

14. Capolaga Adventure Camp Subang

Capolaga adventure camp merupakan salah satu objek ekowisata atau wisata alam yang berlokasi di Subang. Yang membuat tempat ini unik adalah : Pertama, terdapatnya aliran sungai Cimuja dan Sungai Cikoneng yang aliran airnya tak cukup deras namin eksotik sehingga kita bisa berfoto dan bermain di sungai tersebut. Kedua, terdapatnya tiga buah curug dengan ukuran dan keunikan yang berbeda namun dalam satu aliran air sungai Cimuja. Ketiga curug itu antara lain adalah Curug Karembong, Curug Sawer & Curug Goa Badak. Ketiga, terdapatnya goa kecil yang menyatu dengan salah satu curug, sehingga curug tersebut dinamakan Curug Goa Badak. Keempat, terdapatnya beberapa fasilitas outbound yang memanjakan para wisatawan yang memiliki jiwa petualang dan senang dengan suasana alam yang romantis.

Curug Karembong_003

Penasaran ingin ke Capolaga Adventure Camp? Lokasi/alamat lengkap & tiket masuk bisa dibaca disini : http://wp.me/p1qhmy-ww

Nahh itu dia guys rekomendasi tempat wisata unik, murah dan sedang hits di Bandung. Ayoo datang serta nikmati keindahan alamnya dan jangan lupa untuk meng-upload fotonya ke sosial media milkmu agar #Kekinian dan ngehits.

Happy wonderful traveling guys..

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book β€œJarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

30 thoughts on “Tempat Wisata Unik, Murah dan Hits di Bandung

    1. Sama-sama kang, terima kasih jg sudah berkunjung. Tapi untuk trip selanjutnya akan langsung ditulis dibuku terbaru sy yg judulnya “Jarambah Bandung”. Jika berkenan boleh dibeli nanti πŸ˜‰

  1. Wah ternyata msh byk wisata2 di bdg yg belom terjelajahi.. mksh bgt infonya.. Jadi ga bingung lagi deh klo libur mesti main kemana.. xixixi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s