Coretannya Ridwan

Saya dan KOPMA BS UPI (Part I)

Assalamualaikum, Wr. Wb

Akhirnya saya kembali lagi nulis di blog setalah sekian lama blog saya terbengkalai karena kesibukan sebagai artis papan atas (atas genteng). Hari ini tanggal 29 Februari 2012, tanggal yang unik dan hanya terjadi setiap 4 tahun sekali. Semoga aja tanggal ini menjadi awal yang baik bagi kehidupan saya sekarang, tengah-tengah dan akhir nanti.. #apadehh

Nahh, di edisi kali ini saya mau curhat dan sharing seputar pengalaman saya. Ohyaa saya mau tanya sama kamu, kamu pernah masuk yang namanya organisasi ga? Baik itu di SMP, SMA atau sekarang di Perguruan Tinggi??

Sejak dari SMP saya udah masuk di kepengurusan OSIS di SMP dan bagi saya itu sangat menyenangkan, banyak hal dan pengalaman yang bisa diambil dan bertemu teman-teman yang beragam dan unik. Kesukaan berorganisasi ini tetap berlanjut hingga SMA dan lagi-lagi saya memilih untuk masuk ke kepengurusan OSIS disana, pengalaman saya pun semakin bertambah dan jaringan relasi atau bahasa gaulnya networking pun semakin luas, pergaulan pun tidak hanya disekolah namun bertambah ke lingkungan yang lebih luas.

Nahh, itu kan pengalaman saya ketika masa-masa sekolah, gimana kalo pengalaman kamu??
Saat ini saya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Jawa Barat. Tau ga di kampus ini ada lebih dari 60 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Kalo disekolah sih kita menyebutnya ekskul dan di Perguruan Tinggi kita menyebutnya UKM. Pas awal masuk kuliah saya bingung, pusing, bimbang dan galau mau milih UKM apa. Akirnya saya memutuskan untuk masuk UKM eSKa Radio dan KOPMA (Koperasi Mahasiswa). Dari kedua UKM ini saya mendapat banyak pegalaman berharga yang ga akan saya dapet kalo saya ga masuk UKM ini.

Ohyaa kamu tau koperasi?? Pasti anggapan kamu awalnya adalah organisasi yang tua, yang kerja juga Bapak-bapak dan Ibu-Ibu, banyak yang jualan dan pokoknya kolot banget. Nahh, itu adalah hal yang saya pikirkan saat pertama kali dapet selebaran tentang KOPMA. Awalnya ga tertarik untuk masuk kesana tapi ada temen yang menyarankan untuk masuk kesana. Alhasil saya pun ikut bergabung di KOPMA.

Setelah beberapa hari kemudian saya datang ke KOPMA BS UPI dan daftar jadi anggota disana. Saat saya daftar, saya diterangkan tentang KOPMA secara UMUM, baik dari kelembagaan, pendidikan koperasi dan sampai keuntungan yang bisa kita dapat saat menjadi anggota KOPMA. Wahh ternyata banyak juga yang bisa kita dapatkan disini, saat di KOPMA ternyata yang bekerja disana adalah para muda-mudi mahasiswa, beda banget sama anggapan awal saya yang berpikir bahwa yang kerja disana adalah orangtua. Hahaa.. 😀

Setelah beberapa hari dan beberapa minggu berlalu sejak saya daftar jadi anggota KOPMA, ternyata ada selebaran untuk jadi kepanitiaan acara yang diadakan KOPMA, dengan niat awal adalah untuk coba-coba akhirnya saya memutuskan mencoba peruntungan dan menjadi bagian dari kepanitiaan itu. Tes tulis dan wawancara pun saya ikuti dengan harapan keterima jadi panitia acara tersebut. Akhirnya.. Jreng jreng jreng… Saya pun keterima jadi panitia tersebut.. *keprok-keprok*

Mau tau ga nama acara tersebut?? Namanya adalah RAT XXV dan Seminar IT Entrepreneur. Di kepanitiaan ini saya mendapat teman yang beragam dari berbagai jurusan, pengalaman yang unik dan salah satunya bisa ketemu sama artis stand up comedy Raditya Dika. Yaapp, saat itu kami mengundang dia sebagai pembicara pada acara kami. Alhmdulillah respon yang sangat baik didapatkan dari para peserta yang antusias mengikuti cara tersebut. Akhirnya acara kami pun selesai selama 2 hari dan berjalan sukses. Alhamdulillah..

Nahh itu dia pengalaman pertama saya di kepanitiaan di kampus saya tercinta, bagaimana dengan kamu??

Hari berganti hari, minggu berganti minggu, bulan berganti bulan. Intinya ma waktu terus berjalan. Ahahaa.. 😀

Ga kerasa udah beberapa bulan saya akif di KOPMA BS UPI. Sumah dehh disini saya ngerasa nyaman banget, lingkungan yang sangat mendukung terhadap pengembangan minat dan bakat, teman-teman yang sangat menyenangkan dan begitu bersahabat menjadi faktor utama saya betah berorganisasi disini.

Mungkin kamu masih belum paham apa itu koperasi, sama kok saya juga ga bergitu paham apa itu koperasi, saya emang ga belajar mendalam tentang apa itu koperasi namun saya bangga menjadi bagian dari koperasi. Bagi saya KOPMA BS UPI adalah keluarga kedua bagi saya. Kalo kata mbah surip sih “I LOVE U FULL”. Iyaa memang saat ini saya tengah cinta sama KOPERASI. Saya cinta sama KOPMA BS UPI..

Ini ceritaku tentang KOPMA BS UPI. Apa ceritamu??

*to be continued*

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s