Pendidikan

Contoh Pertanyaan Filsafat Pendidikan

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia. Pada saat semester satu saya mendapat tugas untuk membuat sebuah pertanyaan mengenai filsafat sebagai tugas akhir dari mata kuliah Filsafat Pendidikan, waktu itu saya cukup pusing harus memulai dan menulis apa, maklum saja selama di SMA saya belum pernah belajar masalah filsafat dan bahkan sedikit aneh, tapi sesulit apapun tugas yang dikasih dosen tentu saja harus dikerjakan dengan baik, dan hasilnya pun cukup memuaskan. Nih saya posting tugas Filsafat saya kemarin, semoga aja bisa bermanfaat.. Amiin

Nama                         : Ridwan Nur Arifin

NIM                            : 1001969

Jurusan                     : Administrasi Pendidikan

Dosen Pengampu  : Drs. Dharma Kesuma, M.Pd

Dra. Hj. Ani Hendriani, M.Pd

HATI-HATI PERILAKU COPY PASTE YANG TIDAK SESUAI DENGAN KAIDAH KEILMUAN DAPAT MEMPENGARUHI NILAI ANDA

Sejak zaman dulu manusia sudah mengenal pendidikan, baik itu secara otodidak (belajar sendiri) maupun secara formal (diajarkan oleh orang lain). Sistem pendidikan didunia pun berbeda-beda baik dalam hal cara penyampaian hingga metode yang dipakai, hal ini tidaklah menjadi hal yang aneh karena apabila kita lihat dari latar belakang Negaranya pun sudah berbeda-beda. Jadi wajar apabila sitem pendidikan itu pun bermacam-macam tergantung kondisi dan kebutuhannya pada waktu itu. Lalu dari sana timbul pertanyaan dan masalah mengenai bagaimana seharusnya sistem pendidikan itu dilaksanakan? Apakah harus mengikuti cara dan metode pendidikan dengan melihat Negara yang sudah maju atau berdasarkan atas kepribadian bangsa itu sendiri??

Sebut saja Negara Amerika, Inggris dan Jepang yang notabene pendidikannya saat ini sudah maju dan berkembang pesat dibanding Negara-negara lain didunia, apakah mereka menggunakan metode pendidikan yang diadaptasi dari Negara lain atau memang lahir dari perjuangan panjang Negara itu sendiri.

Contoh yang terdekat adalah Negara Indonesia, zaman dulu pendidikan dikhususkan untuk kalangan ningrat dan untuk laki-laki, karena pada zaman itu pendidikan adalah hal yang istimewa dan tidak cocok untuk wanita karena tugasnya hanyalah dirumah, namun pandangan itu pun berubah sedikit demi sedikit hingga kini masyarakat manapun bisa mengenyam pendidikan tanpa memandang status. Dan mungkin berbeda dengan perjuangan dalam memperoleh pendidikan dinegara lain, hal ini berarti bahwa pendidikan disuatu Negara merupakan suatu bentuk perjuangan yang konkrit untuk diusahakan agar semua orang bisa menikmati dan merasakan manfaatnya dan ini pula yang menjadi tujuan pendidikan di dunia yaitu “memanusiakan manusia”.

Pendidikan itu bersifat universal dan menyeluruh artinya siapapun bisa memakai dan menggunakan sesuai kebutuhan masing-masing. Lalu apakah pendidikan disuatu Negara dapat diterapkan secara utuh untuk Negara lain? Negara-negara Barat mungkin menggunakan metode pembelajaran yang berkembang seperti pragmatisme, scholastisisme maupun perenialisme, apakah metode itu semua cocok untuk Negara Indonesia yang menganut sistem Pancasila? Dengan melihat kenyataan yang ada di Indonesia saat ini telah banyak sekolah-sekolah asing yang berdiri di Indonesia dan sistem pendidikan pun berubah mengikuti zaman baik disadari maupun tidak disadari, contohnya adalah penggunaan infocus adalah merupakan produk barat yang digunakan guna menunjang pendidikan di Indonesia, hal ini berarti bahwa sistem pendidikan dari Negara lain dapat diterapkan di suatu Negara dengan melihat situasi dan kebutuhan Negara tersebut. Dalam arti lain bahwa sistem itu diadaptasi dengan mengambil hal-hal yang sesuai dan membuang hal-hal yang bertentangan dengan kepribadian bangsa itu sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s