Tips Memilih Kostan

Kebanyakan orang kalo udah lulus SMA langsung pada kuliah, ga sedikit juga yang pada ngekost apalagi yang kuliahnya jauh atau bahkan di luar kota, salah satunya jalan adalah dengan cara ngekost. Nyari kostan itu susah-susah gampang siih, lebih baik kita pikirin dulu dengan baik kalo milih kostan, jangan sampe baru seminggu kita tinggal udah langsung capcuss alias minggat. Buat kamu yang mau pada ngekost nih saya kasih “TITIK” (Tips and Trik) nyari kostan yang baik.. Semoga bermanfaat yaa.. 🙂

1. Cari waktu yang pas

The first, yang paling penting dan utama dalam nyari kostan adalah waktu saat kita mencari kostan tersebut. Dulu pas saya nyari kostan agak susah soalnya udah pada diboking duluan sama yang lain, maklum laahh angkatan baru itu banyak banget.. (Curhat colongan). Makanya buat kamu yang mau nyari kostan harus lebih awal dan secepatnya, jangan sampe kehabisan atau keduluan orang lain. Kalo telat nanti malah dapet kostan yang kurang bagus, pepatah tua mengatakan “Siapa cepat dia dapat”.

2. Cari kostan yang deket sama kampus

Salah satu faktor utama kita ngekost adalah biar deket sama kampus, betul ga?? Nahh, makanya usahakan kita nyari kostan itu yang deket sama kampus, syukur-syukur bersebelahan sama kampus dan bisa jalan kaki kalo berangkat (ngirit duit), dan ditambah lagi bisa cepet lari ke kampus kalo udah hampir kesiangan.. (pengalaman pribadi). Hahahaa.. 😀

3. Cari kostan yang deket sama akses masyarakat (deket kemana-mana)

Aspek penting yang lain kalo nyari kostan adalah akses masyarakat seperti masjid, toko, warung nasi, warnet dll. Bahasa anak kampus sih “cari kostan yang deket kemana-mana”, kalo kita pengen makan tinggal jalan ke rumah makan, pengen beli pulsa tinggal ke counter hp. Syukur-syukur deket sama mall, kalo kita pengen nonton sama shopping tinggal jalan.. #enakbanget

4. Cari kostan yang lingkungannya baik

Faktor penting yang lain adalah carilah kostan yang lingkungannya baik, kita ngekost itu ga sehari atau dua hari tapi bulanan dan bahkan tahunan. Jangan sampe pas kita ngekost malah kebawa ga bener sama anak-anak disana karena sikap seseorang itu sangat dipengaruhi sama lingkungan ia tinggal, dan perilaku yang negatif itu cenderung mudah ditiru dan diaplikasikan ketimbang perilaku yang positif. So, carilah kostan yang lingkungannya baik dan mendukung pada saat kita belajar yaa.. 🙂

5. Sesuaikan dengan budget

Selanjutnya dan paling penting adalah carilah kostan dan sesuaikan dengan budget yang kita miliki. Boleh aja kita cari kostan yang bagus dan fasilitasnya lengkap, tapi percuma juga kalo budget kita sedikit, kostan kecil pun ga jadi masalah dan bisa jadi istana bagi kita jikalau kita membuatnya nyaman dan indah.. #sokbijak

6. Perhatikan lingkungan sekitar

Maksudnya disini adalah perhatikanlah lingkungannya mulai dari sanitasi, lingkungannya bersih apa ga, suka banjir apa ga kalau musim hujan, airnya susah atau ga kalau musim kemarau. Dari mulai yang sepele aja bisa jadi besar, contohnya susah air kalo mau mandi, udah bangun kesiangan plus air susah dan kering. Waduuhh..

Nahh itu dia tips dan trik buat kamu yang mau nyari kostan buat kuliah, semoga aja betah pas ngekost nanti yaa.. Ohyaa kalo kamu punya tambahan tips buat nyari kostan tolong di comment aja yaa. Thank you.. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: