Go Green..

Haduhhh matahari sekarang panas banget, buka cabang apa yaa?? mungkin itu salah satu kalimat yang menggambarkan keadaan saat ini, panas teriknya matahari membuat kita bete untuk beraktivitas di luar rumah, kira-kira apa sebabnya yaa?? Hmm.. beberapa ahli mengatakan bahwa lapisan atmosfer di bumi saat ini semakin menipis dan sudah mulai bolong-bolong (butuh orang untuk menambal, jahahaa.. :D), akibat dari menipisnya lapisan ozon mengakibatkan sinar matahari kurang tersaring dengan baik sehingga panasnya pun langsung turun ke bumi. Coba bayangin dehh kalo sekarang aja udah panas kaya gini apalagi sepuluh tahun yang akan datang??

Sekarang lahh saatnya untuk mengubah Indonesia, mengubah dunia menjadi lebih hijau dan lebih sejuk, setuju ga?? Saat ini di beberapa belahan dunia mulai mencanangkan beberapa langkah strategik untuk mengatasi permasalahan global dalam mengatasi masalah pemanasan global atau yang sering disebut global warming, masalah itu kini bukan lagi masalah tiap negara tapi sudah menjadi masalah dunia. Pertanyaannya saat ini adalah bagaimana cara mengatasi itu semua?? Jawabannya cukup simpel dan sangat berpengaruh asalkan banyak orang yang meniru dan melakukannya, saat ini dari pihak pemerintah Indonesia sudah mulai serius dalam mengatasi hal ini dan masyarakat Indonesia pun sudah mulai sadar dan mulai melakukan perubahan dalam mengatasi pemanasan global diantaranya adalah..

Usaha Pemerintah

1. Membuat suatu kurikulum belajar disekolah yang berbasis pada lingkungan contohnya adalah PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup), mungkin diantara kita pernah belajar yang namaya PLH di sekolah, yaitu mata pelajaran baru yang dimasukkan pada kurikulum disekolah yang bertujuan dalam menciptakan kesadaran merawat dan menjaga lingkungan, di dalam PLH kita diajarkan bagaimana permasalahan saat ini dan upaya apa yang dapat dilakukan seperti 3R (recycle, reduce and reuse) dan juga diajarkan bagaimana cara membuat kompos. Mungkin itu beberapa praktek disekolah yang cukup efektif dalam mengatasi permasalah lingkungan saat ini.

2. “Aksi seribu pohon”, telah banyak lembaga pemerintah dan swasta yang aktif dalam gerakkan “seribu pohon”, setiap orang menanam satu pohon yang harus dirawat dan dijaga sebagai aset masa depan. Kenapa harus pohon?? Seperti yang kita tau bahwa pohon berfungsi sebagai produsen oksigen terbesar dan berfungsi untuk menyerap karbondioksida, apabila lingkungan kita hijau maka cuaca dan udara pun akan segar dan sejuk sehingga kita pun akan nyaman tinggal disitu. Ga mau kan tempat tinggal kita gersang dan panas?? makanya mulai dari sekarang mulai menanam pohon yaa?? minimal dirumah sendiri.. Ok Ok.. 😀 😀

3. Membuat UU tentang Lingkungan, saat ini pemerintah Indonesia sudah membuat UU untuk mengatasi lingkungan, salah satunya adalah larangan merokok ditempat umum. Kenapa gitu yaa?? Seperti yang kita tau bahwa rokok menciptakan polusi udara karbondioksida, walaupun cuma sebatang rokok tapi bayangin kalo ada seribu orang yang merokok disuatu kota, berapa karbondioksida yang dikeluarkan?? belum lagi bagi orang yang menghirup rokok itu secara tidak langsung, kasian juga kan jadi bikin penyakit?? So, daripada kena denda karena merokok sembarangan lebih baik merokok ditempat yang sepatutnya, syukur-syukur bisa berhenti merokok.. 🙂

Usaha Masyarakat termasuk kita sebagai individu

Biarin aja dehh yang ngurusin lingkungan pemerintah aja, kita cukup lihat dan dukung aja.. Eitsss jangan berpikiran kaya gitu yaa..

Kita kan penduduk Indonesia yang baik dan taat peraturan, udah sewajarnya turut serta dalam mengatasi permasalahan yang ada termasuk pemanasan global, jangan jadi apatis dan acuh tak acuh, tohh ini juga untuk kebaikan kita bersama dan bahkan untuk anak cucu kita.. Betul betul betul.. 😀 😀 (Gaya Upin Ipin)

Truss apa yang mesti kita lakukan?? Banyak dan mudah banget kok..

1. Sadar dan peduli akan pentingnya lingkungan, langkah pertama adalah kesadaran dari diri kita dulu, susah buat bergerak kalo hati dan pikiran kita masih belum sadar dan terbuka. So, mulai dari sekarang kita rubah paradigma pikiran kita untuk aktif menjaga lingkungan agar lebih baik.. Setuju semua?? Bagusss..

2. 3R (Recycle, Reduce and Reuse)

# Recycle atau mendaur ulang yaitu mengelola sampah agar menjadi barang yang baru, contohnya adalah membuat kerajinan dari kertas bekas yang sebelumnya dihancurkan menjadi “bubur kertas” atau membuat kompos dari sampah organik (sayur-sayuran dan daun kering).

# Reduce atau mengurangi buangan sampah, misalnya kalo mau ke pasar cukup bawa satu kantong plastik yang gede yang muat untuk semua belanjaan sehingga berkurang juga penggunaan plastik yang menyebabkan banyaknya sampah plastik. Contoh lainnya adalah gunakan produk-produk yang bisa diisi ulang (refill), selain ga ribet berkurang juga buangan sampah kita nanti.

# Reuse atau menggunakan kembali sampah yang tidak terpakai, contohnya adalah kaleng susu yang udah ga kepake lagi bisa disulap menjadi tempat pensil yang unik dan punya nilai jual yang tinggi. Beberapa pengusaha yang sukses bahkan melakukan hal ini seperti membuat kerajinan dari daun-daun kering, dari plastik dan bahkan dari kulit bawang, ga cuma pasaran domestik aja bahkan pasaran internasional pun bisa ditembus. Tuhh kan ga ada ruginya malah bikin untung dompet kita. Berani mencoba?? Semangat yaa..

3. Memilah sampah organik dan anorganik, udah tau kan apa itu sampah organik dan anorganik?? Yapp, sampah organik yaitu sampah yang bisa didaur ulang secara alami seperti daun-daunan, sisa makanan dan sisa sayur-sayuran bekas masak didapur. Sampah organik bisa kita gunakan dan olah jadi pupuk kompos, selain untung mengurangi sampah kita juga bisa beramal sama tanaman dilingkungan rumah dengan membuatnya subur. Sampah yang kedua adalah sampah anorganik, contohnya plastik, kertas, kaleng dll (dan lupa lagi.. hehee). Sampah anorganik tersebut bisa kita pake lagi buat dibikin kerajinan yang unik, syukur-syukur bisa kita jual buat nambah uang jajan.. (Jangan lupa komisi buat saya yaa.. :D)

4. Satu pohon untuk anak cucu kita, menanam satu pohon saat ini mungkin belum terasa efeknya tapi akan dirasakan beberapa tahun kemudian, mungkin untuk anak kita dan bahkan untuk cucu kita nanti. Ga percaya?? Coba dehh liat pohon yang super gede dan tinggi yang ada di lingkungan kita atau mungkin disepanjang jalanan, apa pohon itu baru ditanam?? Mungkin aja pohon itu ditanam saat zaman Belanda atau Jepang, coba kalau dulu ga ada yang tanam pohon gimana rasanya kota yang kita tempati sekarang?? wuihh panas banget kayaknya.. So, mulai sekarang kita tanam pohon yukk buat warisan anak cucu kita nanti.. 😀

5. Hemat energi, apa hubungannya yaa energi sama lingkungan?? tentu ada dong, listrik nyala pake apa?? pake bahan bakar minyak bumi kan?? coba bayangin kalo bahan bakar itu habis?? mau gelap-gelapan terus?? blum lagi sekarang banyak pembangkit tenaga listrik yang bikin polusi udara yang bikin banyak karbondioksida yang keluar dan banyak pabrik yang ikut menyumbang karbondioksida di udara. Yuukk mulai sekarang kita hemat energi minimal matiin lampu kalo ga dipake, itung-itung nabung energi buat tahun depan..

Nahh itu dia usaha yang bisa kita lakukan dirumah, gampang kan??

Ayoo kita rubah Indonesia kita jadi lebih hijau dan rubah dunia menjadi lebih tersenyum..

GO GREEN INDONESIAKU..!!

(Buat temen” yang mau komentar atau ngasih saran ditunggu yaa. Thank you.. )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: