Tips Menjadi Announcer/Penyiar Radio

Suka denger radio?? pasti udah ga asing lagi sama yang namanya announcer atau bahasa indonesianya penyiar radio, keliatannya sih gampang cuma cuap-cuap depan mic doang, tapi sebenernya jadi penyiar itu gampang-gampang susah lohh.. Ada beberapa teknik dan metode yang harus dipelajari, saya mau share aja nih pengalaman pas saya ikut radio school di Bandung semoga aja bisa bermanfaat buat blogger semua, siapa tau bisa jadi penyiar profesional. Amiin..

Prinsip dasar siaran radio :

1. Talk to one person, seorang penyiar radio pada dasarnya adalah sahabat bagi para pendengar, maka dari itu seorang penyiar harus memiliki watak yang ramah dan terbuka ketika berbicara dengan pendengar. Yang harus diperhatikan disini adalah lebih baik menggunakan bahasa yang ditujukan pada satu orang (kamu/loe) dan hindari menggunakan bahasa yang ditujukan untuk orang banyak (kamu-kamu, kamu semua, loe semua, kalian, kalian semua dll). Kenapa ga boleh pake kata itu?? Karena siaran radio pada dasarnya adalah proses pembicaraan dua arah (antara penyiar dan pendengar), maka dari itu kita harus membuat pendengar nyaman ketika mendengar suara kita diradio dan bahkan suara kita sangat dinanti keberadaannya oleh pendengar, So jadilah sahabat yang baik bagi para pendengarnya.

2. Smilling voice, sebete apapun mood kita saat siaran atau sesedih apapun suasana hati kita tetep aja siaran itu harus menyenangkan dan membuat orang senang akan kehadiran kita, maka dari itu ketika kita siaran cobalah untuk tersenyum kita berbicara, beda banget kalo kita bicara dengan wajah yang flat dengan wajah yang sedikit tersenyum, pasti kamu sendiri ga mau kan ngedenger penyiar yang siaran tapi kaya yang nangis atau sedikit bete, pasti langsung diganti dah itu channel radio. Jadi sembunyikan dulu permasalahan yang ada dihati saat kita siaran radio.

3. Jadi pendengar yang baik, jangan dulu bangga ketika kita diterima menjadi announcer/penyiar disalah satu radio, mungkin aja masih banyak diluaran sana yang lebih hebat siarannya daripada kita, sebelum itu kita harus terus belajar cara siaran yang baik dan benar mulai dari opening sampe clossing, kalo perlu sering-sering denger penyiar di radio favorit yang ada, hitung-hitung prifat gratis. Tapi ingat satu hal, kita boleh meniru gaya mereka siaran tapi yang terpenting dan utama adalah Be Your Self. Jadilah diri sendiri yang terbaik dari dirimu sendiri.

4. Up to date sama lagu dan info terbaru, siaran pada hakikatnya adalah proses penyampaian informasi dari penyiar ke pendengar radio, maka dari itu kita mesti perluas pikiran kita dengan info-info terbaru seputar lagu atau berita yang sedang hangat diberitakan saat ini, jangan sampai berita yang kita bacakan telah basi dan semua orang sudah tau.

5. Pelajari script (materi siaran), sebelum kita mulai siaran alangkah baiknya kita menyediakan waktu luang untuk membaca materi siaran, seorang penyiar profesional sekalipun harus membaca script terlebih dahulu, hal ini agar menghindari dari yang namanya blah-bloh ketika script dibacakan. Jangan sampai saat kita membaca script seperti sedang berpidato atau flat karena kurang menguasai materi sebelumnya.

Segitu aja dulu dehh tips-tips dari saya, lain kali dilanjut lagi

Semoga bermanfaat buat blogger umumnya dan buat saya khususnya

Salam Blogger Indonesia..

Iklan

9 thoughts on “Tips Menjadi Announcer/Penyiar Radio

Add yours

  1. cara cari tau siaran kita disukai orang gimana yah,, apa dari kiriman sms yang masuk? atau seiring dikenalnya nama kita di udara??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: