KOPMAKU KOPMA BS UPI

Koperasi Mahasiswa Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia adalah sebuah organisasi berbadan hukum koperasi dan sekaligus merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di lingkungan kampus UPI. Di kampus UPI sendiri terdapat lebih dari 60 UKM yang berdiri dan bermacam-macam jenisnya, mulai dari olahraga, kesenian, edukasi atau pendidikan serta minat khusus. KOPMA BS UPI merupakan salah satu UKM yang terbesar dan teraktif dalam menyelenggarakan acara dan kegiatan khususnya dalam perkoperasian, baik di lingkungan internal kampus maupun lingkungan eksternal kampus.

KOPMA BS UPI beranggotakan orang per orang dari berbagai fakultas yang ada di UPI dan telah terdaftar sebagai anggota sukarela, sampai saat ini KOPMA BS UPI telah memiliki lebih dari 2200 anggota dan merupakan anggota UKM terbanyak di UPI. Karena KOPMA BS UPI merupakan sebuah UKM, maka Koperasi MahasiswaBS UPI berada di bawah pembinaan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan. Hubungan kelembagaan dengan organisasi intra kampus lainnya.

KOPMA BS UPI kini memiliki empat buah GC (Gugus Cooperative) yang berfungsi sebagai wadah ajang aktualisasi diri yang sesuai dengan kebutuhan minat dan bakat anggota, GC KOPMA BS UPI antara lain BSO (Bumi Siliwangi Organizer), IBM (Inkubator Bisnis Mahasiswa), BSDC (Bumi Siliwangi Design Community) dan LP2K (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Koperasi).

Selain terdapatnya GC di KOPMA BS UPI pun terdapat 7 buah KOPMA Komisariat yang berada di tiap Fakultas UPI. KOPMA Komisariat tersebut antara lain adalah KOPMA Komisariat FIP, FPIPS, FPMIPA, FPBS, FPOK, FPTK dan FPEB. Layaknya sebuah miniature KOPMA di fakultas, KOPMA Komisariat memiliki perangkat organisasi yang serupa di KOPMA Pusat UPI. Bisa dibilang KOPMA Komisariat merupakan bentuk suatu otonomi yang diberikan KOPMA UPI kepada KOPMA Komisariat dalam mengurus rumah tangga dan organisasi di fakultasnya masing-masing, hal ini agar berdaya dan terangkulnya seluruh anggota KOPMA BS UPI khususnya bagi mereka yang jarang berinteraksi dengan  KOPMA UPI. Selain itu hal ini merupakan suatu pengkaderan bagi calon kader yang akan melanjutkan ke jenjang kepengurusan di KOPMA UPI.

KOPMA Komisariat yang telah terbentuk saat ini diharapkan dapat mengembangkan potensi anggota secara maksimal di tingkat fakultas dan diharapkan dapat mampu berdiri secara mandiri sehingga mampu membantu kebutuhan anggotanya di fakultas masing-masing.

Semangat terus pejuang KOPMA Komisariat..

BRAVO KOPERASI!!

Created by : RNA @ridwandua

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: