Coretannya Ridwan

Langkah Awal sebagai Mahasiswa

Hari ini tanggal 1 April 2011 tepatnya di WB 2.07 Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia saya telah resmi dilantik menjadi pengurus BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) HMJ Administrasi Pendidikan, perasaan awal pada saat itu adalah deg deg-an campur seneng dan sedikit taburan bingung (mirip sama kaya pisang keju.. #hahapasiiihh)

Sempet melenceng juga dari harapan awal, tadinya saya milih dan daftar ke Divisi PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) karena kayaknya lebih aktif dan eksis kalo disana, tapi beberapa orang menyarankan saya masuk ke Divisi Infokom (Informasi dan Komunikasi), tapi setelah dipikir-pikir lagi kenapa ga masuk aja ke Divisi Infokom, tohh dimanapun saya bekerja nanti tetep aja kita masih satu tim di jurusan, dan semua Divisi itu baik semua dan sama, sambil itung-itung memperdalam dan menambah ilmu di dunia jurnalistik. Betul betul betul.. (Gaya Upin Ipin) πŸ˜€ πŸ˜€

Mungkin ini adalah pertama kalinya masuk yang namanya BEM di Universitas, walaupun pada hakikatnya sama aja sama pengurus OSIS di SMA tapi sekarang rasanya beda, mungkin dari segi tanggung jawab dan tugas yang dipikul nanti juga agak berbeda dari sebelumnya, tapi seberat apapun tugasnya nanti tetep aja harus dihadapi dan diselesaikan dengan penuh tanggung jawab yang penuh. Ibu Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd (Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan) berkata saat sambutan tadi : “Bukan lagi saatnya mahasiswa berjuang dengan tangan yang dikepal dan dengan kepala yang panas, tapi kini saatnya mahasiswa bergerak dengan kepala yang dingin dan dengan cara kerja yang kreatif dan inovatif”. Kalo dipikir secara rasional bener juga kata Ibu Aan tadi, sekarang udah waktunya kalo mahasiswa berperan aktif dengan mengembangkan sumber daya yang ada dan membuat suatu terobosan yang inovatif dan kreatif yang sejalan dengan tuntutan zaman.

Boleh saja dulu mahasiswa bergerak dengan turun langsung ke jalan karena memang situasi saat itu tidak kondusif dan perlu ada suatu “gebrakan” untuk menstabilitaskan bangsa Indonesia saat itu, tapi apakah sekarang harus seperti itu?? Mungkin jawabannya bisa Ya atau Tidak.. Ya apabila suara dan saran publik sudah tidak didengar, tapi selama suara rakyat masih didengar dan dijadikan suatu tolak ukur sebagai suatu perubahan dan perbaikan kedepan kenapa kita tidak mencari jalan alternatif lain yang lebih baik dengan membuat kegiatan positif guna mengembangkan kreatifitas dan potensi mahasiswa khususnya dalam pengabdian masyarakat minimal dilingkungan kampus sendiri.

Saat ini rakyat Indonesia memerlukan perubahan dalam tingkah laku dalam mengubah bangsa Indonesia menuju bangsa yang madani, rakyat tidak membutuhkan janji, janji yang hanya dilantangkan saat kampanye atau pemilihan umum, tapi mereka perlu suatu tindakan yang nyata dari pemimpin bangsa ini. Mahasiswa adalah calon penerus bangsa, calon pemimpin bangsa dimasa depan, kenapa tidak mulai dari sekarang mahasiswa bersatu dan bergerak aktif dalam mewujudkan kegiatan yang positif dan inovatif khususnya tugas mahasiswa yaitu dalam pengabdian masyarakat, ga perlu jauh-jauh untuk mengabdi di masyarakat, lingkungan kampus, lingkungan rumah/tempat tinggal kita adalah sarana kita dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa mahasiswa itu memiliki potensi yang besar dalam mengubah bangsa Indonesia menuju lebih baik, lebih bermartabat dan madani..

Inilah saatnya kita untuk maju, maju dalam memajukan bangsa Indonesia..

HIDUP MAHASISWA..!!

Iklan

2 thoughts on “Langkah Awal sebagai Mahasiswa

    1. @K’ Tarma : Hatur nuhun yaa kang udah mau berkunjung dan baca blog saya,
      Semoga ini jadi awal yang baik buat saya dan teman” saya yang lainnya dan khususnya yg msk kepengurusan BEMJ Adpend skrg. Amiinn.. πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s