Tempat Makan Murah, Enak dan Unik di Bandung

(Sudah baca “Tempat makan yang murah, enak dan unik di Bandung (Part I)”? Jika belum bisa klik link ini >> http://wp.me/p1qhmy-p7)

Wisata kuliner? Kata yang sering kita dengar selain dari wisata tempat berlibur atau wisata belanja. Bandung selain dikenal sebagai kota fashion di Indonesia kini dikenal dengan kota wisata kuliner. Banyaknya makanan baru yang unik dan murah menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan domestik dan mancanegara ketika berkunjung ke kota kembang ini.

Nahh, kali ini saya akan share beberapa tempat makan yang murah, enak dan unik di Bandung (Part II). Langsung saja let’s check this out!!

1. Warung Sitinggil (@warungsitinggil)

003Photo by : panoramio.com

Kamu ingin makan di tempat yang romantis, latar belakang view Kota Bandung yang indah, tempat makan unik dan di perbukitan, bersih dan sejuk, menu makanan beragam dan harga murah meriah? Ada ga yaa? Ada banget! Namanya warung sitinggil.

Tempat makan ini bertema cafe rumahan dengan latar belakang kota Bandung. Tempat ini akan lebih indah jika dikunjungi saat malam hari karena lampu-lampu dari Kota Bandung akan terlihat bagaikan bintang di langit. Menu makanannya pun beragam dan mirip dengan masakan ibu dirumah. Harganya pun murah meriah sekitar 30rb kebawah kita sudah bisa mendapat beberapa menu makanan dan minumannya.

Selain malam hari cobalah datang ke tempat ini saat sore hari ketika matahari mulai terbenam dan kamu akan melihat city lights yang indah. Jika ingin ke tempat ini gunakan GPS karena tempatnya yang cukup sulit untuk ditemui.

Jalan Dago Giri No. 90 Bandung

Jam Buka : Hingga malam pukul 23.00

2. Secret Garden (@secrtGARDENcafe)

BNfomuOCQAEno6sPhoto by : @secrtGARDENcafe

Cafe ini bertemakan taman outdoor dan hiasan-hiasan yang unik di ruangan indoor yang tersedia di cafe ini. Sesuai dengan namanya yang “secret” cafe ini terletak cukup rahasia dan jika tidak tahu letak dan alamat yang lengkap akan cukup sulit untuk menemukannya. Cafe ini sangat pas buat yang ingin melaksanakan pre-wedding dan pesta ulang tahun. Tamannya yang cukup luas dan indah disini menambah keunikan cafe ini. Tak hanya dekorasi dan taman yang indah, menu makanan disini tersedia dengan beberapa resep olahan nusantara dan western dengan kisaran harga 20rb-80rb rupiah.

Jalan Gunung Agung No. 12, Ciumbuleuit

3. Mie Merapi (@MieMerapi)

004Photo by : ceritaperut.com

Penggemar mie berkuah? Mau mencoba mie berkuah dengan bumbu khas rempah yang unik dan enak? Coba deh mampir ke mie merapi yang ada di Kota Bandung. Yang membuatnya unik adalah pilihan 3 macam rasa kuah yang beragam dan enak yaitu kuah kare kuah kampung dan kuah merapi. Yang paling reccomended adalah kuah kampungnya yang gurih dan kuah merapi yang berwarna merah dan pedas. Yang tak kalah unik adalah pilihan topping seperti daging burger, sosis, katsu dll. Harga yang ditawarkan pun tak kalah menarik. Hanya 20rb kamu sudah bisa merasakan satu mangkok mie dengan minumannya.

4. SKA Dapur Laut

002

Jika kamu penggemar seafood tak ada salahnya untuk mencoba makan di tempat ini. Tempat makan seafood pinggir jalan dengan harga yang murah namun dengan cita rasa yang tak kalah dari restoran mahal di Kota Bandung. Yang membuatnya unik adalah bumbu seafood bakar yang manis dan khas rempah asli Indonesia. Yang khas selain dari bumbunya adalah 3 macam sambal yang tersedia (sambal terasi, sambal cabai dan sambal dabu-dabu).

Menu seafoodnya pun beragam mulai dari ikan lele, ikan cakalang, ikan baracuda, cumi, gurita, ikan bawal hingga ikan hiu. (Kalau bisa jangan makan ikan hiu yaa, kasian populasinya semakin sedikit dan untuk menjaga ekosistem di laut. Ga mungkin ikan hiu berkurang kalau ga ada yang makan ikan hiu). Harga yang ditawarkan mulai dari 10rb – 35rb. Sangat murah meriah kan?

Jalan Setiabudhi, Bandung (Samping Gokana & Gereja/Sebelum pertigaan menuju Borma)

Jam Buka : 05.00 sore – 10.00 malam

5. Dessert “Mangkok Manis”

Mangkok Manis

Buat kamu yang lagi nyari dessert murah, enak dan unik di Bandung nampaknya harus berkunjung ke kedai “Mangkok Manis” yang menyediakan berbagai dessert unik dengan rasa yang manis dan tampilan yang menarik. Yang membuatnya sangat menarik adalah tampilan mangkok yang terbuat dari batok kelapa yang telah dikeruk isinya, dan kelapa yang telah dikeruk itu menjadi isi dessert didalamnya. Selain mangkok dan dan tampilannya yang unik saja, kamu bisa memilih 4 toping ke dalam mangkok dessert kamu dalam satu menu. Harga yang ditawarkan oleh kedai pinggir jalan ini juga cukup murah yaitu berkisar dari 15rb-25rb saja.

Jalan Cihampelas (Depan Hotel Vio/Samping Cafe BOMB)

6. Steak Ranjang (@SteakRanjang)

Sirloin-steak-bantalPhoto by : http://www.deixi.com

Buat kamu yang suka steak mungkin harus nyobain steak yang unik dan enak ini. Dari namanya sudah unik dengan ke”nakal”annya. Ehh tapi jangan berpikiran jorok dulu yaa, ini hanya sebutan nama saja dan untuk menarik pelanggan. untuk biaya tak perlu khawatir karena semua harga steak disini berkisar antara 15rb-20rb aja. Dan sangat cocok buat kantong para pelajar khususnya mahasiswa. Keunikan steak ini adalah terdapat pada nama setiap menunya yang “nakal” dan dengan level kepedasan yang bisa disesuaikan dengan lidah kamu. Ayoo rasakan yang menggelinjang di setiap gigitan steaknya!

Jalan Dipati Ukur No. 68 (Seberang Pool CitiTrans) Bandung
Jam Buka : 12.00-21.00

7. Warung Bu Eha

182158_620Photo by : en.tempo.co

Warung ini bisa dikatakan unik karena tempatnya yang berada di dalam Pasar Cihapit, Warung Bu Eha ini sudah sangat tua yaitu sudah ada sejak tahun 1947 yaitu pada zaman kemerdekaan dulu. Tak salah jika pada saat itu banyak tentara Indonesia dan para pejuang yang menyempatkan untuk makan di warung yang menyediakan makanan rumahan ini. Dan tak hanya para pejuang saja, Presiden Soekarno dan istri keduanya Inggit Garnasih adalah salah satu pelanggan setia Warung Bu Eha ini. Harganya pun sangat murah dan dengan uang kurang dari 20rb rupiah sudah bisa mendapatkan bermacam masakan dengan minuman dingin yang tersedia disana.

Pasar Cihapit,

8. Mie Bakso Kanis

mie-bakso-akung2

Untuk kamu para pecinta bakso dan sedang berlibur ke arah Bandung Selatan seperti kawasan Ciwidey atau Pangalengan nampaknya jangan sampai melewatkan kenikmatan dari yang namanya mie bakso kanis yang terletak di Soreang Kab. Bandung. Bakso ini memiliki rasa yang enak dan berbeda dengan bakso lainnya. Porsinya yang pas dan mampu membuat kamu ketagihan dan ingin datang kembali ke tempat ini. Harga bakso dan dessert seperti es campur dan jus berkisar antara 6rb-10rb rupiah. Bakso ini dapat dipilih dengan menu kuah atau kering, yamin manis dan yamin asin dengan topping seperti ceker dan batagor. Tak hanya basonya yang enak, es campur yang ada di kedai bakso ini sangat reccomended untuk dicoba dan dikunjungi.

Jalan Raya Soreang (Alun-alun), Kabupaten Bandung (Samping BORMA Toserba)

9. Surabi Waroeng Setiabudhi

img01567-20101214-1824Photo : makandiluar.wordpress.com

Buat para pecinta makanan khas asli Bandung yaitu surabi harus dan wajib mampir ke waroeng setiabudhi. Surabi disini sangat enak dengan di masak dengan cara yang masih tradisional dan harganya pun murah meriah dengan harga yang berkisaran mulai dari 3rb-10rb rupiah. Rasanya pun sangat beragam dan bermacam-macam. Mulai dari yang manis hingga yang asin. Kedai surabi ini pun menyediakan bakso kampung yang reccomended untuk dirasakan dan beberapa minuman pun cukup menggugah selera saat dimakan bersama surabi dari kedai ini.

Jalan Dr. Setiabudhi No. 175, Bandung

10. Bajigur Duren (@bajigurasoy)

bajigurPhoto by : paksoma.blogspot.com

Apa dessert yang kamu suka? Suka bajigur khas tanah sunda atau parahyangan? Suka buah duren? Jika suka dengan keduanya maka harus mampir ke kedai minuman bajigur duren. Sesuai dengan namanya bajigur disini sangat unik yaitu dengan tambahan buah duren yang ditambahkan kedalam gelas berisi bajigur. Rasa yang khas dari duren atau durian ini menambah kenikmatan dari secangkir bajigur durian. Berani mencoba? Silakan datang ke kedai minuman ini yang berada di daerah Bandung Selatan Kab. Bandung.

Jl. Terusan Kopo KM 11 Katapang Bandung

(Baca juga artikel selanjutnya : Tempat Makan Murah, Enak dan Unik di Bandung (Part II) >>> http://wp.me/p1qhmy-s3)

TELAH TERBIT!! (Self publishing, tak tersedia di Gramedia/toko buku dan buku akan dikirim kerumah)

Buku & e-book “Jarambah Bandung”, berisi 40 lebih tempat unik dan anti mainstream di Bandung. Terbitan nulisbuku.com dengan harga buku Rp. 64.500. Selengkapnya baca disini : http://goo.gl/6vhann

full cover

Iklan

6 thoughts on “Tempat Makan Murah, Enak dan Unik di Bandung

Add yours

  1. Makasih gan buat info kecenya! Steak ranjang yang no.1 itu belum pernah ane cobain sih. Tapi tampak steaknya agak mirip sama waroeng steak yang ada di Jakarta ya gan. Ditunggu gan, infonya seputar kulineran di daerah Bandung ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: