Kawah Rengganis Rancabali Kab. Bandung (Pesona Kawah & Sauna Alami Mirip Onsen di Jepang)

Suka dengan traveling? Suka wisata alam atau wisata bumi? Tempat apa saja yang sudah kamu kunjungi guys? Tau kan di Bandung banyak banget tempat wisata alam buatan atau wisata bumi seperti situ/danau, hutan alami, curug/air terjun hingga kawah bekas letusan gunung api berjuta-juta tahun yang lalu.

Nahh bicara soal kawah, coba deh sebutkan kawah yang terkenal di Bandung? Pasti kamu langsung menyebut Kawah Putih Ciwidey, iyaa kan? Emang betul Kawah Putih Ciwidey adalah tujuan utama yang harus kamu kunjungi ketika main ke Bandung khususnya ke wilayah Bandung Selatan, tapi ternyata ada kawah unik dan keren selain Kawah Putih Ciwidey, letaknya yang tersembunyi menjadikan tempat ini sangat alami dan kurang terkenal dari saudaranya yaitu Kawah Putih Ciwidey.

Alhamdulillah nih saya pada hari selasa, 09 september 2014 berkesempatan mengunjungi tempat yang indah dan wonderful itu. Namanya adalah KAWAH RENGGANIS..

Kawah Rengganis_001

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis adalah kawah alam yang terbentuk dari proses alam jutaan tahun yang lalu. Dahulu kawah ini bernama Kawah Cibuni karena terletak di daerah Cibuni, tapi karena tempat ini sudah dikelola oleh agrowisata Rancabali maka tempat ini diubah menjadi Kawah Rengganis agar lebih kece, memiliki nilai jual dan keren.

Sedikit berbeda dengan saudaranya Kawah Putih Ciwidey yang memiliki kawah yang besar seperti danau dan airnya sering berubah-ubah sesuai waktu dan keadaan alam, Kawah Rengganis adalah kawah yang kecil dan banyak bebatuan besar. Dan ini dia foto saya saat berkunjung kesana.. (Harus dilampirkan foto karena takut di bilang hoax. Hahaa..)

Kawah Rengganis_002

Namun yang membuatnya sangat unik adalah Kawah Rengganis ini lebih ramah karena bau belerang tidak terlalu menyengat dan membuat pusing, di sekeliling kawah ini juga terdapat hutan dan pepohonan yang hijau tak seperti di Kawah Putih yang terlihat sedikit gersang. Keunikan lainnya adalah Kawah Rengganis dibelah oleh air sungai yang jernih dan bercampur dengan mata air panas dan airnya bisa dipakai untuk mandi air hangat, berbeda kan dengan Kawah Putih yang airnya sangat asam (katanya sih paling asam dari kawah di dunia) dan ga bisa dipakai untuk mandi.

Eiitss tak hanya itu keunikannya, keunikan lainnya adalah adalah adanya geyser kecil atau mata air panas yang air semburannya menyembur ke atas dan uapnya cukup panas dan banyak, nahh uap inilah yang bisa dipakai untuk sauna alami. Dan keunikan lainnya adalah adanya lumpur hitam hangat yang dipakai untuk maskeran guys, lumpur ini berkhasiat untuk memperkencang dan menghaluskan kulit. Gimana keren dan manfaat banget kan Kawah Rengganis ini? Subahanallah yaa..

Nahh ini dia foto dari geyser kecil itu yang airnya sangat panas dan uapnya bisa dipakai untuk sauna alami..

Geyser

Nihh dia kemarin coba-coba luluran disana pake lumpur hitam hangat dari Kawah Rengganis. Ga percaya lumpur punya khasiat buat kulit? Coba deh search sendiri di google guys. Hihii..

Lulur Lumpur

Alamat/Lokasi Kawah Rengganis

Kawah Rengganis ini terletak di Kecamatan Rancabali dan masuk ke komplek Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). Kalau kamu pusing patokannya adalah Situ Patenggang, setelah melihat persimpangan ke kanan menuju Situ Patenggang maka jangan arahkan kendaraan kamu ke Situ Patenggang tapi lurus terus, sekitar 2 Km lagi kamu akan sampai di Kawah Rengganis yang terletak di sebelah kiri.

Pos Tiket Kawah Rengganis

Untuk mencapai lokasi ini kamu bisa memakai kendaraan mobil atau motor karena jalan raya menuju lokasi ini cukup bagus dan baik. Namun ketika kamu telah sampai pada pos portal atau tiketing Kawah Rengganis kendaraan yang bisa masuk adalah hanya kendaraan roda dua/motor, memakai motor pun harus ekstra hati-hati karena jalanan yang menanjak dan berbatu cukup ekstrim. Lebih direkomendasikan untuk memakai motor trail/off road atau motor gigi agar lebih nyaman di kendarai. Jika tak ada motor kamu bisa memakai jasa ojek untuk mencapai lokasi namun jika ingin berolahraga lebih baik jalan kaki karena jaraknya hanya 1 Km saja dari pos tiketing menuju lokasi Kawah Rengganis. Cape jalan jauh? Saya saat kesana sempat bertemu dengan gerombolan bule wisatawan mancanegara dari Belanda yang dipandu oleh guide mereka, mereka jalan kaki dari pintu masuk tiketing sampai lokasi lohh. Bule aja kuat jalan kaki masa kamu enggak? Hihii..

Bareng bule Holland

Harga Tiket Masuk Kawah Rengganis

Tak perlu merogoh kocek ratusan ribu untuk menikmati semua keindahan dari Kawah Rengganis, mandi air hangat, mencoba sauna alami hingga maskeran dengan lumpur hitam Kawah Rengganis. Tiket masuk geowisata (wisata bumi) ini hanya 5rb/orang saja. Cukup murah bukan?

Fasilitas Kawah Rengganis

Fasilitas yang disedikan di lokasi wisata Kawah Rengganis ini cukup lengkap. Terdapat kedai/warung dengan jajanan kampung yang menyediakan makanan seperti mie instan, gorengan, kue hingga minuman seperti kopi, teh atau minuman sachet yang bisa kamu nikmati. Jika ingin shalat juga terdapat mushola yang cukup besar dan terdapat toilet yang bisa dipakai kapan saja.

Di lokasi ini juga terdapat beberapa rumah warga yang menyatu dengan Kawah Rengganis ini, merekalah warga asli dari Kawah Rengganis yang telah tinggal disana puluhan tahun. Mereka sangat ramah kepada para pengunjung, kamu juga harus ramah yaa kepada mereka guys karena kita datang kesana sebagai tamu mereka. Sapa dan berikanlah senyum terbaik kamu kepada mereka yang tinggal disana. Hihii..

Jika kamu ingin mandi air hangat kamu bisa mandi di pancuran yang telah dibuat, airnya yang hangat membuat tubuhmu rileks dan kembali segar kembali, dan khasiat dari belerangnya pun sangat baik untuk kesehatan kulit terutama yang memiliki keluhan penyakit kulit. Keren kan? Subhanallah..

Ini dia guys foto dari pancuran air hangat tersebut..

Pancuran

Dan untuk kamu yang mencintai dunia fotografi mungkin tempat ini bisa dijadikan tujuan kamu dalam mencari momen terbaik, banyak spot unik dan keren dengan formasi bebatuan dan kebulan asap yang keluar dari dasar tanah dan batu membuat fotomu semakin unik guys..

Kawah Rengganis_003

Kawah Rengganis_004

Gimana penasaran dan ingin pergi kesana? Ayoo tunggu apalagi dan segera abadikan momen terbaik milikmu dan jangan lupa untuk meng-updatenya di sosial media millikmu agar kekinian guys..

Happy wonderful traveling..

HOT NEWS! (#DiBawahLangitBandung)

1. Tempat wisata unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-u3

2. Tempat hunting foto unik, murah dan hits di Bandung : http://wp.me/p1qhmy-wq

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: