Coretannya Ridwan

Makanan Khas Bandung (Part II)

Di edisi sebelumnya saya udah kasih beberapa list makanan khas Bandung sang Kota Kembang. Nahh, untuk edisi kali ini saya mau ngasih info tentang makanan khas Bandung dengan bahan dasar aci atau tepung kanji. Pasti temen-temen udah pada tau kan?? Untuk lebih jelasnya saya bakalan ngasih tau lagi jajanan apa aja khas kota Bandung yang terbuat dari aci.. Yuukk kita intip satu-satu.. πŸ™‚

Makanan Khas Bandung yang Berbahan Dasar Aci / Tepung Kanji

Orang Bandung emang kreatif dalam membuat makanan, entah itu dari namanya yang unik hingga cara pembuatannya yang unik. Kalian tau aci atau tepung kanji?? Aci atau tepung kanji ini bisa disulap menjadi beberapa jajanan yang murah tapi punya nilai jual yang tinggi dan bahkan cukup terkenal juga. Kira-kira apa aja yaa makanan khas kota Bandung yang terbuat dari aci ini?? Langsung mulai aja yaa.. πŸ˜€

1. Cireng

Cireng atau kependekan dari “aci digoreng” adalah makanan khas orang sunda. Ceritanya sih zaman dulu sangking susahnya nyari beras, orang sunda suka buat camilan dari aci yang pada saat itu mayoritas orang sunda punya dan suka nanem pohon singkong. Bosen dengan singkong rebus lalu orang sunda bikin inovasi dengan membuat aci yang diolah dengan bumbu-bumbu dan ditambah isinya dengan oncom. Saat ini cireng sudah menjadi oleh-oleh khas Bandung yang sekarang udah punya beberapa varian rasa mulai dari yang original oncom, ayam rica-rica, daging sapi, baso, sosis dan sekarang ada rasa keju. Teman-teman udah pernah nyobain?? Makanya dateng ke Bandung dan beli cireng isi yaa..

2. Cilok

Cilok atau “aci dicolok” adalah jajanan super murah dan enak. Zaman dulu pas saya masih sekolah SD harga cilok masih 100 rupiah (sedikit curhat). Cilok dilihat dari bentuknya mirip sama baso tapi dari tekstur lebih kenyal dan licin. Saat ini cilok sudah di modifikasi dari segi rasa, mulai dari original yang isinya gajih sapi, ayam, daging sapi hingga keju. Dan tak hanya daris segi rasa aja cilok pun selain dikukus kini ada juga cilok yang digoreng, sama aja kok enaknya antara yang dikukus dan digoreng. Cilok disajikan dengan sambal saus cabai dan kecap atau sambal kacang.

3. Bacil

Bacil adalah singkatan dari “baso cilok”. Dari penampilannya bacil hampir sama dengan cilok namun bacil ukurannya lebih kecil dan seukuran dengan kelereng atau orang sunda bilangnya kaleci. Dan dari varian rasa pun tetap sama seperti cilok mulai dari gajih sapi hingga daging asli. Ayoo kamu lebih suka mana?? Cilok atau Bacil??

4. Cimol

Nahh, list makanan unik khas Bandung terakhir yang terbuat dari aci adalah cimol. Saya ga tau kenapa namanya cimol (masih tanda tanya dan teka-teki.. :D). Cimol dari segi bentuk berbentuk bundar seperti kelereng, kebanyakan orang bilang cimol adalah bentuk mini dari cireng yang dibikin budar dan disajikan dengan bumbu gurih yang dicampur dengan bubuk cabai. Tau ga teman-teman kalo cimol ternyata bisa disulap jadi makanan lain yang lebih unik dan ga kalah enaknya, kalo cimol yang masih mentah kemudian dipotong-potong dan digoreng namanya jadi molring dan bumbunya sama kaya cimol. Unik dan kreatif bukan??

Nahh, itu dia makanan khas kota Bandung yang berbahan aci atau tepung kanji. Ternyata orang Bandung itu pada kreatif dan ga kehabisan akal yaa?? Suatu sifat yang patut dicontoh.. Mungkin teman-teman berniat bikin usaha makanan yang berbahan dasar aci?? Ayoo bikin makanan yang lebih unik yaa..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s