Makanan Khas Bandung (Part I)

Siapa yang pernah ke Bandung? Ayoo coba sebutin makanan apa aja khas dari Bandung?? Kalo diitung-itung pasti banyak banget yaa.. Namanya juga Bandung, kota penuh ide dan kreatifitas, dari mulai makanan, baju sampai pusat perbelanjaan semuanya ada dan unik-unik..

Setiap kota di Indonesia pasti punya makanan khas sendiri-sendiri dan unik yang membedakannya dengan kota yang lain. Nahh, yang sering ke Bandung pasti suka beli makanan buat oleh-oleh dan cemilan, kira-kira apa yaa yang paling khas dari kota kembang ini?? Yuukk kita intip.. 😀

Makanan Khas Bandung

1. Peuyeum

Peuyeum atau tape singkong adalah makanan nomer satu yang paling khas dari kota bandung, hampir disemua penjuru pusat perbelanjaan oleh-oleh pasti menjajakkan yang namanya peuyeum. Peuyeum ini memiliki rasa manis, sedikit asam dan beraroma alkohol karena cara pembuatannya dilakukan dengan cara difermentasikan dengan menggunakan ragi. Peuyeum ini bisa dimakan langsung dan bisa juga diolah menjadi makanan lain yang lebih enak seperti peuyeum goreng (digoreng kaya pisang goreng) dan colenak.

2. Baso Tahu

Siapa yang ga kenal dan belum nyobain sama yang nama’y baso tahu atau siomay?? (Perlu dipertanyakan pernah ke Bandung atau belum. Hahaa..). Baso tahu atau siomay ini adalah jajanan khas bandung, yang terbuat dari tahu putih dan dicampur dengan adonan baso. Inilah asal muasal nama baso tahu alias baso campur tahu. Baso tahu disajikan dengan beberapa makanan yang lain seperti siomay, kentang rebus, kol rebus, telur rebus dan paria. Tentunya dicampur dengan sambal kacang, kecap dan jeruk nipis.

3. Batagor

Batagor atau kependekan dari baso tahu goreng adalah suatu inovasi dari baso tahu. Dari bahan hampir sama namun prosesnya saja yang berbeda, kalo baso tahu itu dikukus sedangkan batagor digoreng biasa. Batagor berbeda dengan baso tahu, dalam batagor hanya ada 2 macam saja yaitu baso tahu dan siomay yang digoreng. Namun bumbunya tetap sama kok dengan baso tahu yaitu dengan sambal kacang. Batagor kini ada dua macam, ada yang kering dengan sambal kacang dan kuah yang disajikan dengan kaldu dan penyedap rasa. So, what’s your choice?? Kering atau kuah??

4. Surabi

Surabi atau serabi adalah makanan khas dari bandung, bisa dibilang surabi adalah pancakenya orang sunda, dilihat dari bentuknya pun surabi hampir mirip dengan pancake namun lebih kecil dan tebal. Surabi ini terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dibakar dengan menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dan dengan cara tradisional dan disajikan dengan campuran gula merah cair. Kini surabi telah banyak inovasi dari segi rasa, mulai dari original (surabi oncom), telur dan bahkan keju juga ada..

5. Colenak

Orang sunda terkenal dalam membuat makanan dengan nama yang unik dan mudah diingat seperti colenak. Colenak adalah singkatan dari “di cocol makin enak” (unik bukan namanya??). Colenak dibuat dari bahan peuyeum/tape singkong yang dibakar diatas arang dan kemudian disajikan dengan campuran gula merah cair dan parutan kelapa parut.

Nah, itu dia 5 peringkat makanan khas dan asli kota bandung atau kota kembang. Segitu dulu dehh yaa, ntar dilanjut lagi pada seri “Makanan Khas Kota Bandung” lainnya. By the way kamu lebih suka makanan yang mana? Atau mungkin punya ide sendiri untuk bikin menu makanan yang lebih unik dan menarik?? Ayoo kembangkan dan mulai berwirausaha..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: